3/3/18

Cegah Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-Cran Saja

Lebaran sebentar lagi…

Sebentar? Enggak salah tuh? Hahaha iya sih masih beberapa bulan lagi lebaran mah, tapi saya mah berasanya sebentar lagi karena waktu selalu berjalan dengan cepatnya. Kalau sudah tiba hari lebaran maka identik akan mudik, saya paling suka mudik karena bisa berkumpul bersama keluarga tersayang. Yah, mungkin beginilah nasib perantau, enggak bisa sering-sering ketemu keluarga karena terpisah akan jarak dan berat di ongkos.


Baca juga : Lebaran Saatnya Mudik ke Kampung Halaman

Ngomongin mudik, saya jadi ingat waktu masih single suka mudik bareng orang tua mengunjungi Mbah Putri di kampung. Perjalanan yang kami tempuh untuk bisa ke rumah Mbah Putri lumayan jauh, perjalanan Jakarta-Klaten bisa sampai kira-kira 8 jam dengan kereta bisnis. Kalau pakai kereta ekonomi malah pernah sampai 10 jam lebih perjalanan, capek dan lelah pastinya.

Saya sendiri sih enggak masalah naik kereta ekonomi pada saat itu, cuma saya kurang suka dengan suasana yang padat penumpang dan tukang dagang yang non stop lalu lalang menjajakan dagangannya. Saat itu jumlah penumpang lebih banyak dari kursi yang disediakan, sehingga banyak yang duduk dibawah, ditangga keluar, bahkan ditoilet.

Duduk ditoilet?

Bukan ditoiletnya sih tapi didepan pintu toilet, dan menjadi masalah besar bagi saya. Saya kan jadi risih saat akan buang air kecil. Karena risih akan ketoilet dan enggak nyaman dengan toilet yang kotor dan susah air akhirnya saat itu saya memilih untuk menahan buang air kecil sampai ditujuan.



Bisa gitu nahan buang air kecil?

Bisa sih, tapi enggak enak banget rasanya huhuhu. Begitu sampai distasiun saya langsung pergi ke toilet, dan setelah buang air kecil bukannya rasa lega yang saya dapat tapi malah jadi anyang-anyangan. Serba salah banget rasanya ingin buang air kecil namun hanya sedikit dan terasa panas, yang pasti mengganggu sekali rasanya.

Setelah kejadian itu saya jadi kapok deh nahan buang air kecil dalam waktu lama. Dan kapok juga sih naik kereta ekonomi. Eh tapi denger-denger sih kereta ekonomi jaman now mah sudah lebih nyaman, entahlah saya sudah lama sekali enggak pulang kampung ke Klaten.

Sekarang saya kalau ada rasa ingin buang air kecil langsung buru-buru ke toilet, karena takut kena anyang-anyangan lagi. Eh tapi saya pilih-pilih juga sih toiletnya, kalau kotor biasanya saya skip dan cari toilet lain. Namun jika terpaksa karena sudah enggak ketahan dan enggak ada pilihan lain ya sudah lah, kotor pun tidak apa-apa. Saya sih suka bawa tisu basah, jadi kalau WC duduk saya lap dulu pinggiran WCnya dengan tisu basah ya biar lebih bersih lah dari sebelumnya. Bukan karena jijik sih tapi WC kotor bisa menyebabkan kita terkena infeksi saluran kemih loh.

Apakah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih sama?



Anyang-anyangan itu keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus. Banyak yang bilang anyang-anyangan itu infeksi saluran kemih, sebenarnya bisa dibilang iya tapi bisa dibilang bukan juga. Jadi gini, infeksi saluran kemih itu bisa ditandai dengan anyang-anyangan. Namun anyang-anyangan belum tentu infeksi saluran kemih. Untuk mengetahuinya lebih akan lebih baik jika melakukan test urine.

Siapa saja sih yang beresiko terkena anyang-anyangan?


