6/2/18

Menu Ramadhan Praktis dengan Bakso Sehat ya Bakso Bonanza

Alhamdulillah ya bulan puasa sudah 2 mingguan, selalu ya waktu berasa cepat sekali. Semoga masih pada semangat ya berpuasanya, awas jangan sampai kendur sayang atuh sebentar lagi mau lebaran. Buat para ibu-ibu juga semangat ya mak, menjadi pejuang didapur menyiapkan menu sahur dan menu berbuka puasa untuk keluarga.



Peran ibu didalam keluarga memang sangatlah penting, apalagi kalau di bulan ramadhan ini. Ibu lah orang yang rela menghapus lelah dan kantuk demi menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa keluarganya. Sebenarnya saya merasa bersalah juga sih sama suami, karena tahun ini enggak bisa menyiapkan sahur dan buka puasa untuk dia. Saya memilih mudik diawal puasa, karena Bapak saya sedang sakit.

Ada senangnya juga sih puasa dirumah orang tua, saya jadi bisa menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa untuk orang tua saya. Saat saya kecil mereka yang melayani saya, sekarang waktunya saya melayani mereka.

Kenapa sih saya suka masak? Kenapa enggak beli aja simpel?

Kenapa oh kenapa, karena saya termasuk yang pelit sama jajan eh bukan pelit sih namun saya itu takut sama jajanan makanan yang dijual diluaran. Saya kan enggak tau bahan apa saja yang dipakainya, enggak lihat juga itu bersih enggak masaknya, jangan-jangan  masaknya pakai tangan kotor saya kan enggak tau juga. Apalagi yang ikut makan masakan saya ada bayi 1 tahun dan balita 4 tahun, yang membutuhkan banyak nutrisi sehingga memasak makanan sendiri menjadi pilihan utama saya. Ya walaupun ilmu memasak saya masih jauh dari kata professional.

Bakso Bonanza Cooking Demo

Pas saya lagi mudik Alhamdulillah pas tanggal 30 Mei 2018 kemarin, saya berkesempatan untuk mengikuti Cooking demo yang diadakan Bakso Bonanza dan Mom Blogger Community di Farmers Market, yang terletak di lantai dasar Summarecon Mall Serpong . Kesan pertama saya saat memasuki Farmers Market disini nyaman sekali, walau tidak terlalu luas namun enggak sumpek dan semua barang tertata rapi sehingga mudah menemukan barang yang akan dibeli. Dan ternyata Farmers Market ini baru saja direnovasi dan relaunching, pantes aja rasanya nyaman disana.


Ini pertama kalinya saya mengikuti event bersama blogger jabodetabek, padahal sama blogger Bandung juga saya jarang ikutan dah saya mah blogger rumahan jarang keluar kandang.     Tapi karena mumpung dekat sama rumah ortu dan sekalian ngabuburit nunggu berbuka puasa jadi ikut aja deh lumayan kan bisa menambah ilmu memasak juga.


Pada acara ini, Bakso Bonanza mengajak para Mom Blogger untuk belajar memasak bersama. Acara ini dipandu oleh Mba Caroline dan chef Gaby Dharmadji. Chef Gaby ini walaupun masih muda sekali tapi dia lulusan USA loh.


Menu yang akan dimasak saat acara cooking class ini pun bukan menu yang ribet dengan bahan yang sulit, namun menu rumahan yang sederhana bahan mudah didapat dan memasaknya tanpa ribet. Tentunya bahan utama yang dipakai ya Bakso Bonanza. Tipe saya banget yang selalu masak makanan yang simpel aja, karena enggak ada waktu untuk memasak ala chef yang rumit. Baru juga mau masak udah ditangisin anak-anak jadi masak selalu yang mudah-mudah saja.

Semua Suka Bakso

Kalau dibikin voting “Siapa yang suka bakso?” pasti hasilnya kebanyakan orang akan menjawa “Suka”, termasuk saya apalagi suami dan anak-anak pecinta bakso lebih dari saya. Untuk bakso saya lebih suka bikin sendiri dirumah, walaupun texturenya enggak dapet kayak bakso diluaran tapi setidaknya bakso bikinan sendiri lebih sehat, karena saya sendiri yang membuatnya tahu bahan apa saja yang saya pakai.

