9/20/18

5 Penginapan ala Backpacker di Yogyakarta Budget di bawah 150 ribu

Yogyakarta kota yang selalu menjadi tujuan wisata banyak orang, bahkan turis mancanegara pun banyak yang penasaran mengunjungi kota ini. Memang tidak diragukan lagi, kota Yogyakarta menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, banyak tempat peninggalan sejarah kuno, kuliner yang enak dan ramah di kantong, dan warga Yogya yang terkenal dengan keramahannya.


Bagi yang sudah pernah datang ke kota yang dikenal dengan kota pelajar ini, kebanyakan akan bilang "pengen deh ke Yogya lagi" yup saya tentunya yang termasuk bilang seperti itu. Beberapa waktu lalu sempat janjian sama teman mau main ke Yogyakarta barengan, namun sayang ternyata hanya wancana saja. 

Sudah menjadi cita-cita saya mengajak anak-anak dan suami yang sunda tulen ini main ke kota Yogyakarta, sekalian mau mengunjugi sanak keluarga disana. Tapi saya masih berpikir keras untuk keinginan satu ini, karena kondisi ekonomi kami masih belum stabil masih naik turun. Jadi budget untuk liburan belum bisa yang besar, sedangkan kami sudah berempat pasti ongkos dan biaya liburan sudah tidak lagi murah.

Akhirnya saya ngobrol-ngobrol mesra dengan suami, saya mengusulkan ke suami gimana kalau liburan ke Yogyakartanya ala backpacker. Ya, cari-cari penginapan yang murah meriah, kan lumayan tuh bisa mengirit pengeluaran. Awalnya suami tidak yakin bisa mendapatkan penginapan yang murah meriah di kota Yogyakarta. Setelah googling YEAYYY ada donk beberapa penginapan yang murah di Yogya.

Penasaran? Mau tau dimana saja tempatnya? Ini dia 5 tempat penginapan yang murah di kota Yogyakarta.

1. Aliya Hostel
pic from pegipegi.com

Penginapan Aliya Hostel ini tarifnya sangat lah murah, tarifnya mulai dari 80 ribu rupiah. WOW murah ya masih dibawah 100 ribu. Tapi tidak perlu kwatir dengan kenyaman tempatnya karena di Aliya Hostel ini kamarnya bersih, nyaman dan terawat. Lokasi dari Aliya Hostel ini berada di Jalan Kenari Gang Jagung No. 21 Umbulharjo. Lokasinya pun strategis dekat dengan Kebun Binatang Gembira Loka.

2. Edu Hostel
pic from hijabtraveller.com

Penginapan satu ini juga termasuk penginapan yang tarifnya dibawah Rp.100 ribu, tepatnya kekitar Rp. 70 ribu wahhh murah banget ya. Walaupun murah fasilitasnya tidak murahan loh, dengan harga segitu sudah plus sarapan, nah lumayan kan bisa mengirit uang sarapan disana. Kamarnya pun sudah dilengkapi AC, disana juga disediakan TV untuk menonton bersama dan ada juga ruangan yang terdapat PC dimana kita bebas memakainya berselancar di internet. Kolam renang pun ada juga disini.

Letaknya pun masih terbilang strategis, tepatnya berada di Jalan Letjen Suprapto No. 17, Ngampilan, Wirobrajan. Edu Hostel dekat dengan ikon kota Yogya yaitu Tugu Nol Kilometer. Disekitar Edu Hostel pun terdapat banyak penjual kuliner yang tentunya ramah di kantong makanannya.

3. Yogyakarta Backpacker - Cassa Raffles
Pic from agoda.com

Dari namanya saja sudah ada kata "Backpacker" jadi sudah bisa dipastikan penginapan ini cocok untuk Kamu yang ingin liburan hemat ala backpacker di Yogyakarta. Tarif kamar per malamnya juga masih dibawah rp. 100 ribu, kalian bisa menyiapkan budget mulai dari Rp. 90 ribu. 

Untuk kamarnya sendiri tersedia ada yang tempat tidur susun dan ada yang single juga. Khusus untuk kamar wanita tersedia 8 tempat tidur, dan tempat tidurnya yang bersusun. Sedangkan pria kamarnya menggunakan kasur yang single. Tidak perlu takut kegerahan karena banyaknya tempat tidur, karena setiap kamar sudah tersedia AC sehingga tetap sejuk. Namun sayang untuk keluarga seperti saya tidak bisa memilih disini. Tapi bagi kalian yang jalan-jalannya sendiri atau bersama teman-teman ini bisa menjadi rekomendasi kalian.

