11/4/11

Salah Siapa Anak Menjadi Nakal?

Setiap malam warnet hampir selalu ramai banyak anak yang main, biasa bukan sekedar main internet ada yang datang cuma maen aja sama teman-temannya. Warnet Gorcamp Net memang sudah dijadikan tempat mereka berkumpul dan bermain. Suatu malam saya mendengar ada ramai-ramai di halaman rumah teman saya, saya pun mengintip dari jendela untuk mengecek. Ternyata ada ibunya Ardi (bukan nama sebenarnya) datang dan sepertinya ada masalah dengan anak-anak. Karena saat itu saya sedang sibuk didalam jadi saya gak ikut keluar.

Setelah urusan saya selesai, saya lihat keluar suasana sudah sepi tidak ada anak-anak dan tidak ada ibunya Ardi. Saya pun masuk ke Warnet menanyakan apa yang terjadi tadi diluar ke salah satu anak di warnet sebut saja namanya Adam. Adam bilang kalau Ibunya Ardi kehilangan uang dan curiga dengan beberapa anak yang suka main di Warnet. Karena beberapa anak di Warnet siang tadi ada yang main di rumahnya Ardi. Ternyata yang mengambil uang dari ibunya Ardi adalah Sandi (bukan nama sebenarnya), bisa ketauan Sandi yang mengambil karena anak-anak yang diberi uang sama Sandi mengaku kalau Sandi lah yang mengambil dan yang membagikan uang hasil curiannya. Anak-anak itu mengaku kalau mereka dikasih 50rb dan disuruh beli cash PB. Hmmm saya menghela nafas panjang mendengar nama Sandi, yah saya gak heran kalau dia berani mencuri karena kalau di warnet dia juga sering sekali mengambil makanan atau minuman yang di jual di warnet tapi gak bayar dan kadang main diam-diam gak bayar.

Saya dan teman saya tidak pernah menegur si Sandi ini karena memang kami belum menangkap basah si Sandi hanya mendengar pengaduan dari anak-anak lainnya. Beberapa menit berlalu, anak-anak yang tadi pergi kerumah Sandi bersama ibunya Ardi sudah kembali lagi ke Warnet. Dengan tingkah khas anak-anak mereka langsung heboh berteriak cerita tentang kejadian yang baru saja terjadi di rumahnya Sandi. Mereka cerita kalau Sandi habis dipukulin dan ditendang sama bapaknya sendiri. Saya benar-benar kaget mendengar bapaknya Sandi sampai begitu tega memukuli anaknya didepan teman-temannya. Bapaknya Sandi juga kasih peringatan ke anak-anak agar jangan pernah main lagi dengan Sandi.
Pic from here

Sandi memang memang melakukan kesalah karena sudah berani mencuri uang yang bukan miliknya. Tapi saya kecewa sekali dengan sikap bapaknya Sandi yang memukuli dan menendang anaknya didepan orang banyak. Selamanya kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, dan saya jadi mengerti kenapa Sandi begitu nakal setelah melihat sikap keras orang tuanya. 

Saya juga pernah dengar cerita dari teman saya, kalau Sandi itu sudah seperti anak yang tidak diurus orang tuanya. Dia dan adik-adiknya sering ditinggal orang tuanya bekerja, dia dan adik-adiknya kurang perhatian dari orang tuanya. Kasihan kalau anaknya sudah nakal begini harusnya mereka bercemin apakah mereka sudah benar dalam mendidik anak-anaknya, jangan hanya bisa memarahi dan menyalahkan anaknya saja. Terkadang anak nakal pasti karena ada sebabnya, anak itu terlahir seperti kertas putih yang polos dan orang tua lah yang mengisi kertas putih itu.

