Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

2/22/17

Tips Membeli Kamera Mirrorless Agar Tak Salah Pilih

Zaman sekarang selain smartphone, kamera sudah menjadi barang yang lagi diminati. Hasil jepretan dari kamera tentunya berbeda dengan smartphone, hasilnya lebih tajam dan jelas. Tidak bisa dipungkiri hasil jepretan foto yang bagus tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya untuk para seller online, selebgram, blogger dan lain-lain. Saya sendiri saat ini masih memakai kamera dari smartphone, tentu saja ada keinginan juga bisa memakai kamera yang keren seperti yang lagi trend sekarang kamera mirrorless.

Kehadiran kamera mirrorless memang membawa perubahan bagi dunia fotografi. Sehingga fotografi profesional tidak lagi identik dengan kamera yang berat dan berukuran besar. Agak repot juga ya emak-emak seperti saya jika keluar membawa kamera yang besar sambil gandeng anak. Banyak yang jual kamera mirrorless dengan penawaran menarik. Namun kita tentu patut lebih teliti ketika akan membeli.


Agar kita tidak salah pilih kamera mirrorless, maka sebaiknya kita menyimak beberapa tips ini terlebih dahulu :

Pilih Kamera Mirrorless yang Ukurannya Kecil
Alasan utama membeli kamera mirrorless adalah ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kamera kelas profesional lainnya. Oleh sebab itu, kita mesti memilih kamera mirrorless yang kecil, ringan, dan nyaman digunakan. Material kamera mirrorless yang anti gores pun tak kalah penting. Supaya kita leluasa menggunakannya tanpa khawatir bagian body kamera akan mudah rusak.

Fitur yang Wajib Ada pada Kamera Mirrorless

Satu unit kamera mirrorless harus memiliki beberapa fitur utama. Fitur tersebut antara lain sensor kamera (minimal 4/3), ISO yang besar, focus peaking, touch screen, time lapse, dan konektivitas wifi serta bluetooth. Keberadaan fitur-fitur tersebut akan membuat pengoperasian kamera mirrorless jadi lebih mudah dan efektif.

Variasi Aksesori yang Beragam
Aksesori memang merupakan pelengkap yang sangat penting bagi kamera mirrorless, terutama lensanya. Jangan sampai kita memilih kamera mirrorless yang lensanya tidak terdiri dari banyak pilihan atau susah dicari. Hal ini akan membuat kita kesulitan memaksimalkan kemampuan kamera mirrorless ketika menggunakannya.

Komunitas Pengguna Kamera Mirrorless

Para pengguna kamera mirrorless biasanya punya wadah berkumpul berupa komunitas. Melalui komunitas tersebut, pengguna kamera dapat saling berbagi ilmu dan informasi terkini seputar kamera mirrorless. Jadi, gunakan kamera mirrorless yang punya komunitas besar. Sehingga kita tidak kesulitan mendapatkan informasi dan pengetahuan baru seputar kamera mirrorless kesayangan kita.

Jangan Lupa dengan Garansi Resmi
Garansi resmi akan melindungi kamera mirrorless kita dari risiko kerusakan. Usahakan untuk mencari kamera mirrorless bergaransi resmi produsen. Agar kualitas kamera mirrorless tetap terjaga bila sempat rusak selama masih berada dalam masa garansi.


Mudah-mudah setelah membaca tips ini, kita tentu akan lebih teliti lagi dalam memilih kamera mirrorless yang kita butuhkan. Memilih kamera mirrorless bukan sekadar untuk gaya, melainkan untuk kebutuhan fotografi dan pengembangan kemampuan yang lebih baik lagi. Pastinya bisa membuat foto kita di blog atau instagram jadi makin kece.




CatatanRia.com

10 comments:

  1. Sekarang belum kepikran beli kamera tambahan... Cukuplah pake HP, walau kadang pengen beli HP baru yang kualitas kameranya lebih baik #eaaa

    ReplyDelete
  2. Apakah kamera mirrorles kualitasnya sama dengan SLR atau DSLR mba, maaf belum paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum mencobanya, tapi ada yg bilang hasilnya juga bagus

      Delete
  3. Masih pengen punya kamera DSLR belum tercapai, eee sekarang ada kamera mirrorless... Duuh

    ReplyDelete
  4. Yang kamu suggest merk apa ya Ria untuk kamera mirrorless? lagi pingin nyari yang bagus tapi murah nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau merk tergantung cocok2an, enak mah langsung ke pasar nyobain tiap merk mana yang cucok :D

      Delete
  5. Nah, mirrorless sekarang aksesorisnya lucu2 yaaa mba.. Klo buat event atau traveling, oke banget mirrorless. Zoomnya enak. Klo pake hp misalnya event, kurang nendang mba hpku😆

    ReplyDelete
  6. wahhh udah ada perkembangan aja nih kamera jenis mirrorless ........

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V