Banyak, hampir setiap orang beresiko tapi kebanyakan adalah kaum wanita. Wanita tidak hanya rentan terkena sakit hati tapi juga rentan terkena infeksi saluran kemih juga loh. Menurut survey bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih. Diantaranya Ibu hamil dan wanita yang aktif. Selain itu anak-anak pun bisa juga loh terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Nah, tugas kita nih sebagai Ibu menjaga diri sendiri dan anak-anak dari anyang-anyangan. Cara mencegah anyang-anyangan ya dengan mengetahui penyebab dari anyang-anyangan, kenali gejala dari anyang-anyangan dan cara mengatasi anyang-anyangan.

Ketahui penyebab anyang-anyangan


Apa saja sih penyebab dari anyang-anyangan? Untuk mencegah terkena anyang-anyangan memang sebaiknya kita mengetahui penyebabnya agar kita bisa lebih berhati-hati. Berikut beberapa penyebab anyang-anyangan :

1. Bakteri E-Colli
Bakteri E-Colli salah satu penyebab anyang-anyangan yang paling sering ditemui. Bakteri yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan kita terkena anyang-anyangan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan untuk menghindari si bakteri E-Colli ini.

2. Diabetes
Penderita diabetes mellitus biasanya akan mengalami anyang-anyangan karena reaksi dari penyakit tersebut. Penderita akan merasakan rasa ingin buang air kecil terus menerus, namun urin yang dikeluarkan hanya sedikit saja. Anyang-anyangan tidak hanya dialami penderita diabetes saja, bagi penderita asam urat dan darah tinggi pun bisa terkena anyang-anyangan.

3. Dehidrasi
Dehidrasi ini bisa juga menjadi penyebab anyang-anyangan loh. Ketika kita sedang dehidrasi kekurangan cairan maka urin pun hanya sedikit saja yang keluar sehingga membuat kita akan sulit berkemih dan rentan terkena anyang-anyangan.

4. Kehamilan
Pengalaman 3 x hamil pasti deh selalu beser sering buang air kecil, rasanya sampai bosan masuk kamar mandi lagi eh masuk kamar mandi lagi. Apalagi kalau sudah masuk trimester 3 saat kandungan sudah mulai membesar maka akan semakin menekan kantung kemih, keingian buang air kecil semakin bertambah. Dan ini membuat wanita hamil rentan terkena anyang-anyagan.

5. Alat KB
Alat KB bisa bikin anyang-anyangan? Yup bisa. Biasanya alat KB yang spiral terkadang efeknya bisa bikin wanita ingin buang air kecil terus menerus sehingga bisa terkena anyang-anyangan juga. Ada baiknya selalu rutin kontrol alat KB, biar aman terkendali.


Kenali gejala anyang-anyangan

Jika sudah tau penyebabnya ada baiknya kenalin juga gejala dari anyang-anyangan, sehingga jika terkena anyang-anyangan bisa segera diobati sebelum semakin parah. Gejala anyang-anyangan yang umum adalah keinginan buang air kecil terus menerus dan  volume urine yang keluar sedikit, pada wanita biasa terasa nyeri panggul, kalau pada pria biasa terasa nyeri dibagian anus, sakit buang air kecil terasa perih, urine berbau menyengat dan pekat warnanya atau kadang mengandung darah, akan merasa lemah dan enggak enak badan, dan terkadang juga akan merasa demam.

Nah saat kita sudah mengetahui penyebab sakit saat buang air kecil atau anyang-anyangan dan mengenali gejalanya, maka saatnya kita mencari cara mencegah anyang-anyagan.

Mencari cara mencegah anyang-anyangan

Cara mencegah anyang-anyangan sebenarnya mudah saja, asal ada kemauan dan kesadaran dari kitanya saja. Kan percuma sudah tau bahaya dan tidak enaknya anyang-anyangan eh gaya hidup masih tidak sehat.

Mau tau caranya apa saja? Lakukan 3 langkah sederhana ini untuk mencegah anyang-anyangan

1. Minumlah air putih yang banyak, dalam sehari 2-3 liter minum air putih. Inget ya air putih loh bukan air teh, susu atau kopi. Karena air putih bisa membantu menetralisir bakteri yang ada dalam tubuh kita.

2. Selalu menjaga kebersihan tubuh terutama bagian organ intim dan juga kebersihan rumah terutama kamar mandi. Kebersihan pangkal dari kesehatan, eh benar enggak ya kalimatnya hehe.

