8/12/11

(GoVlog-Umum) Siaga Saat Kucing Melahirkan

Alhamdulillah sekali lagi kabar bahagia datang di bulan ramadhan. Masih ingat dengan kucing Cimoet kucingnya sahabatku pernah aku posting disini, kemarin tanggal 10 Agustus 2011 sudah melahirkan anaknya kembar lima. Padahal ini kehamilan pertama tapi langsung lima yang lahir.
Foto Cimoet di Facebookku, masih umur 3 bulan
Sebelum aku ceritakan proses kelahirannya, aku mau berbagi sedikit nih tentang tanda-tanda dan tips membantu kelahiran kucing. Mungkin kalau kalian punya kucing ras kampung mereka bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia, berbeda dengan kucing sejenis ras Anggora seperti Cimoet atau ras Persia, beberapa kucing jenis ini kalau melahirkan butuh bantuan tangan manusia. Yuk disimak siapa tau nanti kalian bisa jadi dokter kandungan atau dukun beranak khusus hewan.

Bagaimana kita tahu kalau kucing sudah mau melahirkan?Begini biasanya tanda-tanda kucing mau melahirkan :

1. Biasanya kucing bakalan gelisah gundah gulana, makan tak enak tidur tak nyenyak, mirip tandanya seperti kucing broken heart xixixi. Kucing bakal mengeong terus-terusan, dan biasanya dia minta ditemenin.

2. Nafasnya mulai terlihat cepat, kelihatan perutnya akan bergoyang kalau dipegang terasa kejang.

3. Kucing akan mangap itu tandanya dia lagi ngeden bukan lagi nunggu nyamuk masuk mulut ya, dielus-elus aja biar dia merasa nyaman.

4. Kalau dia sudah mulai posisi jongkok kayak mau pupy tandanya dia udah siap mengeluarkan anaknya. Tapi gak selalu jongkok sih, kadang dia ngedennya sambil tiduran tergantung mood si kucing.

Lalu apa yang perlu dilakukan atau disiapkan oleh kita untuk menjadi dokter kandungan dadakan, yuk mareee aku kasih sedikit Tips membantu kucing melahirkan  :

1. Siapkan sarung tangan plastik, pastikan tangan kita terbungkus plastik. Karena kucing gak suka kalau anaknya udah bau tangan manusia, bahaya bisa gak dikasih jatah susu atau bahkan dimakan sama dia. Beli sarung tangan plastiknya ada koq di supermarket, kalau gak tau tanya saja sama mba-mba atau mas-mas penjaga supermarket, kan lumayan bisa sekalian CCP ciee cieee *apa seeh*.

2. Siapkan tempat yang nyaman untuk kucing melahirkan. Bisa dikandangnya sendiri, di lemari, atau mau dikasur kalian juga gak apa-apa kalau kalian rela kasurnya buat melahirkan hehe. Tempat dialaskan kain bekas atau gombal, biar kucing juga nyaman saat melahirkan.

3. Kalau anaknya sudah keluar tapi baru kelihatan kepalanya jangan dulu ditarik tunggu sampai minimal tangannya sudah kelihatan baru deh kita bantu tarik perlahan dengan tangan kita.

3. Siapkan gunting. Kalau anaknya keluar tapi tubuh anaknya masih terbungkus selaput bening segera dirobek selaput beningnya, agar anak kucing bisa segera menghirup udara. Tapi hati-hati ya menggunting selaput beningnya perlahan-lahan saja, awas salah gunting.

4. Nah kadang kan anak kucing ada yang lemah kalau lahir kesulitan dalam menyusu, cara mengakalinnya agar anak kucing tetap bertahan hidup. Jika anak-anak yang lain selesai menyusu, pisahkan induk dan anak yang lemah tadi lalu, dekati terus ke puting ibunya sampai dia menyusu. Tunggu beberapa menit, sampai dirasa anak kucing minum cukup bisa dicampur kembali dengan anak-anak yang lain. Kalau gak salah minimal 2 jam sehari, anak kucing minum susu CMIIMW.

5. JIka kucing terjadi pendarahan berarti masih ada sesuatu di perutnya yang belum dikeluarkan. Segera panggil dokter saja, dokter hewan ya jangan dokter gigi *heu ya iya donk*.

