5/30/18

4 Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Mampir di Banyuwangi

Pengen liburan ke Bali tapi harga tiket pesawat mahal? Jangan sedih dulu ya, Bali masih bisa dicapai dengan jalur darat juga koq. Memang sih waktu tempuhnya menjadi lebih lama, ditambah lagi perjalanan darat butuh stamina yang kuat dan tahan banting. Tapi, perjalanan kamu menyusuri kota-kota yang kamu lalui sebelum menyeberang melalui pelabuhan Ketapang - Banyuwangi, bisa menjadi petualangan tersendiri.


Dari berbagai kota di Pulau Jawa akses menuju Bali dengan kendaraan pribadi sudah cukup baik, banyak juga Perusahaan Otobus yang melayani trayek menuju Pulau Dewata. Naik bus sebenarnya sih lebih fleksibel ketimbang pesawat kalau mau kemana-mana. Tiket bus juga mudah didapatkan, enggak harus mengantri lagi karena bisa order online via aplikasi Traveloka, mudah dan praktis!

Tahukah? Kota terakhir yang akan kamu lewati sebelum sampai ke Bali adalah... Banyuwangi. Tetangga Bali ini juga punya banyak destinasi yang menarik minat wisatawan lokal, bahkan beberapa tempat populernya duluan di kalangan bule, baru deh orang Indonesia kepincut ke sana.

Buat kamu pecinta perjalanan jalur darat mungkin bisa mempertimbangkan naik bus dari kota kamu ke Banyuwangi. Selama disini kamu bisa keliling tempat-tempat cantik berikut ini, kalau sudah puas kamu baru lanjutkan perjalanan. 

Melihat Blue Fire Kawah Ijen

foto : medium.com

Gunung Ijen merupakan pesona alam yang selalu ngehits di kalangan wisatawan muda. Salah satu yang dikejar adalah penampakan fenomena alam api biru, atau Blue Fire yang terlihat terang menyinari malam di sekitar kawah Ijen. Blue Fire sendiri muncul karena adanya reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Hasilnya adalah jilatan-jilatan api berwarna biru, yang membuat gelapnya kawasan kawah Gunung Ijen jadi lebih mengagumkan.

Kawah Ijen wajib banget dikunjungi saat kamu mampir di Banyuwangi. Meski terletak agak jauh dari pusat kota dan lebih dekat ke Bondowoso, kamu bisa tetap datang karena indahnya tempat ini bisa dibilang berbeda sepanjang waktu. Subuh kamu bisa lihat Blue Fire dan taburan bintang di langit, pagi hari menyambut sunrise yang cantik dan keindahan kawah dengan air tosca yang tampak jelas di siang hari. 

Taman Nasional Baluran
foto : balurannationalpark.web.id
Bersafari di padang rumput nan luas nggak harus pergi ke Afrika. Indonesia juga punya, yaitu di Taman Nasional Baluran yang berlokasi di utara Kota Banyuwangi. Taman Nasional ini merupakan rumah bagi hewan-hewan yang dilindungi, seperti banteng, rusa, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melintasi evergreen, jalanan yang mirip lorong hijau karena dedaunan yang melindungi sisi jalan. 

Pantai Bangsring
foto : mongabay.co.id
Pengen snorkeling di dasar lautan yang teduh? Jangan buang kesempatan selama berada di Banyuwangi untuk mengunjungi Pantai Bangsring. Sebuah pantai yang terletak di Wongsorejo. Kawasan perairan di pantai ini sangat terjaga keasriannya dan memang dikelola untuk pariwisata bahari.

De Djawatan
 
foto : opsinews.com
Buat kamu para pecinta selfie, bikin rame akun sosmed kamu dengan mejeng di hutan De Djawatan. Sebuah tempat yang bakal membuatmu merasa seperti berada di hutan dengan pohon-pohon Trembesi yang dipenuhi Benalu, bak pepohonan dalam film-film fiksi Hollywood.

Banyuwangi itu banyak pesonanya, kamu tidak akan menyesal bisa mapir di sini. Perjalanan ke Bali bisa kamu lanjutkan dengan membeli tiket bus dari Traveloka, Informasi armada Bus lengkap dan titik berangkat kamu di Banyuwangi juga jelas. Bila suka makan, disela-sela waktu mampir kamu di banyuwangi, sempatkan untuk mencoba ragam kuliner eksotis Banyuwangi yang identik dengan pedas dan memiliki keunikan yang tidak kamu jumpai di tempat lain.

Ayo segera rencanakan liburan kalian, sebentar lagi kan mau cuti bersama panjang.


CatatanRia.com

3 comments:

  1. Note dulu ah, siapa tahu punya kesempatan ke sini. :D

    ReplyDelete
  2. Pingin ke gunung ijennya sama pantai. Hehe.

    ReplyDelete
  3. aku pernah ke bali jalur darat, melewati banyuwangi ini.. tapiiii, krn waktu itu msh keci, jd belum kepikir pgn singgah dulu, eksplor banyuwangi.. skr nyesel krn ga inget samasekali kotanya gimana :).. bagus2 yaa, dan yg aku dgr makanan di sana juga enak2 mba

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V