3. Untuk kalian wanita yang sudah menikah alangkah baiknya setelah berhubungan biasakan untuk selalu buang air kecil. Cara ini bisa membantu mengeluarkan bakteri dalam tubuh, sehingga dapat mencegah bakteri E-colli berkembang biak dan menyebabkan anyang-anyangan.

Gimana mudah saja kan? Sulit? Itu sih berarti kamu belum ada kemauan untuk melakukan pencegahan ini. Kan seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan.

Selain dengan cara diatas, ada juga cara lainnya untuk mencegah kita terkena anyang-anyangan. Mau tau? Caranya dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran bisa mengatasi susah buang air kecil. Sudah pada kenal kan sama suplemen makanan satu ini? Kalau belum saya kasih tau deh. Jadi Prive Uri-cran itu sebuah suplemen makanan yang mengandung extrak cranberry dan dapat mencegah anyang-anyangan.



Kamu sudah kenal donk dengan si buah merah menggoda cranberry? Dibalik warnanya yang menggoda buah cranberry ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh loh salah satunya ya ini bisa mencegah terkena anyang-anyangan.

Kandungan dari cranberry ini baik untuk tubuh loh, cranberry mengandung vitamin C seperti yang kita ketahui vitamin C ini bagus untuk daya tahan tubuh, lalu juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker, selain dapat mencegah kanker kandungan antioksidan juga dapat mencegah tumbuhnya bakteri dalam tubuh. Antioksidan membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga kita bisa terhidar dari anyang-anyangan.

Minum jus cranberry setiap hari akan membawa efek baik untuk tubuh kita. Namun sayangnya buah cranberry ini sulit ditemui disini, jujur saja saya sendiri belum pernah lihat buah cranberry selain di TV atau halaman internet hehehe. Kalau buah strawberry dan blueberry mah sering lihat, apalagi di daerah Lembang Bandung banyak yang menjualnya.

Yah kalau susah ditemui gimana bisa minum jus cranberry?

Tenang saja, sekarang mah sudah jaman milenial kan yang menawarkan segala kemudahan. Sebagai pengganti cranberry kalian bisa mengkonsumsi Prive Uri-Cran. Seperti yang saya tulis sebelumnya Prive Uri-Cran ini mengandung extrak cranberry.


Mudah sekali membuatnya, kamu hanya perlu menyeduh 1 sachet Prive Uri-Cran dengan air dingin enggak usah air hangat enggak apa-apa lalu aduk rata dan minum deh. Mau sehat enggak susah kan? Tidak usah kwatir juga Prive Uri-Cran ini aman karena sudah terdaftar di BPOM, jadi bukan suplemen illegal ya.



Saya sih enggak mau lagi deh terkenan anyang-anyangan, rasanya enggak enak banget. Jadi sekarang mah lebih baik minum Prive Uri-Cran saja, minum air putih yang banyak dan menjaga kebersihan. Eh iya sama enggak nahan-nahan buang air kecil lagi.


Yuk cegah anyang-anyangan dengan minum Prive Uri-Cran 1-2 sachet sehari, biar kita terbebas dari anyang-anyangan.


CatatanRia.com

5 comments:

  1. Aku juga nih sering nahan buang air kecil, padahal gak bagus lho yaa. Bikin anyang-anyangan, jadi sakit deh kalau buat buang air kecil.

    ReplyDelete
  2. Menjaga kebersihan organ intim dan minum air putih yang cukup itu yang bikin aku jadi mencegah dari anyang-anyangan, mba

    ReplyDelete
  3. Pengalaman kita hampir sama ya.
    Paling tersiksa kalau BAK/BAB toilet tidak higienis pas mudik.
    Jadinya, ya, sengaja minum sedikit dan menahan pipis.

    Serba salah, eui.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal ya mbak. Anyang-anyangan itu memang menyebalkan ya mbak. Prive Uri-Cran ini cocok lah mbak untuk mencegah anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  5. oh ternyata WC kotor bisa menyebabkan kita terkena infeksi saluran kemih. manta uri-cran, sprtinya segar tuh .. nice info kak

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V