6/12/17

Cara dan Tips Bersepeda Sekaligus Manfaatnya

Saat ini bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain membuat tubuh jadi bergerak sekaligus berolahraga, banyak juga orang yang merasakan pikiran menjadi lebih segar dan rileks lantaran bisa melihat pemandangan alam di sekitarnya ketika bersepeda. Bersepeda juga merupakan aktivitas yang banyak diandalkan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Namun tentu saja kalian harus mengikuti tips bersepeda yang benar sehingga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Berikut ini beberapa tips untuk kalian yang suka bersepeda sehingga tetap aman selama melakukan aktivitas ini:

  • Pastikan memakai perlengkapan keamanan bersepeda dengan lengkap mulai dari helm, pelindung lengan, sepatu dan lainnya.
  • Apabila kalian akan berbelok, menyalip atau putarbalik, pastikan melihat ke belakang terlebih dulu sehingga bisa mengamati kendaraan atau orang lain yang mungkin akan lewat.
  • Pakai sinyal dengan mengayunkan lengan ketika akan berbelok ke kanan atau kiri.
  • Ikuti semua rambu lalu lintas jika kalian akan bersepeda di jalan raya.
  • Ketika melewati jalan sempit, usahakan untuk memberikan kesempatan orang lain untuk lewat.

Dengan tips aman bersepeda tersebut, maka kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang betul-betul maksimal. Mau tau apa saha manfaat yang didapatkan dari bersepeda? Nah berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan bersepeda:

  • Bersepeda satu jam, bisa membuat kalori kalian terbakar hingga 400 kalori sampai 700 kalori jika kalian mengendarai dengan kecepatan sedang. Jika hal ini terus dilakukan paling tidak 30 menit selama 1 tahun saja, maka bobot kalian bisa berkurang sampai 5 hingga 10 kg dengan cara sehat.
  • Banyak yang menyatakan jika banyak bersepeda bisa membuat tubuh menjadi bungkuk, hal ini tidak benar karena bersepeda justru bisa membuat kerangka tubuh menjadi kuat dan tegak. Jadi itu hanya mitos belaka.
  • Beberapa penelitian juga menunjukkan jika dengan bersepeda, maka kekebalan tubuh dalam melawan penyakit juga bisa lebih kuat lagi.
  • Meskipun bersepeda masuk kategori olahraga ringan, namun stamina tubuh dapat meningkat sehingga kinerja paru-paru dan jantung pun bisa lebih baik.
  • Dengan bersepeda 20 mil dalam seminggu, hal ini bisa mengurangi potensi untuk mengidap penyakit jantung korone rsampai 50%.
  • Dengan bersepeda, terbukti dapat mengurangi tingkat stres lantaran selama bersepeda, maka kalian bisa menghirup udara yang segar dan juga melihat pemandangan alam sekitar sehingga pikiran pun menjadi lebih rileks.
  • Bersepeda juga bisa membuat kulit awet muda karena terjadi peningkatan aliran darah sehingga banyak oksigen yang akan mengalir ke otot dan kulit sehingga kalian bisa selalu nampak awet muda.

Dengan menerapkan tips bersepeda yang aman dan benar, maka segudang manfaat pun bisa kalian dapatkan. Hindari mengoperasikan ponsel selama bersepeda karena bisa membahayakan diri kalian dan orang lain di jalanan. 

Daripada naik motor terus bikin polusi dan  macet, sekali-kali lah bersepeda badan jadi sehat, mengurangi polusi udara dan yang penting banget nih bisa menurunkan berat badan. Hahaha masih usaha ini saya menurunkan berat badan. Dibulan puasa seperti sekarang jika ingin bersepeda sebaiknya sore hari menjelang berbuka puasa, lumayan bisa sambil ngabuburit enggak terasa sudah azan aja deh.



CatatanRia.com

1 comment:

  1. coba biasakan naik sepeda pas subuh, dijamin bakal menyehatkan hati dan pikiran juga

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V