2/24/18

Para Ibu, Tahukah 4 Peralatan yang Perlu di Beli Saat Awal MPASI?

Bagi para mama muda awal MPASI bisa bikin nervous dan kalap mata. Nervous karena dihantui ini anak mau makan atau enggak ya, apalagi kalau buka grup MPASI banyak mamah-mamah yang mengeluhkan kalau anaknya susah sekali makannya wah makin nervous deh. Lalu kalap mata, nah ini juga yang saya alami saat pertama kali Babang Iyas MPASI, maklum baru pertama kali nyiapin MPASI jadi pengennya beliin ini itu. Eh tapi saya sih untungnya dikasih kesadaran hahaha jadi hanya sekedar lapar mata, lihat-lihat tapi enggak beli.


Beda cerita saat anak kedua, saya lebih santai. Enggak beli apa-apa untuk persiapan MPASI, manfaatin turunan dari Babang Iyas saja. Saya juga enggak takut si Adek mau makan atau tidak, dan mendapati kenyataan kalau si Adek Tayo ternyata susah banget makannya hiks sedih. Sebenarnya bukan susah makan sih, Tayo ini memang unik dia hanya mau makan kalau dia mau makan, dan pemilih makanan kalau enggak suka ya enggak dimakan.

Lalu peralatan apa saja yang saya siapkan saat awal MPASI?


Sebenarnya dalam menyiapkan peralatan MPASI tidak perlu terlalu banyak, yang sekiranya perlu dipakai saja. Pengalaman juga sih ada beberapa peralatan MPASI yang jarang atau tidak dipakai sama sekali. Dan ini ada beberapa peralatan MPASI yang perlu dibeli untuk awal MPASI versi saya :

1. Tempat makan bayi
Kenapa saya bilang wajib? Karena bayi pertama makan itu suka heboh dan kepo. Jadi kadang itu tangannya enggak bisa diem mau megang mangkuk atau sendok, sehingga bahaya pakai mangkuk pecah belah saat kasih makan bayi. Yang perlu diperhatikan dalam mencari tempat makan bayi, cari yang sudah BPA free sehingga aman untuk bayi.

2. Tempat duduk bayi
Mengenalkan konsep duduk saat makan, lebih baik dari awal MPASI agar nanti besar akan terbiasa makan duduk. Untuk tempat duduk kalian bisa pakai high chair, kereta bayi ataupun bouncer. High chair tidak wajib ya bisa pakai yang lain. Seperti membeli kereta bayi untuk tempat duduk saat akan memberi makan bayi, kereta bayi selain dipakai untuk jalan-jalan bisa juga untuk pengganti high chair. Dulu sebelum pakai high chair saya lebih sering memakai kereta bayi daripada bouncer, karena mudah dipindahkan tinggal dorong aja.

3. Panci
Ada dua panci yang saya siapkan untuk MPASI, panci rebusan untuk merebus atau bikin bubur dan panci kukusan untuk mengukus. Keduanya ukurannya kecil cukup untuk memasak makanan bayi. Sebenarnya dirumah juga ada sih tapi kan dipakai untuk memasak, nanti butuh waktu lama kalau harus bergantian pakainya. Kecuali kalau kalian memiliki banyak dirumah ya sudah manfaatkan yang ada.

4. Celemek Makan Bayi
Celemek makan bayi ini juga wajib dibeli loh untuk awal MPASI. Karena pada awal MPASI bayi belum bisa makan rapi, masih belepotan dan bisa mengotori baju bayi. Untuk celemek bayi ada banyak jenisnya sih ya, mulai yang bahan kain, handuk, plasti, ada yang perekat dan ada juga yang tali. Kalau saya lebih suka yang pakai tali karena kalau perekat anak-anak saya bisa menariknya. Tidak perlu terlalu banyak sih secukupnya saja, karena biasanya seiring bertambahnya usia bayi suka menolak memakai celemek bayi.

Baca juga peralatan MPASI lainnya : Perlengkapan MPASI

Itulah beberapa peralatan bayi yang wajib perlu dibeli saat awal MPASI, tapi ingatnya perlu bukan wajib. Manfaatkan barang yang sudah ada jika ingin berhemat, kan hemat pangkal kaya hahaha Aamiin.

Beli peralatan MPASI bayi enaknya dimana ya?


Dimana saja boleh asal murah hahaha. Saya sih suka membandingkan harga toko online dan toko offline, yang paling murah nah itu yang saya pilih. Untuk tempat makan bayi dan panci sih saya memilih offline saja, murah-murah dipasar. Untuk kereta bayi, saya lebih suka toko online harganya suka jauh lebih murah dari baby shop. Untuk celemek bayi sebenarnya di baby shop offline juga banyak, tapi celemek makan bayi di toko online lebih bervariasi model dan motifnya.

Salah satu toko online yang sering saya kepoin dan check out ya di tokopedia. Enak belanja disana saya merasa aman, dan suka banyak promo menguntungkannya juga.

Kalau kalian bagaimana sukanya beli peralatan MPASI dimana?

Semangat MPASI yah Mom




CatatanRia.com

7 comments:

  1. Waktu zaman anak pertama, saya nyewa booster seat & high chair... Kayanya skrg anak kedua jg mau gitu aja... Pake kereta bayi takut kotor hihi...

    ReplyDelete
  2. ingat masa2 anak masih kecil euy, rindu ngasih makan

    ReplyDelete
  3. nah aku galau beli ga yah nanti buat anakku yang kedua ini kursi makan bayi mba wkwkwk kereta bayi juga sama bikin galau antara beli atau pinjem :)

    ReplyDelete
  4. 2minggu lagi Adek MPASI nih Mbak, saya jg mulai nervous lagi. Semoga Adek doyan makan, jgn kayak Kakak dulu yg susahnya diajak makan, walau sekarang udh mulai makan sih, Alhamdulillah.

    Masih fikir beli HC nih Mbak, moga fee nya cepat cair, heheheh. Celemek udah ada dong, kemarin beli teether, sekalian deh ama celemek juga hehehh

    ReplyDelete
  5. Aku dulu gak pernag beli kursi khusus untuk makan anakku sih. Tapi gak tahu nantinya beli gak yah buak debay? Hehe.

    ReplyDelete
  6. Aku seringnya kalau ngasih makan anak sambil digendong, jadi yang penting celemek, hehe.

    ReplyDelete
  7. Aku juga kalau beli peralatan di mana aja, asalkan murah dan bagus, hehehe.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V