1/5/18

4 Obat Sakit Gigi Alami yang Tidak Menyebabkan Ketergantungan

Kebanyakan orang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, lain halnya dengan saya lebih baik sakit hati daripaada sakit gigi. Sakit hati mah untuk saya mudah dilupakannya, tinggal me time aja yang sering nanti juga membaik. Nah kalau sakit gigi duh nyut nyut sepanjang hari itu rasanya menyiksa sekali bagi saya.



Dulu sih saya sering banget sakit gigi, apalagi waktu hamil anak pertama sering banget sakit gigi. Sakit gigi saya biasanya berawal dari lubang gigi, mungkin setelah saya makan manis-manis saya kurang bersih saat menggosok gigi jadi timbul deh si sakit gigi.

Lubang pada gigi merupakan kondisi yang sering terjadi pada beberapa orang yang memiliki mulut terlalu asam, sehingga menyebabkan gigi mudah sekali mengalami pengeroposan. Pada dasarnya ini adalah hal yang normal terjadi, apalagi ketika memasuki usia senja. Namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya lubang tersebut menyebabkan rasa sakit, ngilu yang berlebihan. Kondisi tersebut lebih dikenal dengan nama sakit gigi. Berbagai macam obat sakit gigi ditawarkan kepasaran. Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika sebagian banyak diantaranya terbuat dari bahan-bahan kimia tertentu yang bisa menyebabkan ketergantungan.

Sehingga jika nantinya sakit kembali maka mau tak mau harus mengkonsumsi jenis obat yang sama dalam jangka waktu lamahal ini berbahaya bagi kesehatan, karena bisa memicu kerusakan ginjal hingga kerusakan beberapa syaraf tubuh, khususnya yang bisa menahan rasa sakit, hingga tubuh tidak mempan lagi menggunakan obat tersebut untuk menahan rasa sakit. Itulah mengapa ketika sakit gigi tiba, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan pengobatan tradisional.


Beberapa bahan alami bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit pada gigi dan pastinya jauh lebih aman, karena tidak memicu reaksi ketergantungan, diantaranya adalah:

1. Merica dengan garam, mengkombinasikan 2 jenis bahan penyedap rasa ini untuk mengatasi masalah pada gigi. Kedua campuran ini bisa mengatasi masalah yang disebabkan oleh lubang gigi, bahkan bagi yang memiliki kecenderungan gigi sensitif juga bisa mengobatinya dengan bahan ini, caranya sangat mudah yaitu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut, tambahkan air panas sehingga menjadi pasta dan gunakan untuk menutup bagian yang berlubang,secara perlahan rasa sakit akan mulai mereda.

2. Bawang putih, banyak sekali khasiatnya untuk gigi, termasuk diantaranya adalah membuatnya jadi obat untuk sakit gigi, karena fungsinya adalah untuk memperlambat infeksi bakteri,cara kerjanya sangat mudah yaitu dengan mengunyahnya bersama dengan garam pada bagian yang sakit, namun khusus yang kurang suka dengan aromanya, maka cukup menempelkannya saja pada bagian yang berlubang. Mudah dan hasilnya sangat efektif.

3. Cengke, bahan ini juga memiliki banyak fungsi, termasuk anti bakteri, anti inflamasi dan juga anasteti yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang, cukup mencampurnya dengan minyak zaitun atau sayur, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Secara langsung akan bekerja untuk meredakannya.

4. Air hangat, campurkan garam ke dalamnya kemudian gunakan sebagai ramuan untuk berkumur, bahan yang satu ini kenyataannya juga sangat efektif digunakan untuk mengurangi sara sakit pada gigi berlubang.


Hasilnya memang tidak secara langsung terasa seperti obat sakit gigi pada umumnya, melainkan berkala. Namun jauh lebih aman digunakan, karena tidak menyebabkan efek ketergantungan. Saya sih sudah mencoba semuanya kecuali cengke, dan memang lumayan bisa mengurangi rasa sakit gigi yang menyiksa. Waktu hamil saya memilih cara alami ini karena memang saya menghindari minum obat-obatan.

Selamat mencoba, semoga sakit giginya bisa sembuh dan enggak akan sakit hati lagi.



CatatanRia.com

3 comments:

  1. Saya seringnya mraktikin yg air hangat plus garam

    ReplyDelete
  2. Kalau aku biasa pakai air garam :D Ampuh banget, meskipun rasanya cenut-cenut di gigi :D

    ReplyDelete
  3. rutin kumur rebusan daun sirih juga katanya bagus, Mbak. :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V