3/6/16

Takahi Slow Cooker 0,7l

Salah satu peralatan tempur untuk MPASI yang menjadi favorit saya adalah si mungil Takahi slow cooker 0,7l. Ini sangat membantu sekali untuk saya menyiapkan bubur mpasi untuk anak saya. Saat akan membeli takahi ini saya sempat galau antara akan membeli takahi sc 0,7l atau yang 1,2l. Sempat chit chat dengan teman-teman yang sudah berpengalaman memakai takahi slow cooker. Setelah menimbang-nimbang akhirnya pilihan saya jatuh pada si mungil yang 0,7l. 


Kenapa saya memilih takahi slow cooker yang 0,7l bukan yang 1,2l? Alasan utama saya karena kecil sehingga bisa dibawa mudik. Alasan lainnya harganya jatuh lebih murah, bayi kan tidak akan selalu makan bubur pada usia 1 tahun sudah bisa makan nasi. Dan benar saja anak saya iyas umur 9 bulan sudah makan nasi jadi takahi slow cooker ini sudah mulai jarang dipakai saat usia iyas 9 bulan. Lalu ada yang bilang katanya kalau masak bubur menggunakan takahi slow cooker sebaiknya jangan terlalu sedikit, nanti akan membuat rusak si slow cooker. Saya pikir namanya bayi makannya sedikit, kalau saya beli yang 1,2l nanti saya harus masak bubur banyak, sayang jika harus bubur tersisa. 

abaikan dus yang sudah lecek, maklum faktor usia :D
Eits tapi ada kelebihan dari 1,2l ini yang bikin saya naksir, takahi slow cooker 1,2l ini bisa digunakan untuk membuat sop (untuk porsi sekeluarga) ataupun bisa untuk membuat kaldu. Bahan pot yang terbuat dari keramik bikin masakan jadi semakin sedap, aromanya itu yang bikin berbeda. 

Kelebihan takahi slow cooker 0,7l
Bentuknya yang mungil bisa dibawa untuk travelling, bisa masuk kedalam tas biasa. Dayanya hanya 75watt saja, enggak akan bikin boros listrik. Selama saya memakai takahi slow cooker, tagihan listrik saya tidak naik jadi bisa dibilang takahi slow cooker ini hemat listrik. Potnya terbuat dari keramik sehingga membuat masakan beraroma harum dan rasanya pun lebih enak, berbeda dengan memasak menggunakan panci *atau hanya perasaan saya saja*. Tutupnya dari kaca, sehingga kita bisa mengintip bubur yang sedang dimasak tanpa membukanya. Dan kelebihan dari tutup kaca ini, bisa menutup sempurna karena bahannya yang berat sehingga slow cooker bisa tertutup sempurna tanpa ada celah.

Kekurangan takahi slow cooker 0,7l
Tidak bisa dipakai untuk memasak bubur untuk porsi sekeluarga, bentuknya yang kecil hanya cukup untuk porsi makan satu bayi saja. Di usia iyas sekarang 22 bulan, masak bubur di takahi slow cooker 0,7l ini hanya cukup sekali dia makan saja. Tapi iyas biasanya hanya mau makan bubur di pagi hari saja, jadi tidak masalah untuk saya. Tidak bisa disetting masak otomatis bisa dipercepat masak bubur selama 4 jam seperti pada takahi slow cooker 1,2l. Jadi untuk mematikannya manual dengan mencabut listriknya, kadang saya suka lupa mencabut sehingga buburnya gosong deh. Saya biasa memasak bubur beras merah kurang lebih 6 jam, kalau beras putih 4-5 jam saja, nasi lembek atau nasi tim cukup 2 jam.

Apa saja yang bisa dimasak menggunakan takahi slow cooker 0,7l?
Biar mungil dan imut takahi slow cooker 0,7l ini bisa dipakai untuk masak macam-macam, selain untuk membuat bubur dan nasi tim. Saya pernah membuat kue, schotel, aneka sayuran kuah, dan bubur kacang hijau. 
Hasil cake pakai slow cooker
Not Bad lah :D enggak kalah sama oven

Takahi slow cooker merupakan alat tempur MPASI yang recommended tapi tidak harus dimiliki. Mungkin untuk ibu-ibu perkerja ini bisa menjadi alat tempur yang wajib dimiliki, tapi kalau ibu rumah tangga seperti saya tidak wajib memiliki. 

Yang perlu diperhatikan saat memakai takahi slow cooker agar slow cooker bisa awet. Jangan terlalu sering buka tutup cover, cover terbuat dari kaca jadi bisa diintip. Buka cover hanya sesekali saja, jangan terlalu sering. Saat menaruh pot, pastikan pot sudah dalam keadaan kering, Saya suka lupa menaruh pot dalam keadaan agak basah, slow cookernya jadi agak gosong permukaannya. Jika akan mencuci pot, pastikan pot sudah dalam keadaan dingin baru dicuci.Dan yang paling penting jangan dibanting nanti pecah hihihi.

Gimana? Masih ada alasan kah males masak bubur? Pakai saja slow cooker, tinggal cemplung-cemplung colok sudah beres. Semangat MPASI Homemade ya maks.




CatatanRia,com

7 comments:

  1. Waaah belom pernah coba nih masak kue pake slowcooker. Kebetulan slowcookernya udah masuk kardus pasca anak lulus mpasi. Hehe. Ntar cari resep kue slowcooker aaaah. Makasi infonya ya Maaak

    ReplyDelete
  2. cocok nih utk aku :D.. anakku msh ada yg bayi di bawah 6 blan.. jd pasti perlu kalo dia udh bisa mpasi nanti :).. mahal mbak?

    ReplyDelete
  3. wah canggih, bsia memasak banyak macam

    ReplyDelete
  4. Ih ini asik yaah mba, tinggal cemplung2..aku ngebubur masi di komp, alias komporrr heheuu

    ReplyDelete
  5. Kecil jadi bisa di tenteng kemana2 yaaaa hahaha

    ReplyDelete
  6. bagus bngt nih, segera beli nih

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V