1/28/18

Sekar Kedhaton, Kuliner Berkelas di Bangunan Historis

Ngomongin kuliner di Indonesia wah pasti enggak ada habisnya deh dibahas, karena memang ada banyak sekali kuliner khas Indonesia yang tersebar diberbagai pulau di Indonesia. Mulai dari kuliner jadul yang terjaga sampai saat ini, sampai kuliner kekinian macam cake artis itu. Sampai setua ini saya saja belum semua kuliner terkenal di Indonesia saya cobain, ya iya lah dah jarang keluar kandang juga saya hehehe alias jarang jalan-jalan keluar kota.

Jarang jalan-jalan bukan berarti belum pernah sama sekali loh saya pergi keluar kota, kebetulan orang tua saya asli orang jawa tengah. Jadi kalau kayak ke Purbalingga, Purwokerto, Yogyakarta dan Klaten mah pernah lah saya kunjungin. Kalau urusan kuliner saya sukanya makanan-makanan yang ada di Yogyakarta. Salah satu makanan yang saya sukai yaitu lumpia khas Yogya. Loh koq lumpia khas Yogya? Bukannya itu khas kota Semarang?

Lumpia Khas Yogya
Lumpia memang bukanlah makanan khas Jogja, ia berasal dari Tionghoa yang kemudian berproses menjadi makanan khas Semarang. Namun restoran Sekar Kedhaton di Kotagede, Yogyakarta, berhasil memodifikasinya hingga bercita rasa Jogja. Lumpia itu diberi nama Lumpia Gudeg. Isinya bukan rebung melainkan gudeg, daging ayam dan irisan telur bebek. Rasanya dijamin mantap beda dari lumpia biasanya.
Pic from web Sekar Kedhaton


Sekar Kedhaton
Lokasi Sekar Kedhaton terletak di Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Restoran dengan pangsa pasar kelas atas ini menempati bangunan 2 lantai yang bernilai historis. Gedungnya dibangun pada tahun 1800an dengan gaya arsitektur campuran Jawa, Portugis, dan Cina. Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta hanya perlu sekitar 20 menit berkendara dari kota Yogyakarta ke Kotagede. Dari stasiun atau bandara kita bisa menyewa mobil secara online di Omocars. Tidak perlu menunggu lama mobil akan diantar dan kita bisa langsung menuju Sekar Kedhaton.

Pic from web Sekar Kedhaton

Bangunan Sekar Kedhaton dulunya adalah milik saudagar terkaya di Kotagede. Lantai 1 sekarang digunakan sebagai restoran, dan lantai 2 sebagai lounge tempat bersantai. Sekar Kedhaton berada di kompleks Anshor Silver, salah satu showroom kerajinan perak terkeren di Kotagede.

Menu di Sekar Kedhaton
Selain Lumpia Gudeg, menu andalan lainnya adalah Tumis Sapi, yaitu potongan-potongan dadu daging sapi yang dimasak tumis. Lalu ada Iga Brongkos, iga sapi yang dibakar, dan Ayam Goreng Pandan yang tak kalah lezatnya. Membayangkannya saja sudah bikin air liur saya meleleh rasanya. Selain menyediakan menu Indonesia, Sekar Kedhaton juga menyediakan menu Asia dan Barat. Pengunjungnya sendiri kebanyakan adalah orang mancanegara.

Daya Tarik Sekar Kedhaton
Daya tarik Sekar Kedhaton lainnya adalah pertunjukan kesenian yang secara berkala diadakan di halaman restoran. Pengunjung bisa menyaksikan tarian tradisional Jawa, balet Ramayana, dan alunan gamelan yang merdu. Jadi menguntungkan sekali untuk kita jika kesana bisa menikmati makanan sambil menikmati pertunjukan juga, makin betah deh berlama-lama makannya disana.

Sekar Kedhaton mempunyai cabang di daerah Mungkid, Magelang. Restoran kedua ini berupa bangunan joglo yang terletak di tengah persawahan. Di restoran ini, di jam makan siang ada pertunjukan wayang kulit yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Waktu makan jadi lebih menyenangkan sambil disuguhkan pertunjukan wayang kulit.

Ada yang sudah pernah kah mampir ke Sekar Kedhaton? Belum pernah kah? Cobain deh mampir kalau sedang berkunjung ke kota Yogyakarta. Cobain sensasi lezatnya lumpia gudeg dan menu lezat lainnya yang tersedia di Sekar Khedhaton.




CatatanRia.com

7 comments:

  1. Seru dong kalau datang di jam makan siang, sekalian nonton wayang kulit :D

    ReplyDelete
  2. Aku ngiler gudhegnya nih, jadi pingin mampir ke sini :D

    ReplyDelete
  3. menurut aku sekar kedhaton ini harganya agak overpriced walaupun memang makanannya enak. mengingat tempat makan lain di jogja pada murah2 dan enak juga.

    ReplyDelete
  4. Jadi penasaran sama lumpia khas jogja. Soalnya saya suka lumpia dan biasa makan lumpia khas semarang yang isinya rebung itu :D

    ReplyDelete
  5. Pernah sekali ke sekar kedhaton, makan malam dihalamannya, beratap langit yang dipenuhi bintang.

    ReplyDelete
  6. Sesuatu yang baru nih isi lumpianya. Disesuaikan dengan tempatnya dibuat. Bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah ke sana. Seperti apa ya rasanya lumpia gudheg :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V