Saya masih agak takut kalau beli bakso diluaran, karena kwatir ini bakso aman enggak ya untuk dikonsumsi. Ya, saya memang emak rempong, yang pemilih sekali untuk hal beginian. Gimana enggak kwatir, sekarang itu lagi marak bakso yang mengandung pengawet dan borak. Ada juga bakso yang menggunakan daging yang tidak murni sapi entah dicampur daging apa. Ada juga yang memakai daging sapi yang tidak layak. Haduh serem deh kalau dibayangin.

Namun drama emak beranak dua ya urusan bebikinan kayak bikinan bakso ini, kadang enggak ada waktu untuk bikinnya karena sudah dibuat lelah mengikuti polah anak-anak seharian. Kalau udah enggak nyetock bakso, ujung-ujungnya si suami jajan bakso diluar hmmm jadi enggak sehat badan dan kantong deh.

Pada acara Cooking class bersama bakso Bonanza ini saya pun mendapat pencerahan, kalau ada juga bakso yang aman yaitu bakso Bonanza. Saya sendiri baru mengenal bakso Bonanza ini, di Bandung belum pernah lihat soalnya.

Apa Keunggulan dari Bakso Bonanza?


Ada beberapa kelebihan dari bakso Bonanza yang membuat kamu wajib beli juga nih :

1. Bakso Bonanza memiliki perternakan sendiri yang berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung. Jadi daging sapi yang digunakan adalah hasil dari perternakannya sendiri. Bonanza sangat memperhatikan kesejahteraan hewan-hewannya dan pemberian makanannya pun dengan layak dan pangan yang aman.

2. Poin terpenting adalah bakso Bonanza ini halal. Hewan dipotong sesuai dengan syariat islam.

3. Bakso Bonanza mengadung 84 % daging asli sapi, jadi berasa banget dagingnya. Bisa dibayangkan donk rasanya daging sapinya saja sudah hampir 100 %, jadi enggak akan deh berasa makan tepung.

4. Bakso tanpa bahan pengawet sehingga bakso wajib disimpan dalam freezer. Bakso Bonanza ini hanya bertahan 2x24 jam di suhu ruangan. Jadi kalau habis beli bakso Bonanza terus masih mau jalan-jalan lagi, masih aman lah enggak masuk freezer. Didalam freezer bakso bisa bertahan sampai 6 bulan, tapi syaratnya harus benar ya disimpan dalam freezer.

5. Kemasan dari bakso Bonanza ini terlihat elegan, padu padan antara warna putih dan emas membuatnya terlihat seperti bakso yang berkelas. Tapi memang berkelas donk bakso Bonanza ini, daging sapi yang dipakai aja 84%.

Bakso Bonanza Cocok untuk Sekeluarga

Setelah tahu apa aja keunggulan dari bakso Bonanza, jadi enggak ragu lagi menyediakannya untuk keluarga dirumah, anak-anak pun bisa ikutan makan juga. Apalagi di bulan ramadhan gini enaknya kan masak yang cepet-cepet, bakso kan mudah bisa disajikan jadi menu apa saja pasti rasanya enak. Kandungan gizi dan nutrisi didalam bakso pun bisa untuk menambah tenaga dalam menjalankan ibadah puasa.

Menu yang diajarkan Saat Cooking Class Bakso Bonanza


Ada tiga menu yang ditampilkan oleh Chef Gaby Dharmadji pada acara cooking class kemarin. Dan kesemua menunya adalah menu yang mudah dicerna untuk saya yang ilmu masaknya masih cetek ini.

Menu #1
Untuk menu pertama ada Bakso Kuah ala Rumahan, namanya juga ala rumahan maka bumbu dan bahannya pun yang selalu ada dirumah. Pas bikin ini pas masih  jam puasa melihat semangkuk bakso kuah yang asapnya mengepul-ngepul itu rasanya sesuatu deh. Berikut untuk resepnya





Resep Bakso Kuah ala Rumahan


Bahan

500 gr Tulang Sapi
3 liter Air
6 buah Kemiri, cincang halus
8 buah Bawang putih, cincang halus
3 buah Daun Bawang (bagian putihnya saja), iris tipis
8 buah Bawang Merah, iris tipis, masak hingga caramelize (agak kegosongan)
1 pack Bakso Bonanza

Cara Membuat
1. Blensir tulang sapi dengan cara merebus tulang sapi di air mendidih selama 2-3 menit saja. Angkat dan cuci kembali daging.
2. Masukkan 3 liter air ke dalam panci dan tulang sapi. Rebus sampai air panas.
3. Haluskan kemiri, bawang putih, dan daun bawang dengan blender atau chopper, tambahkan sedikit minyak agar cepat halus. Tumis sekitar 3-4 menit atau sampai harum.
4. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan ke rebusan air dan tulang sapI, sambil terus merebus.
5. Godok selama 20 menit dan masukan bakso 10 menit sebelum disajikan.
6. Beri kuah bakso garam secukupnya.