Lokasi penginapan ini berada di Jl. Purwodiningratan Ng I No. 915, Ngampilan. Penginapan ini cukup strategis dekat dengan Museum Sonobudoyo, Istana Yogyakarta, Kraton Yogya dan lain-lain.

4. Selo Homestay

Pemginapan ini juga masih terbilang murah, tarif kamar per malam mulai dari Rp. 100 ribu. Dengan tarif yang terbilang murah ini, tetap bisa mendapatkan keuntungan juga loh seperti ada Wifi gratisnya. Lokasinya pun juga masih strategis dekat dengan beberapa tempat wisata di Yogya, seperti Taman Sari, Museum Seno Budoyo, Kraton dan lain-lain. Disini juga terdapat penyewaan sepeda, jadi Kamu bisa jalan-jalan dan olahraga menggunakan sepeda. Selo Homestay ini berada Jl. Suryodiningratan Gang Subarman No. 721 RT. 70 RW. 09, Mantrijeron.

5. Venezia Garden Hotel

Sesuai dengan namanya Venezia Garden Hotel, hotel ini mengusung tema kebun. Terdapat banyak tanaman disana, sehingga bisa menyejukan mata dan udara disana.Tarif per malamnya pun masih terbilang murah mulai dari Rp. `99 ribu. Letaknya berada di Jalan Surami 55. Mantrijeron, hotel ini letaknya sangat dekat dengan Taman Sari. Namun sayang ini juga tidak bisa masuk list saya karena kamar tidurnya campur dengan orang lain dalam satu kamar.

Itulah 5 penginapan di Yogyakarta untuk kalian yang budgetnya minum dibawah Rp. 150 ribu. Lumayan kan dengan menghemat penginapan, uangnya bisa dipakai untuk yang lain seperti beli oleh-oleh. Biasa lah kan setiap ada yang jalan-jalan pasti setiap pulangter kerumah ditagih oleh-oleh sama orang terdekat, eh orang yang jauh juga ada aja yang suka minta hihihi. 

Semoga bermanfaat ya.

Sumber : qupas.id




CatatanRia.com

11 comments:

  1. Syukurlah. Pas banget mbak, sekarang-sekarang ini lagi persiapan solo travelling ke Jogja. Nemu ini, berterima kasih banget! Ready on bucket list!

    ReplyDelete
  2. Para backpacer yang mau melancong ke yogyakrta dengan budget pas-pasan, harus baca nih ya. :)

    ReplyDelete
  3. Wah sangat membantu nih untuk yang lagi hemat budget. :)

    ReplyDelete
  4. Harganya terjangkau dan kelihatannya cukup nyaman ya tempat-tempat penginapannya. Wajib cobak nih para backpacer yang mau ke yogyakarta.

    ReplyDelete
  5. Wah bisa menekan pengeluaran nih. :)

    ReplyDelete
  6. favoritku adalah edu hostel
    kalo sore bisa renang sama anak2 kecil di rooftop
    dapet sarapan lagi
    cuma gak ada wifinya di kamar ya sayangnya

    ReplyDelete
  7. Pernah ke Jogja dan sempat bingung cari penginapan murah tapi tetap nyaman. Yach, andaikan tau lebih awal kalau ada penginapan2 ini. Kelihatannya sih bersih dan dekat area wisata lagi. Yang paling bagus harganya terjangkau hehe. Insaallah lain kali kalau ke jogja lagi bakal pakai rekomendasi dari mbk Ria deh. Makasih ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  8. Save dah.. Bulan kemarin pas ke Jogja enggak sempet cari ke mana-mana. Jadi ya asal booking dg harga yg cukup mahal.

    Nice share, Mbak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Wuiiih mura banget! bisa jadi rekomendasi nih kalo ke jogja nanti. Tengkyuuu reviewnya mbak

    ReplyDelete
  10. Wuiih harganya terjangkau banget
    Bisa jadi rekomwndasi nih kalo ke jogja

    ReplyDelete
  11. Tempat tidur bertingkat gitu, ntah napa slalu jd fav anak2ku :p. Akunya yg panik sebenernya krn takut mereka jatuh pas tidur :p. Tp aku sendiri kalo nginep di hotel yg menyediakan bed bertingkat, juga selalu milih diatas.

    Yg edu hostel aku udh sering dgr tuh kalo hostelnya murah tp baguuus. Temenku juga bilang rekomen banget nginep di sana. Dpt sarapan pula dan ada roof top

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V