Nah segitu saja tips menjadi dokter kandungan dadakan ^____^ sebenarnya aku sendiri juga belum pernah coba hehe. Ini berdasarkan ajaran dari temanku yang sudah terlatih membantu persalinan kucing-kucingnya.

Ok lanjut cyinn..
Jadi pada tanggal 10 Agustus kemarin, setelah aku mendapat SMS dari sahabatku Eswe, di SMS dia bilang kalau Cimoet sudah akan melahirkan. Aku langsung meluncur kerumah Eswe yang rumahnya persis di belakang rumahku. Pas aku datang Cimoet sudah ada dilemari kamarnya Yanthi (Adiknya Eswe) lagi kontraksi sepertinya. Aku, Eswe dan Yanthi sempat kwatir Cimoet gak kuat melahirkannya. Kami mengingat proses persalinannya Mpuss.

Setiap anaknya keluar satu, kami teriak senang “Alhamdulillah, ihhh unyu unyu”. Setelah anak ketiga lahir, Cimoet sepertinya sudah mulai kelelahan tapi diperutnya masih ada anaknya, dia berusaha untuk mengeden sesekali dia tiduran mungkin karena lelah. Saat Cimoet lagi istirahat aku langsung ambil camera handphone dan ku potret deh buat dokumentasi di handphone. Tadinya sih mau di upload ke Facebook tapi koq pas diperhatikan serem si Cimoetnya jadi gak jadi hehehe, lihat aja foto Cimoet yang kuabadikan dengan handphone jadulku.
Cimoet lagi istirahat baru melahirkan tiga anaknya

Pas Cimoet lagi berusaha ngeden, kita bertiga nyemangatin Cimoet “Ayo cimoett kamu bisa huf huf huf (ikutan ngeden). Anak keempat lahir, lagi-lagi kami teriak “unyuuuu”. Anak kelima agak lama keluarnya, karena Cimoet sudah kelelahan banget. Kami pun gak berhenti semangatin Cimoet udah kayak nenek-nenek yang lagi nungguin cucu kembar limanya lahir. Alhamdulillah anak kelima pun lahir dengan selamat. Semua anaknya Cimoet sehat.

Setelah kelahiran anak kelimanya, aku pamit pulang karena udah mau waktu buka puasa. Tak lupa aku memberi selamat ke Eswe dan Yanthi karena sudah jadi nenek hihihi. Pas aku pulang juga Cimoet lagi tidur-tiduran pasti dia cape banget, habis melahirkan lima anak. Semoga anak-anaknya Cimoet sehat-sehat dan cepat besar. Ada yang mau adopsi anaknya CImoet kah??? Belum ada yang pesan lohh hehe. Menanti kucing melahirkan ternyata menegangkan juga, tapi sangat menyenangkan begitu melihat kucing-kucing mungil lahir.

Baiklah Happy Blogging and Keep Spirit ^_____^V





Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

31 comments:

  1. halah...
    ada bidan kucing ternyata
    aku ga mau pelajari
    besok kalo butuh mau hubungi ria aja deh
    hehe

    ReplyDelete
  2. kalo di rumah saya ada kucing mau beranak, kasih aja kardus, tinggalin bentar, tau2 dah brojol aja deh anaknya, hehehe

    ReplyDelete
  3. saya belum punya kucing. Kata orang sih susah ngerawatnya

    ReplyDelete
  4. Mbak Ria pecinta kucing sejatiiiii, saya gak suka malah klo si kucing yang mw melahirkan itu, geliii :(

    btw sukses ya Mbak GoVlog nya :)

    ReplyDelete
  5. wah, saya biasanya kalo lihat binatang melahirkan cuma nongkrong aja. gak macem-macem, soalnya binatang itu biasanya bisa dengan sendirinya mengatasi masalah yang ada.

