11/28/17

4 Olahraga Paling Cepat Membakar Lemak Untuk Kamu yang Sedang Diet

Olahraga adalah cara alami dan praktis dalam mengurangi lemak ditubuh, selain itu olahraga juga membantu sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari olahraga terutama untuk kamu yang sedang menjalani diet. Kurangnya berolahraga dan sulit mengontrol pola makan yang baik adalah salah satu penyebab utama kenaikan berat badan serta obesitas.


Nah tujuan utama diet adalah melatih pola hidup sehat sekaligus menurunkan berat badan agar sesuai dengan usia kita. Namun untuk menjalani diet bukan hanya mengurangi porsi makan saja akan tetapi kamu juga perlu berolahraga untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Meskipun semua olahraga baik untuk kesehatan bukan berarti kamu harus mencobanya semua. Nah,  bagi kamu yang masih ngotot ingin langsing tanpa lemak ditubuh sebaiknya lakukan beberapa olahraga berikut ini.

1. Lompat Tali
Jika kamu mencari olahraga yang bisa membakar lemak di perut maupun di seluruh tubuh dalam waktu singkat kamu bisa mencoba olahraga lompat tali. Latihan ini tak hanya melatih olah pernasan saja tetapi juga ampuh dalam menurunkan berat badan bahkan menurut perhitungan para ahli lompat tali dapat membakar 750 kalori khususnya untuk wanita, sedangkan untuk pria dapat membakar 850 kalori jika olahraga ini dilakukan selama satu jam. Jumlah ini tentu saja lebih banyak dibandingkan dengan olahraga lari dengan waktu yang sama.

Caranya: kamu bisa melakukan lompat tali selama 10 menit pertama untuk pemanasan, awalan ini juga dianggap setara dengan melakukan jogging selama 8 menit setiap milnya. Selanjutnya lakukan kembali gerakan ayunan tali ke belakang hingga 30 kali ulangan dan beristirahat 30 detik, lakukan secara berulang sesuai waktu yang kamu inginkan.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal terutama pada bagian perut cobalah melompat dengan posisi tegap tanpa menekuk lutut atau kaki. Namun jika hal ini dirasa sulit tak ada salahnya kamu mencoba cara seperti biasanya.

2. Berenang
Olahraga renang juga bisa kamu coba untuk membantu memangkas kalori jahat dalam tubuh karena renang tak hanya sebagai olahraga peninggi badan saja. Meskipun tak banyak mengeluarkan keringat, namun olahraga berenang dapat membakar hingga 720 kalori untuk wanita, sedangkan untuk pria 840 kalori jika dilakukan dalam waktu satu jam berenang.

Caranya: Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa berenang dengan gaya punggung, gaya dada, maupun gaya bebas. Bagi pemula kamu juga bisa mencobanya dengan waktu seminggu 2 kali sudah cukup dan jika sudah terlatih kamu bisa meningkatkan frekuensi aktivitas renang sebayak yang kamu mampu asalkan tetap jaga kondisi tubuh.

3. Bersepeda
Olahraga selanjutnya yang bisa kamu coba adalah bersepeda. Olahraga ini tak hanya menyenangkan ketika dilakukan di tengah – tengah alam terbuka yang indah dan menyegarkan tetapi juga baik dalam menurunkan lemak dalam tubuh, karena dengan bersepeda kamu bisa memangkas 850 – 1000 kalori hanya dengan waktu satu jam saja.

Caranya: dengan bersepeda timbunan lemak di tubuh dapat bakar lewat proses oksidasi sehingga menimbulkan energi. Beban ayunan sepeda juga menjadi faktor utama yang menentukan proses pembakaran lemak dan seberapa jauh jarak tempuh. Khusus untuk pemula kamu bisa bersepeda selama setengah jam dengan waktu tersebut jumlah kalori yang bisa kamu bakar setara dengan berjogging selama 20 menit yakni berkisar 300 kalori.

4. Lari
Olahraga yang terakhir adalah dengan berlari, selain murah dan mudah olahraga ini bisa diterapkan oleh siapapun bahkan tak perlu menggunakan alat. Berlari selama satu dapat membantu membakar kalori sebanyak 748 kalori. Olahraga lari tentu saja patut dicoba karena termasuk aman dan juga efektif, akan tetapi jangan lupa pemanasan sebelum berlari agar terhindar dari risiko cidera.

Caranya: Pastikan pemanasan lebih dulu. Kamu bisa berlari setiap pagi maupun sore tergantung waktu yang kamu punya, namun umumnya berlari di pagi hari lebih menyegarkan juga menyenangkan terlebih jika dilakukan di taman kota atau di pegunungan. Selain itu jangan lupa untuk memadukan antara berlari dengan jalan cepat karena keduanya sama - sama ampuh membakar kalori kamu bisa berjalan cepat saat dirasa sudah cukup lelah untuk berlari. Kemudian jika menurut mu perlu membawa beban untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya bawalah sesuai kemampuanmu agar kamu tidak  kelelahan di tengah - tengah jalan.


Itulah beberapa olahraga yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir lemak dalam tubuh terutama untuk kamu yang lagi diet. Olahraga tak hanya mengurangi penumpukan lemak saja tetapi juga berguna untuk peregangan otot, mengolah pernapasan juga berguna untuk membuang racun dalam tubuh. Untuk kamu yang masih kuliah, beberapa tips diet WRP ala anak kuliahan ini juga wajib kamu coba loh.




CatatanRia.com

1 comment:

  1. aku pernah lompat tali dipaksain mba alhasil besoknya ga bisa jalan krn kaku wkwkwk dan nangis seharian :D sampe ga sekolah *ini aku lakuin pas SMA :p

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V