Sekarang Sandi sudah mulai main lagi di Warnet dengan teman-temannya tapi sudah tidak sesering dahulu. Tentu saja waktu main di Warnet saya dan teman saya selalu mengawasinya. Kisah kenakalan Ardi ini semoga bisa menjadi perenungan para orang tua :) tanpa maksud menggurui karena saya juga belum menjadi orang tua hehe tapi saya ini adalah seorang anak, dan saya dulu nakal karena ada alasannya kenakalan saya sebagai bentuk protes saya terhadap orang tua.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

35 comments:

  1. @mba lidya : hehehe gak selamanya salah orang tua bisa juga dari lingkungan :D tp orang tua punya peranan penting memberi proteksi diri pada anak agar tidak terpengaruh hal tidak baik di lingkungan luar :D

    ReplyDelete
  2. aku malah jadi kasihan sama Sandy-nya :( mungkin dia lagi cari perhatian itu

    ReplyDelete
  3. tuuu kan, teknologi terkadang mempengaruhi seorang anak menjadi nakal :(

    ReplyDelete
  4. yang menonjolsih kalomenurut aku lingkungan sama keluarganya teh,

    turut prihatin dengan sikap si sandy
    :)

    ReplyDelete
  5. mendidik anak2 emang gak gampang ...

    ReplyDelete
  6. wew Mbak Ria dari kecil sering ngambek protes gitu ya?? xixiix

    aduuhh Mbak, koq harus nama Sandi sih jadi si pelaku, fufufuhh

    emang anak2 yg kek gitu banyak Mbak, dulu di warnet juga pernah kek gitu, ada 1 org anak yg rese banget, sering main warnet terus billingnya di keluar masuk gitu jadi kan harusnya dia bayar tuh eeh yg diakuinya cuma yg terakhir aaja, kadang malah bilang gk jadi main, tapi tetep kami tagih, lah salah dia koq. Emang kita harus tegas tu Mbak klo ada anak yg kek gitu, apalagi usaha warnet yg lagi digandrungi anak2 gini.

    ReplyDelete
  7. anak itu ibarat buah, pohonnya yang menentukan. saya sering ketemu anak-anak nakal yang sulit diatasi, dalam hati berkata pasti bapak mereka koruptor. makanan yang buruk menentukan juga kepribadian

    ReplyDelete
  8. deh...

    kasihannya tuh anak...

    mmg susah skrg klo mau mendidik anak...

    problem yg dilematis...terlalu dimanja salah...terlalu dikerasi juga salah...

    makanya mereka itu bagaikan monster...

    kalau kita bisa merawatnya dgn baik...mereka bisa jadi seperti ultramen :D

    ReplyDelete
  9. tsaahhh.. riaa bijak sekali dikau :)

    udah punya ilmu buat ngedidik anak dong ya, semoga segera diwujudkan :D

    ReplyDelete
  10. Sepertinya si sandy itu anak yang kurang mendapatkan kasih sayang dari kedua ortunya, makanya jadi gitu, sayang banget ya, amanah Allah koq di abaikan..eh gak tau juga ding hehe

    ReplyDelete
  11. Salah orangtuanya sih... tapi anaknya juga salah. Kalo aku, sering ngeliat anak kecil ngomong kasar..

    ReplyDelete
  12. Kasihan juga sebenarnya sui Sandi itu ya? Ortunya juga gak mau introspeksi utk melihat mengapa Sandi jadi nakal spt itu ya?

    ReplyDelete
  13. Kayaknya ga semua anak nakal karna orang tua. kdng2 pengaruh dari temennya. Soale aq dulu juga nuakal (kaya setan) padahal ortu ga ngajarin kaya gitu. Aq pernah di pukuli pakai pancing gara2 tengah malem nangis kaya kesurupan hihihi. *saking nakalnya*

    Mbak Ria ada PR Sekolah Dasar, wajib dikerjain ya.... hehe
    http://tarryholic.blogspot.com/2011/11/pr-sekolah-dasar.html

    ReplyDelete
  14. kadang-kadang anak nakal juga punya potensi yang baik kok mbak. anak nakal juga bisa diperbaiki menjadi anak yang baik. asalakan orang tua atau orang disekitarnya mau mendukung dia menjadi berubah yang baik

    ReplyDelete
  15. ini mah salah didik mbak... :D
    hehe
    http://fyrdhazakaria.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. mungkin bapaknya sudah kesal sama sandy, karena nakal terus :D

    ReplyDelete
  17. yah, jadi orang tua emang gak gampang, makanya saya terus belajar jadi orang tua yang baik, hehehehhe..

