11/28/16

Tips Menjual Baju Anak Laki-Laki Import Melalui Medsos

Sejak resign dari pekerjaan saya di tahun 2010, saya memutuskan untuk berwira usaha. Menurut orang-orang ini keputusan bodoh saya, keluar dari zona aman dan memulai sesuatu yang belum tentu memberi keuntungan untuk saya. Tapi saya terus maju, saya mulai usaha berjualan baju, dan saya tawarkan secara online. Hasilnya lumayan menguntungkan untuk saya, walau memang sih sampai saat ini belum menguntungkan yang besar-besaran. Tapi untuk saya segitu juga sudah cukup. Walaupun sempat berganti-ganti barang yang dijual, sampai sekarang saya masih aktif berjualan online.


Medsos atau media sosial merupakan cara yang ampuh dalam berbisnis, terlebih untuk bisnis online, sudah pasti begitu bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas bisnis. Dengan jumlah media sosial yang secara terus menerus mengalami perkembangan di Indonesia, jika kita bisa memanfaatkannya pasti akan begitu berguna untuk bisnis. media sosial jika bisa dimanfaatkan dengan baik pasti akan memiliki peran besar untuk perkembangan bisnis. Contohnya dalam bidang fashion, pasti kita banyak menemukan pedagang-pedagang baju disini. Apakah kalian tertarik untuk menggunakannya? Bila kalian ingin berjualan barang seperti baju anak laki-laki import kalian harus memiliki beberapa kemampuan ini.
Mempunyai kemampuan menulis cukup baik.
Walaupun media visual sekarang ini begitu banyak beredar, akan tetapi kemampuan menulis masih menjadi hal utama. Penulis yang baik akan bisa memilih kata-kata yang membawa dampak, selain itu mereka juga mengetahui bagaimana cara yang harus dilakukan untuk bercerita. Hal ini berarti mereka memahami sasaran yang masuk dalam membangun sebuah toko online. Penulis yang memiliki kemampuan lemah, akan sulit mengembangkan media sosial karena ia tidak bisa membuat kata-kata berpengaruh. Oleh sebab itu kalian harus memiliki kemampuan menulis ini.

Mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik.
Kemampuan komunikasi ini harus kalian miliki saat mengelola media sosial. Kalian bukan hanya harus bisa berkomunikasi dengan baik secara offline, namun kalian harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan para klien. Kalian akan sering melakukan komunikasi secara langsung oleh konsumen karena media sosial digunakan untuk menjembatani konsumen dan kalian. Berinteraksi secara langsung melalui media sosial dapat menjadi kunci sukses memperoleh klien. Kalian harus melakukan komunikasi dengan sopan dan baik.

Miliki sikap empati yang tinggi.
Dalam melakukan interaksi, menggunakan media sosial pasti akan banyak sudut pandang dan cara berfikir yang berbeda. Mempunyai sikap empati tinggi menjadi begitu penting disini. Rasa empati bisa membantu kalian untuk memahami seperti apa karakter konsumen baju anak laki-laki import kalian.

Mempunyai ketrampilan dalam blogging.
Banyak pebisnis yang aktif dalam beberapa media sosial, mereka pasti mempunyai kemampuan blogging yang begitu kuat. Blogging sebenarnya lebih dari sekedar menulis. Ini merupakan cara yang efektif dalam melakukan komunikasi. Lebih dari itu, blogging dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat, dengan kata lain, blogging merupakan bukti yang tidak terbantahkan karena ia mempunyai keakraban dari media sosial. Sebaliknya jika tidak memiliki kemampuan blogging, hal ini adalah indikasi kekurangan di dalam keterampilan melakukan komunikasi.

Dapat menyesuaikan diri dengan baik.
Para ahli yang mengelola media sosial beranggapan, kemampuan beradaptasi pada keadaan juga akan mempengaruhi pengelolaan bisnis di media sosial. Seorang pengelola yang tidak bisa beradaptasi pada perubahan dengan cepat tidak mungkin bisa melakukan pekerjaan dengan baik karena media sosial begitu cepat dan dinamis. Terlebih perubahan trend yang terjadi pun juga begitu cepat. Selain penyesuaian diri, penyesuaian dengan budaya masyarakat juga harus dimiliki.

Pemahaman mengenai budaya masyarakat akan membantu dalam memahami karakter klien yang berada di media sosial. Pemasaran sebuah barang sudah pasti memerlukan pasar yang ideal, di pasar pasti akan banyak orang di dalamnya. Tentu masyarakat mempunyai budaya yang berbeda dan membawa karakteristik yang berbeda juga. Pemahaman baik ini akan membantu kalian di dalam menentukan langkah. Jadi, meskipun kalian berjualan baju anak laki-laki import, jangan hanya sembarangan posting dan kemudian menghilang ini bisa membuat jualan online kalian tidak berjalan efektif.

Semoga bermanfaat ya untuk kalian emak-emak penjual online :)



CatatanRia.com

13 comments:

  1. Betul, Mbak. Poin2 itu memang penting untuk berjualan online. Kalau saya jadi buyer sajalah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih simple ya jadi buyer :D saya juga sih klo boleh maunya jadinya buyer aja hihihi

      Delete
  2. Media sosial memang memiliki banyak manfaat kalau digunakan secara benar. Salah satunya ya ini. Bisa buat lapak jualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba daripada untuk share2 berita yang belum tentu kebenarannya hehehe jualan lebih menguntungkan

      Delete
  3. Keren tuh. Kan yang jualan baju cowok import via online rada jarang. Banyaknya punya cewek. Yang aku tahu gitu sih. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sih baju anak cowok lebih jarang daripada anak cewek :D

      Delete
  4. Tipsnya keren nih. Bisa ditiru para kalangan yang mau memulai usaha ini.

    ReplyDelete
  5. Wah, selamat ya, Mba? Semoga barokah dan sukses. :D

    ReplyDelete
  6. 100% saya setuju mbak, sambil berbisnis sambil belajar mengembangkan diri.., luar biasa..

    terimakasih inspirasinya mbak

    ReplyDelete
  7. Berarti iyas tinggal milih yaa bajunyaaa um :D hihi
    Moga lancar terus ya mba Ria bisnisnyaa :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V