    ReplyDelete
  6. doh saya paling ga suka peliharaan cewek, kayak ini nih. ketika beranak itu repot.. repot nyiapin tempat lahirnya, repot nanti anaknya dibawa kemana (emang sayanya yang ga syuka hewan kali ya, hahahha)

    ikut lomba ya mbak, tunggu ya, saya juga mau ikutan, hahaha

    ReplyDelete
  7. wah..lucu anaknya kecil banget kayak anaknya yuyi

    ReplyDelete
  8. kalau dulu saya biarkan aja melahirkan dengan caranya sendiri, malah orang2 serumah pada ngeliatin aja dari deket :D untungnya semuanya lahir dengan selamat dan sukses...hehehe

    ReplyDelete
  9. tanpa bantuan pun kucing bisa kok melahirkan normal :D

    yg penting....ada tempat :D

    ReplyDelete
  10. berasa mau pingsan deh #loh
    kerja berat ya itu ibu kucing

    ReplyDelete
  11. ish lucu amat kucingnya >w<

    kucing saya cowo sih, jadi nggak bisa melahirkan. Kita besanan gimana? Jodohin kucing kita!!!

    ReplyDelete
  12. Oh tidak, saya nggak tahan melihat proses melahirkan kucing. :(

    ReplyDelete
  13. waduh kalo saya enggak tau deh mesti ngapain :)

    ditunggu folbeknya ya mbaaak :)
    urkhanblog.com

    ReplyDelete
  14. firda belom prnh liat kucing melahirkan'tpi, niy pengetahuan baru,
    makasih kak :)

    ReplyDelete
  15. gak suka binatang,oops gak suka megang maksudnya kalau lihat aja ya biasa.

    ReplyDelete
  16. baru tw neh kucing mlahirkan dibantu sgala.
    dl wktu kucing di kos dhe mlahirkan, ga tw tuh mlahirkan dmn2, tiba2 dah kluar anaknya meong2 dr dlm buffet ibu kos, tandanya dia nglahirin sndiri.
    hehehehe..
    ehh anak cimut lucu yah ^^, minta 1 dunk.

    ReplyDelete
  17. kok kucing nya warna putis semua

    ReplyDelete
  18. waah, kucingnya lucu Mbak :D
    tapi bergidik liat foto waktu cimut melahirkan :)

    ReplyDelete
  19. ih ngilu ngeliat kucingnya mba :|
    banyak bgt lagi kaya kambing yah.
    semoga ibu dan anak kucing selalu sehat :D

    ReplyDelete
  20. hahaha.. kucingku semalam juga lahiran.. anaknya 4... ^^

    ReplyDelete
  21. weh weh.....
    bisa ni buka klinik buat ibu kucing yg mau melaj=hirkan...
    :P

    ReplyDelete
  22. wah, kucingku lg nglairin nih skrg! Dx
    Gtw musti ngapain, drtd gelisah trus, gigit2 narik2 minta d ikuti trus, kelamin ny jg ngluarin swtu kaya lendir. Lgsg dah ta siapin tmpt persalinan seperangkat kain gombal trus ta temeni bntr, lgsg ta tggal ini.
    Kalo d tggal gpp kan ya? Ga ngaruh psikologis kucingnya kan??

    ReplyDelete
  23. Assalamu'alaykum!!!
    mbak sy mau tanya, sy punya kucing masih kecil tapi akhir-akhir ini sering gelisah, itu kenapa yah?

    ReplyDelete
  24. aduhhhh kucing dirumah ku baru aja melahirkan, kembar dua, makanya langsung buka2 blog mengenai kucing lehiran tadi, heheh

    ReplyDelete
  25. Wah ada dukun bayi kucing juga ternyata ........

    ReplyDelete
  26. Wah !....
    ada dukun bayi kucing juga ternyata .... Wkwkwkwk....

    ReplyDelete
  27. he... he....terima kasih atas info nya....

    ReplyDelete
  28. kalo indukan kucing ga punya puting buat menyusui gimana?

    ReplyDelete
  29. Seruuuuu juga bacanya,,hehehe nambah pengalaman.. Masalahnya peaknoseku tinggal nunggu harinya.. Sudah masuk minggu terakhir.. Selain sering bantu ibu melahirkan bisa pingin coba bantu kucing juga hehehe sukses neng ria..

    ReplyDelete
  30. Sudah 2hri stlah melahirkan kucing sy msh pendarahan sja ini mba ria.. Klau perutny sy raba ada benjolan sprti anak dn nnti pindah lagi benjolannya.. Ini mengatasinya bagaimana selain ke dokter?

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V