7/13/17

Info Seputar Sepeda untuk Kegiatan Berolahraga

Sejak kecil saya menyukai olahraga bersepeda. Hampir setiap hari saya bersepeda bersama teman-teman, kadang bersepeda sendiri kalau sedang iseng. Pergi kemana-kemana juga suka naik sepeda karena dulu saya masih belum berani mengendarai motor sendiri. Jenis sepeda yang pernah saya miliki pun bermacam-macam, mulai dari sepeda gunung, bmx dan lain-lain.


Sepeda merupakan alat olahraga yang dulu banyak digunakan sebagai alat transportasi utama bagi masyarakat Indonesia. Alat olahraga ini kini tidak hanya dikenal dalam satu jenis saja, berbagai jenis sepeda sesuai peruntukan medannya pun, kini dapat kita temui dengan mudah dipasaran Indonesia. Untuk dapat menggunakan masing-masing jenis sepeda pun diperlukan berbagai perlengkapan khusus dalam hal keamanan dan kenyamanan dalam melakukan olahraga bersepeda. Bagi Kalian yang penasaran dengan jenis-jenis sepeda untuk berolahraga tersebut, berikut ini info seputar sepeda dan perlengkapan yang wajib digunakan didalamnya.

Jenis sepeda pertama yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita adalah jenis city bike, jenis sepeda ini merupakan sepeda biasa yang banyak digunakan oleh masyarakat di perkotaan, dimana dengan kepadatan kendaraan bermotor, sepeda ini sangat pas untuk digunakan karena model ramping yang dimilikinya. Sepeda ini oleh masyarakat kota biasanya banyak digunakan pada saat akhir pekan, dimana banyak daerah di Indonesia yang memiliki agenda car free day pada saat akhir pekan tersebut. Ciri khas dari jenis city bike ini adalah memiliki keranjang pada bagian depan kemudi sepeda.

Jenis sepeda lainnya, yang dapat Kalian gunakan untuk melakukan olahraga sepeda, antara lain adalah:
  • Mountain bike atau yang lebih dikenal dengan sepeda gunung, jenis sepeda ini pada umumnya banyak digunakan oleh mereka yang senang melakukan olahraga bersepeda dengan medan pegunungan. Namun untuk melakukan olahraga sepeda dengan medan yang sulit ini, dibutuhkan latihan secara berkala terlebih dahulu serta perlengkapan keamanan yang khusus.
  • Sepeda lipat, merupakan sepeda yang juga banyak digunakan untuk melakukan olahraga dan aktivitas didaerah perkotaan. Jenis sepeda ini unik, karena dalam penyimpanannya dapat dilipat menjadi bagian lebih kecil, sehingga tidak memakan banyaktempat.
  • Sepeda BMX, jenis sepeda ini memang berukuran mini, namun biasa digunakan oleh mereka yang menggemari olahraga free style. Untuk dapat menggunakan sepeda ini dalam melakukan olahraga free style, memang dibutuhkan keahlian tertentu. Oleh karena itu sebagai pemula dalam melakukan aktivitas olahraga bersepeda, tidak dianjurkan bagi Kalian untuk menggunakan jenis sepeda ini terlebih dahulu.
Selain jenis sepeda diatas, masih terdapat beberapa jenis sepeda lainnya seperti sepeda balap, sepeda hybrid dan sepeda lainnya. Namun yang perlu menjadi perhatian utama bagi Kalian dalam melakukan olahraga bersepeda ini adalah perlengkapan keamanan yang Kalian gunakan. Diwajibkan bagi Kalian yang melakukan olahraga bersepeda untuk menggunakan pakaian khusus bersepeda serta perlengkapannya seperti sepatu dan helm.
Pastikan bahwa Kalian melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga bersepeda agar tidak terjadi peregangan pada otot saat melakukan kayuhan dalam bersepeda. Perbaharui terus info seputar sepeda, agar nantinya pengetahuan Kalian terus bertambah, sehingga olahraga sepeda yang Kalian lakukan dapat memberikan dampak yang lebih positif bagi tubuh dan kesehatan Kalian.





CatatanRia.com

1 comment:

  1. Kalau saya punya sepeda city bike, modelnya ramping dan sering saya pake kalau pergi ke kantor.emang repot sih mesti ngayuh tapi itu terbayarkan dengan tubuh yang sehat.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V