2/23/18

5 Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik dan Hemat Energi

Sering kesal melihat tumpukan baju kotor di rumah? Malas mencuci baju dengan tangan? Ingin membeli mesin cuci tapi bingung memilih yang bagus? Nah jangan khawatir, kini Kamu bisa mendapatkan mesin cuci terbaik yang mampu bertahan lama dan hemat listrik. Mengapa harus memilih mesin cuci yang hemat listrik? Kamu pastinya enggak mau donk membayar tagihan listrik yang mahal setiap bulannya, mengingat daya listrik untuk mengoperasikan mesin cuci yang cukup tinggi.



Guna menyiasati hal tersebut, ada baiknya membeli mesin cuci hemat listrik. Walaupun harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi, setidaknya Kamu dapat menghemat pengeluaran bulanan. Coba bandingkan, lebih hemat mana antara membeli mesin cuci mahal dengan membayar tagihan listrik yang tinggi? Membeli mesin cuci cukup sekali dalam beberapa tahun, namun tagihan listrik harus dibayar setiap bulan. Kalau dihitung-hitung tentu lebih hemat membeli mesin cuci hemat energy tetapi dibandrol lebih mahal. Istilahnya bersakit dahulu, bersenang kemudian.

Ada 5 tips nih yang bisa Kamu lakukan dalam memilih mesin cuci yang bagus namun hemat energi, yaitu:

• Daya listrik
Pemakaian daya listrik pada mesin cuci harus diperhitungkan. Kamu pasti tak mau membayar tunggakan listrik yang tinggi hanya karena pemakaian daya listrik yang tinggi pada mesin cuci. Umumnya pemakaian daya listrik sudah tercantum pada spesifikasi produk atau Kamu dapat menanyakannya pada penjual. Pemakaian daya listrik untuk mesin cuci biasanya berkisar antara 300 watt - 500 watt. Tetapi ada pula beberapa mesin cuci yang membutuhkan daya listrik lebih tinggi saat dipakai, tergantung pada kapasitasnya pula. Bandingkan beberapa produk sebelum Kamu benar-benar memutuskan. Pastikan Kamu memilih mesin cuci terbaik yang memakai daya listrik relative lebih rendah dari yang lainnya.

• Kapasitas
Berapa banyak jumlah anggota keluarga Kamu? Berapa banyak baju yang harus Kamu cuci dalam sehari? Semua pertanyaan tersebut akan membantu Kamu menentukan kapasitas mesin cuci yang akan dipilih. Jangan memilih mesin cuci berkapasitas besar, jika anggota keluarga Kamu tak lebih dari 4 orang. Semakin besar kapasitas mesin cuci, semakin besar pula pemakaian daya listrik. Desain mesin cuci pun jauh lebih besar dan takkan mampu menghemat ruang di dalam rumah.

• Harga terjangkau
Sesuaikan harga mesin cuci dengan anggaran yang sudah Kamu siapkan. Tak perlu memaksakan diri membeli produk mahal, bila kenyataannya keuangan Kamu tak memungkinkan. Contohnya saja Kamu ingin membeli mesin cuci dengan 1 tabung. Kamu cukup mempersiapkan dana sebesar 2 - 3 juta untuk membawa pulang mesin cuci. Ada begitu banyak model serta brand yang menyediakan mesin cuci berharga terjangkau, jadi tak perlu ragu untuk membeli produk yang murah tapi berkualitas.

• Brand
Semua orang pastinya ingin memiliki produk berkualitas namun terjangkau. Kamu pun bisa mendapatkannya, asal Kamu memperhatikan merk mesin cuci apa yang diinginkan. Sebaiknya pertimbangkan nama besar, testimony pelanggan serta customer service. Ini akan sangat membantu saat mesin cuci mengalami kerusakan. Akan lebih mudah memperbaiki atau melakukan servis di kantor resmi untuk brand besar. Pasalnya klaim garansi bisa dilakukan setiap saat dengan kantor yang lebih mudah dijangkau.

• Teknologi
Begitu banyak brand yang meluncurkan produk mesin cuci dengan teknologi pendukung. Beberapa diantaranya sengaja menciptakan inovasi baru untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Bagi Kamu yang sudah terbiasa menggunakan mesin cuci, pasti takkan sulit mengoperasikannya. Tetapi akan sulit bagi konsumen yang benar-benar baru mengenal teknologi mesin cuci terbaik.Oleh karena itu selalu perhatikan teknologi yang ditawarkan, apakah mudah dioperasikan sendiri di rumah atau tidak.


Semoga tips tersebut dapat bermanfaat mengobati kegalauan bagi Kamu yang sedang bingung membeli mesin cuci. Kegiatan mencuci memang enggak ada habisnya. Semangat mencuci ya Mom





CatatanRia.com

2 comments:

  1. Kebetulan, lagi mau upgrade mesin cuci. Pengen ganti brand sebenarnya.

    ReplyDelete
  2. Satu lagi yang biasanya aku perhatiin Mbak, berapa lama garansinya hehe. Biasanya satu tahun, penting banget menurutku.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V