Menu #2
Menu kedua yang diajarkan oleh chef Gaby adalah bakso bakar yakitori dari namanya pasti tau donk makanan khas mana. Yup, tepat sekali yakitori ini khas negeri sakura Jepang. Sebenarnya ini memakai saus teriyaki namun chef Gaby membuatnya dengan saus teriyaki homemade bukan yang instan. Jangan baca namanya terus langsung berpikir “Ah pasti rumit resepnya” nah kalah sebelum bertempur itu sih. Resep yang diberikan chef Gaby ini mudah sekali loh ibu-ibu, nih intip aja resepnya.



Resep Bakso Bakar Yakitori

Bahan

½ cup Soy sauce (kecap asin) Kikkoman
½ cup Air
3 sdm Gula
1 buah Daun bawang, iris
Jahe parut secukupnya
¼ buah Bawang Bombay, iris
4 buah Bawang putih, cincang
½ sdm Minyak
4 lembar Daun Jeruk, buang tengah kemudian iris
1 pack Bakso Bonanza
Sayuran sesuai selera

Cara Membuat

1. Tumis bawang bombay, daun bawang dan daun jeruk selama 3 menit.
2. Masukan bawang putih, tumis sekitar 1-2 menit atau hingga harum.
3. Masukkan soy sauce Kikkoman, air, gula dan jahe. Tambahkan gula jika kurang manis.
4. Masak sekitar 6 menit hingga kuah mengental.
5. Kreasikan sate bakso Bonanza sesukamu, dan bakar sambil dilumuri saos teriyaki.

Menu #3
Lanjut menu terakhir yang dimasak dipenghujung waktu berbuka puasa. Menu ketiga untuk cooking class bersama bakso Bonanza ini adalah Bakso Goreng Crispy. Cocok banget nih buat takjil buka puasa, biasanya kan pada suka buka puasa pake goreng-gorengan. Oh iya chef Gaby enggak pakai tepung instan loh untuk bikin tepung crispynya, pakainya tepung crispy homemade campuran dari beberapa tepung. Catat yuk resepnya bu.



Resep Bakso Goreng Crispy
Bahan 1
1 butir Telur ayam
½ cup Tepung beras
½ cup Tepung terigu
½ cup Tepung kentang
2 sdt Baking soda
¾ cup Air dingin
Garam, gula, dan lada secukupnya

Bahan 2
½ cup Tepung beras
½ cup Tepung terigu
Garam, gula dan lada secukupnya

Bahan 3
1 pack Bakso BONANZA
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat

1. Campur bahan 1, aduk hingga rata.
2. Masukan bakso BONANZA ke dalam bahan 1.
3. Lalu masukan bakso ke dalam bahan 2, lumuri bakso hingga tertutup tepung.
4. Masukan kembali bakso ke dalam bahan 1 dan goreng selama 4 menit atau sampai coklat keemasan di minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya.
5. Sajikan bakso crispy ini dengan saos kesukaanmu.

Gimana mudah kan semua resepnya? Enggak perlu donk pakai bumbu instan lagi untuk masak kalau sudah dapat resep masakan yang simpel ini. Semoga bermanfaat ya bisa menjadi referensi  menu sahur dan menu berbuka puasa nanti.

Trial Resep dari Chef Gaby

Tadi sore saya nyobain bikin bakso goreng crispy pakai bakso Bonanza. Resepnya pakai punya chef Gaby, namun bedanya saya skip tepung beras dan tepung kentang tapi saya ganti dengan tepung maizena. Perbandingan tepungnya 2 tepung terigu : 1 tepung maizena. Rasanya tetap crispy juga, anak-anak yang enggak puasa nyolong start buat nyobain dan mereka suka alhasil pas buka puasa tinggal dikit deh hihihi.




