9/4/18

Ini Tempat-tempat Beli Batik Paling Populer di Indonesia

Batik adalah jenis pakaian yang menunjukkan citra bangsa. Tak heran apabila pakaian jenis ini banyak dikenakan dalam berbagai kesempatan terutama untuk menghadiri acara-acara resmi atau acara acara formal seperti ke kantor, pengajian, mendatangi tempat ibadah, menghadiri undangan pernikahan, acara wisuda, hingga ke sekolah.



Untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada warisan nenek moyang yang terdaftar sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Berwujud dari Kemanusiaan di Unesco ini, maka setidaknya kita harus memiliki beberapa lembar busana batik keris dalam bentuk pakaian maupun kain untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan.


Sebagai negara asal batik, wajar apabila hampir di seluruh negara Indonesia kita bisa menemukan tempat membeli batik. Entah itu yang offline maupun online. Walau demikian, tetap saja ada beberapa tempat yang selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia jika ingin membeli bahan maupun pakaian jadi warisan nenek moyang ini di. Seperti misalnya:

Toko online
Teknologi mendorong masyarakat Indonesia untuk berlaku efektif dalam berbagai hal. Tak terkecuali saat berbelanja. Kehadiran smartphone dan internet yang semakin merakyat serta semakin luas jangkauannya membuat Banyak masyarakat Indonesia lebih sering menjatuhkan pilihan pada toko online untuk membeli berbagai keperluan mereka. Mulai dari peralatan elektronik, busana, perlengkapan rumah tangga, pernak-pernik, hingga aksesoris.

Ada banyak keunggulan berbelanja di toko online seperti di Bukalapak misalnya, selain yang telah disebutkan di atas:

● Tetap bisa melakukan tawar-menawar untuk menekan harga
● Kita tidak perlu beranjak dari rumah untuk bisa mengecek benda-benda yang kita butuhkan atau ingin kita beli
● Kita bisa melakukan transaksi kapanpun baik siang, malam, maupun pagi
● Kita juga bisa membayar langsung dari rumah atau dari mana pun kita melakukan transaksi dengan menggunakan internet banking atau Mobile Banking serta kartu kredit
● Banyak diskon dan promo
● Harganya terkenal bersaing (murah dan ramah kantong)
● Pilihannya beragam dan bisa langsung dibandingkan dari tokoh yang satu ke tokoh yang lainnya tanpa berpindah aplikasi

Kota-kota besar di Jawa
Ada banyak kota besar di Jawa yang terkenal dengan budaya dan pariwisatanya. Tidak hanya cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk menikmati keindahan alam dan berbagai bentuk wahana permainan, daerah-daerah berikut ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata belanja terutama busana. Sebut saja:

A. Yogyakarta
Kota yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja ini merupakan kota pelajar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri setiap tahunnya. Saat berkunjung ke sini, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membawa pulang oleh-oleh khas kota tersebut.

Bagi kamu yang tertarik membeli kain tradisional ini di Jogja, tempat-tempat yang direkomendasikan di antaranya adalah:

Pasar Beringharjo. Ini adalah pasar tradisional yang ada di ujung selatan Malioboro. Dekat dengan 0 Kilometer. Tempat ini seringkali jadi destinasi wisata belanja pakaian bagi mereka yang ingin mencari busana dengan harga murah meriah mulai dari Rp 30.000 per potong hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari bahan dan kualitas

Malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro, ada banyak pedagang kaki lima hingga toko-toko yang menjajakan kain tradisional dengan berbagai bentuk, desain, motif, dan bahan

Hamzah-Batik. Tempat ini Lokasinya ada di seberang Pasar Beringharjo tidak jauh dari Mirota-Batik

Imogiri, Bantul. Jika ingin merasakan suasana yang berbeda agama kamu bisa berbelanja ke Imogiri Bantul yang menawarkan pengalaman berbeda


B. Solo
Di Solo, setidaknya ada 6 tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu, Pasar Gede, pasar barang antik triwindu, Pasar Klewer, Pasar keris dan Cinderamata yang berlokasi di alun-alun utara Keraton, Pasar Klitikan Notoharjo, serta Pasar Kliwon.


Saya sendiri pernah membeli batik di Malioboro dan Pasar Klewer. Waktu itu saya sampai bingung menentukan akan membeli batik yang mana, karena terdapat banyak sekali pilihan yang ditawarkan dan semuanya bagus-bagus. Kalau boleh mah saya beli semua eh inget dompet terbatas akhirnya membeli yang sesuai budget saja.

Siapa nih yang penggemar batik juga? Biasanya membeli batik dimana? Share ya siapa tau bisa jadi rekomendasi saya nantinya saat akan mencari batik.





CatatanRia.com

2 comments:

  1. KAlau saya beli di toko online aja. Tapi, kalau tinggal di Jogja atau Solo kayakya enakan beli langsung, ya

    ReplyDelete
  2. Aku beli batik kebanyakan tipe daster, hahaha.
    Kalau pun punya tipe lain, seringnya dapat rezeki alias ole-ole.

    Menurutku beli online dan offline masing-masing ada minus plusnya ya.
    Namun jika disuruh memilih aku lebih suka beli offline, karena bisa tahu langsung kualitasnya.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V