5/17/18

Bulan Puasa Telah Tiba, Saanya Melakukan 3 Hal Ini Dalam Menyambut Bulan Puasa

Hari pertama puasa sudah terlewati Alhadulillah. Masih panjang perjalanan menuju hari raya, ya iya lah baru juga start masa udah mikirin finish. Puasa tahun ini berbeda dengan biasanya, tahun ini puasa saya berjauhan dengan suami. Saya tahun ini memilih untuk berpuasa bersama orang tua di Tangerang, lagi kangen aja juga sih sama suasana kampung halaman.


Dalam menyambut bulan puasa tahun ini sebenarnya masih sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya, cuma bedanya kalau puasa tahun ini masaknya barengan sama Mama.  Biasanya kan masak sendiri kadang bareng sama suami kalau dia lagi rajin.

Nah, apa saja sih yang saya siapkan dalam menyambut bulan puasa tahun ini :
 
1. Mengumpulkan resep masakan
Memasak sudah menjadi hobi saya, nah pas momen bulan puasa gini saatnya saya mengasah lagi kemampuan memasak saya. Saya mengumpulkan resep masakan bukan hanya untuk koleksi loh, saya mengumpulkan resep untuk variasi menu sahur dan menu buka puasa. Karena dengan menu yang baru membuat sahur dan buka puasa jadi tidak membosankan. Bahkan saya bisa jadi tambah semangat berpuasa.

2. Bikin janji buka puasa bersama
Mumpung lagi pulang kampung, saya jadi punya kesempatan ketemuan sama teman-teman lama. Reuni sambil buka puasa bareng pasti bakalan seru, disbanding kumpul-kumpul di hari biasa. Sudah lama juga sih saya enggak ketemu sama teman-teman, karena saya jarang berpuasa di Tangerang biasanya di Bandung terus. Pulang ke Tangerang paling pas hari lebarannya, jadi jarang ngerasain momen buka puasa bareng teman.

3. Mengenalkan bulan puasa ke anak
Usia Babang Iyas sudah 4 tahun, saya merasa sudah saatnya Babang mengenal bulan puasa itu apa sih. Mulai lah saya dari sebelum puasa merancang kira-kira apa saja yang bakal saya ajarkan ke Babang dalam mengenalkan bulan puasa. Mengajarkan aja koq pake dirancang? Iya donk Babang kan anaknya spesial, dia masih kurang dalam fokus dan juga dalam hal berbicara masih kurang sehingga harus ada trik untuk bisa membuat Iyas memahami bulan puasa. Oh iya, disini saya hanya mengenalkan ya, belum menyuruhnya untuk berpuasa juga. Belum saatnya untuk Babang berpuasa, semoga saja setelah tahu dan mengenal arti puasa dia jadi tergerak untuk mau mencoba berpuasa, Aamiin.


Selain 3 hal diatas, tentunya yang paling disiapkan dalam menyambut bulan puasa ramadhan adalah “Bertekad Mengumpulkan Pahala”. Kan mumpung dibulan baik, kebaikan dan ibadah yang kita lakukan akan dibalas dengan pahala yang berlipat. Siapa yang enggak mau? Kalau saya sih mau  bangettt.

Bulan puasa tahun ini bermakna sekali untuk saya, selain harus jauh dari suami. Hari pertama puasa ini Bapak saya harus masuk rumah sakit untuk menjalankan operasi pengangkatan batu empedu besoknya. Semoga operasi besok dapat berjalan dengan lancar, dan Bapak bisa kembali sehat seperti sedia kala, Aamiin. Minta doanya juga ya teman-teman.

Sebenarnya saya juga baru tahu Bapak akan operasi itu ya pas saya sampai di Tangerang. Mungkin ini sudah kontak batin antara anak dan orang tua. Ya memang sih hati orang tua dan anak walaupun sudah terpisah jarak tetap selalu terasa dekat *cieee apa sih.

Eh iya, kemarin juga saya mendapatkan sambutan bulan ramadhan yang sangat mengejutkan. Ternyata ada tetangga saya yang teroris, dan kemarin ditangkap densus 88. Alhamdulillah deh kalau mereka sudah tertangkap dari sebelum bulan puasa, sehingga warga Tangerang bisa berpuasa dengan tenang *walau hati tak tenang.

Gimana dengan kalian, apa saja yang kalian siapkan dalam menyambut bulan ramadhan?




CatatanRia.com

5 comments:

  1. Sekarang saya udah gak pernah bikin janji buat buka bersama sama teman-teman. Karena kesibukan ngurus anak, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mumpung lagi mudik lama disini, biasanya juga gak pernah bikin janji soalnya kan merantau hehe

      Delete
  2. Aku banget nih mbak ngumpulin daftar menu masakan plus resep nya. Yang terkadang malah ga semua dipake gara2 rasa males dan akhirnya beli jadi hihihi. Masya Allah pasti masih degdegan ya mbak klo ada tetangga yang terrorist gt. Hati2 selalu kita semua ya.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih Mba, iya sama juga sih Mba harapan selalu berbeda dengan realita :D

      Delete
  3. Biasanya bikin janji bukber pra alumni mbx. Hee

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V