6/7/18

7 Alasan Dibalik Kesuksesan Brand Ternama Nike

Sepatu Nike siapa sih yang tidak mengenal brand ternama satu ini? Bagi Kamu yang suka melakukan olaraga pasti tau donk ya. Dibalik koleksi-koleksinya yang memang inovatif dan mencuri perhatian, nama Nike akan semakin besar berkat para millennial shoppers. Menurut laporan Morgan Stanley, pakaian dan sepatu atletik diatur untuk mengungguli industri selama lima tahun kedepan. Brand asal Beaverton, Oregon, United States ini memang sangat baik dalam banyak hal, merek ini memproduksi sepatu yang berkualitas, menyediakan peralatan untuk banyak tim atletik profesional, mereka juga mengeluarkan banyak variasi barang dari ujung kepala sampai ujung kaki.


Pemasaran yang dilakukan brand ini memang benar unggul dan visioner, bahkan saya menulis artikel ini mengenakan sepatu dengan logo Nike pada kaki saya. Sebagian besar dari Kamu paling tidak memiliki satu produk Nike juga, bukan?

Jadi bagaimana sih cara Nike mencapai puncak dunia olahraga dan menjadi perusahaan besar? Nike mendominasi industri peralatan olahraga karena strategi branding mereka yang brilian. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Nike tak terhentikan:

1 Asosiasi dengan nama-nama besar
Sepatu apa yang dibuat Michael Jordan yang sangat populer? Sebagian besar orang tahu jawabannya adalah Air Jordan, yang dijual seharga ratusan dolar dan ribuan orang yang rela mengantre untuk membelinya. Tapi tahukah Anda bahwa Air Jordan dimiliki oleh Nike? Perusahaan membuat lifetime contract pada tahun 1984 dengan Michael Jordan. Selain pemain basket terbesar sepanjang masa, Nike juga membuat kesepakatan dengan Tiger Woods (pegolf terhebat di generasinya), Derek Jeter (face of baseball sejak tahun 2000). Layaknya Michael Jordan yang dikontrak seumur hidup oleh Nike, Cristiano Ronaldo (salah satu atlet sepak bola paling terkenal di dunia) dan LeBron James (pemain basket profesional asal Amerika) juga mendapat kontrak serupa dari brand ini. Perusahaan selalu memastikan mengunci "next big thing" lebih awal, ahli waris Woods sebagai pegolf terbaik dunia, Rory McIlroy, menandatangani perjanjian sponsor 10 tahun, 200 juta USD atau sekitarRp 2.8 triliun pada tahun 2013.

2. Para anak muda sudah lebih fokus pada kebugaran dan kesehatan
Jumlah orang yang berpartisipasi dalam menjalankan running events telah tumbuh rata-rata 9% setiap tahun sejak 2005, dilansir dari Morgan Stanley. Data juga menunjukkan bahwa kaum millennials percaya olahraga penting untuk kesehatan, sementara orang tua mereka hanya fokus pada diet saja. Dengan meningkatnya aktivitas, menyebabkan peningkatan belanja pakaian dan sepatu atletik menurut para analis. Mereka juga menambahkan bahwa alas kaki dan pakaian olahraga lebih dari sekedar fashion trend.

3. Memahami cara meninggalkan kesan
Banyak perusahaan mapan memiliki kampanye iklan yang agak segan dan lebih memilih untukmengandalkan sejarah kesuksesan mereka. Tapi tidak dengan Nike, perusahaan ini terus-menerus mengutak-atik, berinovasi dan mendorong timnya untuk membuat kampanye yang akan dibicarakan orang-orang baik untuk saat ini, maupun masa depan.

4. Semakin banyak persaingan untuk produk yang lebih baik
Nike menghadapi persaingan dari perusahaan seperti Under Armour, New Balance, Adidas dan produk mendunia lainnya. Perlombaan telah menyebabkan serbuan inovasi dan produk yang tidak dapat ditolak oleh konsumen. Sebagai contoh, sepatu Nike Flyknit yang telah sangat sukses. Bahan dari Flyknit yang ringan, nyaman, minimalis, seperti kaus kaki dan menggunakan rajutan otomatis berteknologi tinggi mampu mendatangkan kesuksesan untuk perusahaan ini.