    ReplyDelete
  18. anak yang didik dengan kekerasan fisik maka akan membentuk mental si anak menjadi orang yang pendendam dikemudian hari,anak tersebut akan mebalas dendam kepada orang terdekatnya
    secara tidak langsung trauma mental

    ReplyDelete
  19. salah yg menilai mbak....
    anak tu gak nakal...
    cuma butuh berekspresi dan bimbingan...
    :)

    ReplyDelete
  20. tidak ada itu istilah 'anak nakal'.. yg ada adalah... ketidak tahuan orang tua bagaimana sebenarnya pribadi anak tersebut.. kinestetik, visual, audio, pragmatis atau apalah itu namanya.. karena tiap kepribadian itu beda beda perlakuan dalam menyikapinya... nah kalau orang tuanya gak ngerti.. ya pasti yg muncul kata 'nakal'.. :(

    ReplyDelete
  21. Gua selalu merasa kasihan sama anak2 yang kerap dipukuli sama keluarganya karena trauma nya bisa terbawa sampai dewasa. Dan secara psikologis dampaknya bisa merusak di masa depan

    ReplyDelete
  22. Iya tuh, orang tuanya yang salah. Kurang memperhatikan anaknya. Malah sibuk bekerja. Andai saja ibunya yang ada dirumah, dan sering mengawasi Sandi itu. Di jamin dia gak akan nakal seperti sekarang >.<

    ReplyDelete
  23. sedap :)
    yahh klo anak nakal sebabnya beda2 yah mba ri,
    smoga sandi ngga nakal lagi

    ReplyDelete
  24. jadi inget masa lalu.

    hahahaha.

    ReplyDelete
  25. memprihatinkan.
    hem, pelajaran buat orang tua. biar selalu mengawasi anaknya.

    ReplyDelete
  26. Kekerasan bukanlah cara untuk mendidik anak. Anak-anak hanya akan meniru perbuatan dan perilaku orang tua dan orang dewasa di lingkungannya, jika anak bersikap salah dan keluar jalur mungkin yang sebenarnya salah adalah lingkungan atau mungkin orangtuanya sendiri.

    ReplyDelete
  27. mungkin jgn pake istilah nakal ya... krn anak2 msh butuh bimbingan dari ortu. Wah... kayanya ria teorinya udah lengkap nih, tinggal diaplikasikan :)

    ReplyDelete
  28. waduh ... jadi kasihan sama Sandy ... mudah2an orang tuanya suatu saat mengerti kalau kekerasan ngak menyelesaikan masalah ...

    ReplyDelete
  29. hmm, susah ya jadi orang tua..
    cerita ini bisa jadi pembelajaran mbak, makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  30. Coba ikut berpendapat, semoga aja gak salah. hehe
    Mungkin itu akibat dari kurangnya perhatian & pengawasan dari orangtuanya. ada kalanya orangtua boleh memukul anaknya untuk memberi efek jera, tapi tetap dalam batasan tertentu dan situasi tertentu juga

    ReplyDelete
  31. kasian anak yg seperti itu, tp memang jd ortu ternyata susah sekali ya

    ReplyDelete
  32. kalo anak dibawah umur mah gak bisa dibilang ANAK NAKAL ya. ada juga ANAK SALAH ASUHAN. jadi salah siapa? ya salah orang tua dan lingkungannya dong. terutama ya orang tuanya.

    ckckck... heran gw ama dunia.

    banyak orang baek yg pengen punya anak, tapi belom dikasih. ini punya anak, more than one pulak, tapi ditelantarkan. pake KB aja pak, bu...kalo emg blm sanggup jadi orang tua.

    #maap ngomel2#

    ReplyDelete
  33. bneran tergantung orang tuanya sih itu

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V