4/12/18

Ini Dia Yang Bisa Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak

Tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan uang memang menjadi kebutuhan bagi semua orang. Dimana uang sendiri tak hanya sekedar menjadi pembayaran yang sah, namun uang pun bisa memudahkan kita dalam memenuhi keinginan dan juga segala macam kebutuhan. 


Namun kalau kita enggak bisa mengatur masalah finance alias keuangan, maka yang ada nantinya akan membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak, atau bahkan bisa membuat lebih besar pasak daripada tiang. Saya pun pernah beberapa kali keteteran mengatur keuangan hingga akhirnya gali lobang tutup lobang deh.

Untuk itu, mengatur finance alias keuangan memang sudah menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali bagi semua orang. Tak hanya bagi yang sudah berkeluarga atau menikah saja, namun untuk kamu yang masih single dan sudah berpenghasilan harus pandai-pandai dalam mengatur masalah finance alias keuangan. 

Berikut ini ternyata merupakan beberapa hal atau faktor yang bisa membuang pengeluaran menjadi semakin bertambah, silahkan disimak infonya :

1. Lapar mata
Banyak sekali yang harus mengeluarkan pengeluaran lebih banyak dari sebelumnya karena hanya lapar mata. Terlebih lagi ketika mereka melihat adanya diskon alias potongan harga besar-besaran. Padahal barang atau benda yang di beli belum terlalu penting dan bermanfaat. Untuk itu, sebaiknya kamu harus mulai mengontrol diri dan juga tidak mudah tergoda membeli barang-barang yang sedang ada potongan harga atau diskonnya.

2. Sering makan di luar
Godaan lain juga dari berbagai macam jenis kuliner  yang kini semakin banyak saja di jajakan. Sehingga kalau kamu sering menghabiskan waktu untuk makan di luar, tentu saja akan membuat pengeluaran setiap bulannya menjadi semakin membengkan. Oleh karena itu, sebaiknya agar pengeluaran tidak terus semakin membengkak, kurangi makan atau jajan di luar. Selain itu jika ingin pergi keluar, usahakan untuk makan saja terlebih dahulu dirumah. Agar kamu tidak kelaparan dan malah makan di luar. Memasak sendiri akan lebih baik, lebih hemat dan lebih sehat.

3. Hobi
Ternyata memiliki hobi pun tanpa disadari bisa membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak. Terlebih lagi kalau hobi yang dimiliki memang terbilang cukup mahal. Seperti hobi traveling, hobi fotografi,  hobi otomotif dan banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, sebaiknya kamu siapkan anggaran tersendiri untuk hobi tersebut, dan jangan sampai melebihi anggaran yang sudah disiapkan.

4. Gaya hidup
Kini memang semakin banyak saja orang yang gengsi dan selalu berusaha untuk memenuhi gaya hidupnya. Padahal penghasilannya sendiri tidak mencukupi untuk memenuhi gengsi dan juga gaya hidupnya. Untuk itu supaya nantinya pengeluaran anda tidak terus membengkak dan bisa menimbulkan hutang, sebaiknya jalani gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan isi kantong anda. Jangan mudah tergoda pula dengan ajakan teman-teman anda saat ingin berfoya-foya.

Bagaimana, sudah paham dan mengerti apa sajakah yang bisa membuat pengeluaran makin membengkak. Artikel menarik mengenai  dunia finance lainnya bisa anda simak di hemataja.com


Kalau untuk saya sendiri godaan diskon besar dan kuliner adalah dua hal yang paling sulit saya hindarkan. Ya mungkin naluri saya sebagai wanita, jika ada diskon maunya belanja kadang enggak mikir ini bakal terpakai atau tidak. Kuliner juga kesukaan saya jajan diluar, apalagi punya rumah dipinggir jalan raya gini banyak tukang jajanan yang lewat kalau enggak bisa nahan diri bisa setiap hari jajan.

Intinya sih agar pengeluaran tidak semakin membengkak, kita harus bisa mengendalikan diri sendiri.

Bagaimana dengan kalian, hal apa yang membuat kalian menjadi lebih boros?



CatatanRia.com

4 comments:

  1. HUhu.. hampir semuanya menjangkiti saya.. Alhamdulillah sekarang tinggal di Pulau yang tidak ada pusat hiburan jadi lumayan bisa menekan biaya hura2

    ReplyDelete
  2. Ya nomor 2 aku banget mba, kebiasaan sering makan diluar muncul ketika masih kuliah dan terbawa smpai sekarang. Suka bosan makan masakan sendiri, mau dihilangin susah banget mba. Kadang ngerasa masakan sendiri kurang greget atau apalah hehe tapi kalau makan masakan orang kog enak ya mba ketimbang masakan sendri ???



    Hii mba Ria, jika berkenan blogwalking sbentar ke blog aku ya...
    Makasih
    http://nheyta.blogspot.co.id/2018/04/jelajah-nusantara-di-tana-toraja.html#gpluscomments

    ReplyDelete
  3. Bener bngt, ini sama seperti yang pernah saya tulis di blog juga :D

    ReplyDelete
  4. Lapar mata dan sering makan di luar, saya banget :(. Beberapa bulan terakhir lebih suka makan di luar, mungkin bawaan debay kali, haha. Tapi bikin kantong sakit nih.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V