5. Orang-orang suka dengan rasa nyaman yang dihadirkan apparel dan sport shoes
Popularitas celana yoga dan sepatu kets sering disebut sebagai tren mode, analis Morgan Stanley percaya bahwa pembeli terpaku pada kenyamanan dan kualitas bahan. Para analis juga percaya bahwa pembeliakan terus memilih jenis pakaian seperti ini daripada denim. Ini menjadi pertanda baik bagi Nike, yang terus mengembangkan produk-produk mereka baik untuk pria maupun wanita. Ketika tren ini berlanjut, perusahaan dapat terus mengeruk untung.

6. Pesan dari brand yang konsisten terus menerus
Jangan pura-pura tidak tahu slogan dari Nike, yaitu "Just Do It," yang sudah ada selama hampir 30 tahun, sementara logo Nike "swoosh" telah hadirl ebih lama dari itu. Terlepas dari fakta bahwa co-founder dan chairman Nike, Phil Knight mengaku bahwa dia tidak menyukai swoosh pada awalnya, namun ia tetap bertahan dengan logo tersebut. Sekarang logo Nike adalah salah satu logo yang paling mudah dikenali di dunia.

7. Penawaran produk yang bervariasi
Brand ini memiliki banyak opsi produk yang sudah terarah dan mempunyai konsumen tersendiri. Mulai dari Nike running and sneakers, basketball, Jordan Brand, football, men’s and women’s  training, action sports, golf, baseball, cricket, lacrosse, tennis, volleyball, wrestling, walking dan outdoor activities lainnya. Nike juga mendesain produk untuk anak-anak, serta mengeluarkan produk aksesoris seperti kacamata, kaus kaki, tas, beragam bola olahraga, jam tangan, sarung tangan, peralatan pelindung, tongkat golf dan peralatan lain yang dirancang untuk kegiatan olahraga, bahkan hingga perangkat digital seperti Nike Training Club dan Nike+ Apps diluncurkan Nike demi menunjang seluruh kebutuhan konsumen.


Misi yang mereka bentuk adalah dengan membawa inspirasi dan inovasi untuk seluruh atlet, karena jika Kamu memiliki tubuh bagus, maka Kamu adalah atlet. Brand ini juga mendorong karyawan mereka untuk berinovasi dan mengeksplorasi cara-cara baru yang lebih baik untuk memenuhi misi akan mereka capai. Dari sisi strategi, yang mereka lakukan adalah dengan mendominasi pasar bukan hanya sepatu atletik, namun barang lainnya di cabang olahraga yang berbeda, ini adalah bagian penting yang perusahaan lakukan.

Tak lupa Nike sangat fokus pada konsumen, menurut Mark Palmer selaku CEO Nike, alasan mereka begitu sukses di setiap pasar adalah mereka memenuhi segala kebutuhan atlet di setiap olahraga atau bahkan sesuai yang atlet coba lakukan. Perusahaan ini menanamkan para peneliti dalam tim olahraga untuk mengamati apa yang atlet coba capai, apa yang mereka butuhkan dan mengidentifikasi produk-produk tertentu dapat gagal bagi konsumen mencapai tujuan tersebut. Wow, keren ya! Gak heran dong kalau brand ini begitu mendunia.

Ayo, temukan koleksi terbaru produk Nike di Indonesia melalui situs belanja online seperti Zalora, Blibli, Bobobobo, Berrybenka, Vipplaza dll. Jadikan sepatu Nike yang menemani Kamu saat hari raya ini.




CatatanRia.com

3 comments:

  1. Pasar untuk nike memang mengarah ke anak muda ya. Kualitas sepatu nike juga bagus, awet dan tahan lama.

    ReplyDelete
  2. Saya kalau cari sepatu juga prefer ke merek nike dari dulu.

    ReplyDelete
  3. Aku dan suami pemakai produk nike dan satunya lagi juga hehehe... kualitas sepatunya bagus dan tahan lama, jadi sepatu pilihan kita deh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V