Saya senang sekali bisa menghadiri acara cooking class ini. Selain dapat menambah kumpulan resep, saya juga dapat bertambah ilmu memasaknya karena chef Gaby juga memberikan beberapa tips dasar dalam memasak. Mau tau apa saja tipsnya, simak yuk.

1. Sebelum mengaluskan bumbu masakan, sebaiknya cincang halus bahan terlebih dahulu. Ini bermaksud agar lebih cepat halus.

2. Untuk menghaluskan pakai minyak bukan air, tidak perlu takut akan berminyak sesuaikan saja pemakaian minyaknya.

3. Gunakan daun bawang bagian bawah putihnya karena aromanya akan lebih berasa, kalau daun hijaunya bagusnya untuk hiasan seperti taburan.

4. Untuk bikin kuah kaldu sebaiknya daging atau tulang di blensir, yaitu direbus terlebih dahulu sebentar saja hanya untuk membuang kotorannya. Agar kuah kaldu lebih bersih.

5. Menggodok daging atau tulang untuk kaldu lebih lama, maka akan menghasilkan kaldu yang lebih kental dan nikmat. Memasukkan daging dan tulang yang sudah diblensir juga sebaiknya dari awal api dinyalakan, jadi bukan saat air mendidih.

6. Memasukan garam pada masakan sebaiknya selalu dilakukan pada akhir proses memasak karena untuk menghindari keasinan.

Semoga bermanfaat juga ya tips dari chef Gaby ini. Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap semangat memasak ya ibu-ibu. Jangan lupa colek pak suami minta dibelikan bakso Bonanza untuk stock dirumah karena bakso Bonanza berasa banget dagingnya.

Dimana Bakso Bonanza bisa didapatkan?

Bakso Bonanza ini bisa didapatkan dihatimu di Farmers Market, Ranch Market, Papaya, Grand Lucky dan beberapa Supermarket lainnya. Semoga di Bandung bisa segera ada, biar saya juga bisa nyetock kalau pulang kerumah, enggak kwatir kalau belinya bakso Bonanza karena emang aman dikonsomsi.

Bagaimana dengan Harganya?

Harganya 85,000 kemasan 500 gr isinya sekitar 30 buah bakso. Mahal kah? Standar sih menurut saya karena berasa banget dagingnya. Harga daging sapi juga sudah mahal kan jaman now, jadi harga segitu sesuai dengan kualitasnya malah harusnya terbilang murah jika dilihat dari kualitasnya.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan di cek ke:

www.bonanza-beef.co.id
Instagram @bonanzabeef.id
fb.me/bonanzabeef.id



CatatanRia.com

40 comments:

  1. Salah fokus sma menu2 makannya haha. Lhatnya siang2 gni lg. Di Riau sudah adakah bakso ini mbk? Soalnya kayanya nmanya masih blum familiar. Btw makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. di riau sepertinya belum ada mba, masih banyak di jakarta dan sekitarnya

      Delete
  2. Bakso goreng crispy enak ya mba 😍 gampang itu buatnya.. revolusi bakso baru juga nih biar ngehits ky indomie donat 😂😂
    Menu yang bakar ala jepang juga kayanya enak hihi.. aku juga suka bakso bonanza, selain enak rasanya emng daging sapi banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya enakan bakso bonanza ini mba daripada indomie donat hihihi

      Delete
  3. Bakssoo makanan favorit akuu ini 😄😄😄 jd pengen mbaak sama bakso bakarnya yg menggugah selera 😄 praktis dan jelas terjamin mutunya ya mbak bakso bonanza 🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. borong mas bakso bonanzanya, bikin bakso bakar deh

      Delete
  4. Aku udah lama banget nih gak ngebaso, liat postingan ini jadi ngilerrr... Hehe. Aku nunggu juga nih di Bandung, mudah-mudahan cepet ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Bandung juga ya mba rumahnya? Iya mudah2an bisa segera ada, tapi katanya coba cek di papaya bandung mba

      Delete
  5. Oh oh, ini bakso bonanza yang enak itu yaa.. Iya ini asli bgt dagingnya. Hihi..
    Idenya kreatif ya, menunya juga gampang dipraktekin dirumah, Apalagi basrengnya cocok buat cemilan bocah.. 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. bocah mah gak nolak ya mba dikasih bakso hehehe

