12/20/17

Buat Kare Kepiting Makin Praktis Pakai Sasa Santan Kelapa

Siapa yang tidak suka hidangan Kepiting? Olahan seafood selalu menjadi menu yang disukai banyak orang, terutama sajian kepiting. Rasanya yang gurih plus manisnya daging kepinting, tentu akan membuat siapa saja tergoda. Sayangnya, selama ini kepiting lebih banyak disajikan dengan olahan pedas manis. Namun tahukah anda, jika kepiting juga bisa dimasak dengan santan?

Beberapa bahan kunci kelezatan kare kepiting


Olahan kepiting dengan santan yang bisa dicoba adalah kari kepiting. Tekstur daging kepiting yang lembut dan sedikit manis bisa dipadukan dengan santan yang memiliki cita rasa gurih dan kaya. Hanya saja, masakan yang yang satu ini tergolong masakan mahal. Jadi jangan terlalu sering ya. Lagi pula, kepiting juga mengandung banyak protein. Jadi buat kalian yang alergi sama makanan tinggi protein, sebaiknya jangan coba-coba. Atau kalau tidak, anda bisa gatal-gatal. 

Resep dan Cara Masak Kare Kepiting
Nah buat kamu yang tertarik untuk memasak kari kuah kepiting. Caranya sangat mudah kog. Berikut ini adalah cara memasak Kare Kepiting. Resep ini dapat digunakan untuk porsi penyajian 4 orang.
Pertama, kamu harus menyiapkan Bahan Kare Kepiting yang terdiri dari:
 
• 2 ekor kepiting berukuran sedang, cuci hingga bersih, ingat cara membersihkan kepiting itu tidak perlu di belah bagian dalamnya ya. Lalu 1 batang serai yang memarkan, caranya cukup kamu pukul-pukul saja. lalu 2 lembar daun jeruk dan 1 lembar daun salam serta 2 sendok makan minyak sayur untuk menumis bumbu.
• 750 ml Sasa Santan Kelapa atau bisa juga santan yang langsung kamu peras dari kelapa. Hanya saja, lebih enak pakai Sasa Santan Kelapa, sebab lebih praktis dan mudah. lagi pula Sasa Santan Kelapa ini juga dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Apalagi dari segi aroma dan rasa, punya aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. Ia juga tanpa pengawet. Sehingga bisa dipastikan cocok untuk segala masakan, makanan dan minuman. 

Pic from cookpad

Bumbu Halus Kare Kepiting yang terdiri dari:
•    4 buah cabai merah
•    3 butir bawang merah
•    2 siung bawang putih
•    2 butir kemiri
•    1 cm kunyit
•    ½ sendok teh merica butiran
•    ½ sendok teh ketumbar
•    ½ cm lengkuas
•    ½ cm jahe
•    ¼ sendok teh jintan
•    2 sendok garam
•    1 sendok teh terasi
•    1 sendok teh asam Jawa
 
Cara membuat Kare Kepiting:
1. Bersihkan kepiting kemudian potong menjadi 2 bagian. Buang bagian ujung kaki kepiting yang runcing.
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga aromanya harum bersama daun salam, daun jeruk, dan serai.
3. Tuangkan Sasa Santan Kelapa, kemudian biarkan hingga olahan mendidih.
4. Masukkan kepiting yang sudah dibersihkan dan dipotong tadi, rebus hingga matang agar bumbu meresap dengan sempurna pada daging kepiting.
5. Olahan siap untuk diangkat,
6. Sajikan selagi masakan masih hangat.
 
Tips agar daging kepiting tetap segar:
1.  Untuk mendapatkan daging kepiting yang segar, belilah kepiting yg masih hidup dan segar. Didihkan air, kemudian siram kepiting dengan air mendidih tersebut. Cara ini digunakan untuk mematikan kepiting. Lalu sikat kulit kepiting sampai bersih.
2. Didihkan air kembali, masukkan kepiting yg tadinya disiram air ke dalam air yang mendidih. Rebus selama 5-7 menit.
3. Ketika santanya sudah dimasukkan, jangan terlalu lama lagi memasaknya. Sebab itu akan menghilangkan kandungan baik dalam santan.

Gimana mudahkan membuatnya? Jangan dibayangkan pasti kebayang sulit, tapi kalau langsung dipraktekan mudah koq. Untuk masakan bersantan saya suka memakai santan sasa selain cita rasa santannya yang gurih dan alami, lebih praktis dan menghemat waktu memasak juga. Maklum saja setiap memasak saya harus berpacu dengan waktu, mumpung anak-anak sedang anteng saya memasak dan harus cepat selesai sebelum mereka mulai rewel. Nah, untung ada santan sasa, memasak masakan bersantan sekarang mah enggak akan lama harus memeras kelapa lagi.

Nah, untuk kalian yang kalau memasak harus berpacu waktu juga dan dengan tidak mengurangi cita rasa santan alami cobain deh Sasa Santan, Aslinya santan. Selamat memasak ya jangan lupa memasak dengan cinta.



CatatanRia

9 comments:

  1. aduh, sedap sekali kelihatannya, segar buat teman makan siang di siang hari :)

    ReplyDelete
  2. Wah yummy banget mbak. Aku kalau masak yg bersantan juga lebih milih santan kemasan dari Sasa, biasalah gak mau ribet marut kelapa hehehe

    ReplyDelete
  3. Saya suka sekali makan kepiting, belum pernah dimasak kare. Biasanya saya rebus saja dengan bumbu kuning atau saus asam manis. Makasih mba resepnya, kapan-kapan nyoba dimasak kare.

    ReplyDelete
  4. aku kiram mah matiin kepiting tuh di pukul pukul hehehe.. ternyata cukup disiram sama air mendidih.. kayaknya gampang nih

    ReplyDelete
  5. Krn kampung ku di daerah pesisir, seafood seperti kepiting banyak bgt tersedia.. Tp memang biasanya di asapin, ato di masak lada hitam. Blm prnh nih di gulai.. Kalopun kuah, biasa di sop bening.. Jd penasaran mau coba kalo digulai mba :D

    ReplyDelete
  6. Klo udah jadi sup sih saya makan Mbak. Tp klo masih ada dgn cangkangnya yaaa nyerah deh, apalagi sekarang msh ada behel ini, rempong bok :D

    ReplyDelete
  7. Kepiting, Hmmm... walopun bikin kolesterol tapi aku ga bisa nahan ama masakan satu ini...

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V