7/17/17

Gepuk Ayam So Good Kesukaan Keluarga

Keluarga kecil saya ini penggemarnya ayam goreng, terutama si Pak Suami dan anaknya si Babang Iyas mah nurunin kesukaan Abinya. Kalau Babang Iyas bilangnya bukan ayam goreng tapi ayam pipin pupin (Upin Ipin) korban kartun deh. 

Saya bikin ayam gorengnya suka ganti-ganti kadang ayam goreng biasa, ayam goreng bacem, ayam serundeng dan gepuk ayam. Suami paling doyan yang gepuk ayam, jadi paling sering dibikin. Saya sendiri baru mengenal makanan gepuk itu ya pas tinggal di Bandung, saya pikir apa eh ternyata mirip-mirip sama serundeng cuma bedanya kalau serundeng kelapa sangrainya dibuat kering.


Kali ini saya memasak gepuk ayam memakai SO GOOD Ayam Potong. Saya suka memakai Ayam Potong So Good karena potongannya cukup, kalau Suami malah bilangnya besar puas makannya. Soalnya kalau beli ayam utuh di tukang sayur potongannya suka kecil-kecil, makan satu kurang kalau minta dipotong besar jadi sedikit jumlah ayamnya. Ayam Potong So Good ini berisi 14 potong ayam yang montok dan segar,


Saya perhatikan tidak ada bedanya ayam dipasar dan Ayam Potong So Good, dari segi penampilan dan rasanya. Ada lagi yang suka dari Ayam Potong So Good ini, walaupun daging ayamnya sudah kita simpan dalam freezer namun tidak menempel satu sama lain. Sehinnga memudahkan saya untuk mengambilnya. Misalnya saat saya cuma 1 potong ayam untuk campuran sayur, saya tinggal ambil 1 potong ayam yang dibutuhkan, kemudian saya taruh ayamnya dalam plastik kecil iket rapat dan rendam dalam air agar ayam tidak beku lagi.

Mencari Ayam Potong So Good ini juga tidaklah sulit, karena ada di supermarket dan mini market. Saya membelinya di AlfaMart, malah disana ada freezer khusus produk So Good jadi lengkap kalau mau mencari produk So Good lainnya. Harganya sekitar 46rb, cukuplah harga segini untuk ayam yang montok.


Untuk Gepuk Ayam So Good ini saya hanya menggunakan 7 potong daging ayam saja. Dan bumbu dasar dari Gepuk Ayam ini sebenarnya sama saja dengan ayam goreng biasanya, yang berbeda ditambahkan kelapa parut saja.


Resep Gepuk Ayam So Good

Bahan
7 potong Ayam Potong So Good
250 gr Kelapa Parut

Bumbu Halus
5 siung Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
1 ruas jari Kunyit
1 sdt Ketumbar Bubuk
Garam Secukupnya

Cara Membuat
1. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna. Kemudian masukkan ayam, beri air secukupnya. Ungkep ayam hingga matang dan empuk, jangan lupa koreksi rasa. Sisakan sedikit air ungkepan.
2. Angkat ayam dan kemudian goreng hingga kecoklatan, sisihkan ayam.
3. Sambil menggoreng ayam masukkan kelapa parut ke sisa dari air ungkepan, kemudian sangrai hingga agak mengering, tidak perlu sampai kering.
4. Jika sudah agak mengering, masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk rata. Matikan api. Sajikan selagi hangat.

Selamat Mencoba

Bawang yang saya gunakan kebetulan ukurannya kecil-kecil jadi saya memakai 10 bawang merah. Lalu saat menyangrai kelapa parut saya menggunakan teflon, agar tidak lengket. Babang Iyas kalau makan ini nasinya harus 2 centong, dan kesukaannya ya pentungnya alias paha bawahnya. Soalnya miri sama yang dimakan Upin dan Ipin *tetep korban kartun*.

Artikel resep ini untuk diikut sertakan dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala SO GOOD yang diadakan So Good dan Blogger Perempuan. Kalian juga punya kreasi masakan menggunakan Ayam Potong So Good, ikutan juga yuk lombanya. Daripada punya resep kece hanya disimpan saja mending dishare biar dapat pahala dan kalau beruntung bisa mendapatkan hadiah dari So Good. Hadiahnya keren-keren dan hadiah utamanya Kamera Mirrorless loh. Tunggu apa lagi yuk segera posting dan submit url link kamu ke websitenya Blogger perempuan https://bloggerperempuan.co.id/sogood masih ada waktu koq sampai tanggak 23 Juli 2017 nanti.



CatatanRia.com

7 comments:

  1. So good ini makin banyak ya variasinya.. Sampe ada ayam potong segala. Aku jd pgn nyetok ini aja di runah supaya si mbak ga repot2 beli di pasar yg ayamnya blm tentu seger dan higenis :).

    Kalo masak daging, apapun itu, trs dikasih serundeng gini memang paling enak mba.. Aku mah makan pake serundengnya aja udh cukup :). Itu ama nasi panas :D

    ReplyDelete
  2. Lihat aja udah ngiler sama resepnya, apalagi kalau buat langsung. MAkasih ya mbak, resepnya kece

    ReplyDelete
  3. Blogger perempuan akhir-akhir ini suka masak ayam yah :D
    Ternyata ada kontesnya toh hihihii

    Kalau dirumah biasanya sedia produk so good yang sosis sama nughet. Praktis. Cocok buat yang ga paham bumbu kayak saya inih

    ReplyDelete
  4. Aku blm pernah bikin ini mba.. mau ah 😍😍 iyas bagi dong

    ReplyDelete
  5. Ayam ternyata enak juga dibikin gepuk ya. Saya belum pernah cobain ayam gepuk :)

    ReplyDelete
  6. Terima kash mbk ria resepnya, simpel tapi enak banget kayaknya..jadi ngiler. Hihi...soalnya aju juga pecinta ayam. Hee

    Salam kenal dari Bengkulu mbk, ditunggu kunjungan d follownya di blog sederhana saya. Hee

    ReplyDelete
  7. praktis banget ya masak pakai so good ayam potong

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V