      Delete
  6. Disini udh ada blm ya mbk. Pengen beliiii trs bikin2 bakso sendiri deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba dimana? Kebanyakan masih dijakarta dan sekitarnya mba

      Delete
  7. Iya bener mba. Baksonya enak. Aq udah nyobain di rumah hihihi. Semoga baksonya segera tetsebar di seluruh wilayah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudah2an di Bandung bisa segera ada

      Delete
  8. Hayuk, screenshoot semha resepnya hahahha. Kebetulan semua family ak suka bakso. Biasanya bikin sendiri tapi bulan ramadhan ini kadang waktu sempit ya jadi susah kalo semua serba bikin. Boleh nih dicoba beli bakso bonanza juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba yang praktis aja pake bakso bonanza, enak deh dijamin

      Delete
  9. Memang enak ini bakso Bonanza. Berasa baget dagingnya. Aku pernah nyobain bakso bakarnya, campur saos dan kecap aja udah nikmat.

    ReplyDelete
  10. Whuii meski bakso instan tapi ingredientsnya sehat ya, tanpa pengwer dan borax dan yang terpenting halal. Jadi pengen coba juga bakso Bonanza, apalagi bentar lagi si mbak mudik lebaran.

    ReplyDelete
  11. Wihi..untung baca artikelnya pas udah buka puasa, hahaha. Mau ah resep yang nomor 3 mbak, gampang nih buatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha BW pas jam puasa banyak godaan ya mba, jadi mending pas buka puasa

      Delete
  12. Seru acaranya ya mba
    Ada nyoba masak dan buka bersama
    Sy blm familiar dgn mereknya
    Tp penasaran banget
    Ntar coba cari di supermarket.. Moga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bakso bonanza masih baru mba, baru bulan kemarin launchingnya

      Delete
  13. Wah ini bakso enak banget, kerasa dagingnya. Makasih ya resepnya, ntr bisa dicontek :D
    Moga2 abis ini Bonanza bisa hadir di supermarket di Bogor jg jd bisa sering2 beli hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Bogor belum masuk juga ya Mba, mudah2an segera ada yaaa

      Delete
  14. Wah bakso bonanza bisa dikreasikan macam-macam ya. Variannya apa saja mba?

    ReplyDelete
  15. Ya ampun penampakan bakso bakarnya menggoda sekali, baca siang-siang gini bikin yang baca salah fokus ke foto hehe

    Standar sih untuk harganya, sebanding dengan kualitas baksonya yang memang menggunakan bakso asli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba harganya sebanding dengan kualitasnya

      Delete
  16. Wah semua menu resep masakan baksonya enak2 semua, jadi mau eksekusi didapur ,bakso bonanza juga favorit dikeluarga ku

    ReplyDelete
  17. Seru banget ini cooking demonya bisa nyontek nih beberapa kreasi dengan bakso Bonanza yang super enak itu. Dan bakso Bonanza adalah kesukaan keluargaku juga dirumah, rasanya enak banget makanya pada jadi minta beli.

    ReplyDelete
  18. Menggoda sekali semuanya, aku contoh ya kak resep bakso kuahnya. Kebetulan lagi pengen banget nih ngebakso.

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah menggoda semua menunyaa. Honestly aku baru denger merk satu ini, patut dicoba krn kandungannya hampir 100% daging asli+halal pula :)

    ReplyDelete
  20. Kayaknya aku mau coba bakso krispi nanti dirumah. Kebetulan anak ku doyan banget sama bakso. Belum pernah coba bakso bonzana sih, tapi sering liat di frezer supermarket. Nanti aku comot ah kalo belanja

    ReplyDelete
  21. Suka deh sama Bakso Bonanza, rasa dagingnya lebih terasa dan pastinya nyaman konsumsi karena sudah berlabel halal

    ReplyDelete
  22. Saya ga suka masak. Tpi paling gak, pake bonanza cepet bikin baksonya ❤❤❤

    ReplyDelete
  23. Jadi pengen bikin bakso bakar yakitoriii hehehe biar kaya di resto Jepang ala ala tapi lebih hemat dirumah hihi

    ReplyDelete
  24. Kalau bakso bonanza saya udah gak perlu khawatir lagi buat camilan kluarga, selain enak bakso bonanza aman. Itu yg membuat saya pengen lagi dan lagi

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V