10/12/17

Bubur Bayi Aman dan Menyehatkan ya Buatan Sendiri

Makanan pendamping ASI merupakan makanan khusus yang memang diperuntukkan bagi bayi dengan usia diatas 6 bulan. Adek Iyan sudah 6 bulan dan sudah memulai MPASI sejak akhir bulan september. Metode MPASI Adek Iyan sendiri saya memilih dengan metode BLW. Namun pada umumnya makanan pendamping ASI yang disarankan untuk diberikan kepada bayi adalah dalam bentuk makanan dengan tekstur yang lembut, sehingga mudah dicerna oleh saluran pencernaan bayi, yang memang pada usia tersebut, masih terlampau sensitif. 


Salah satu makanan pendamping ASI, yang sangat disarankan untuk diberikan kepada bayi dengan usia diatas 6 bulan adalah bubur. Tekstur lembut pada bubur inilah, yang sangat diperlukan oleh saluran pencernaan bayi, dimana tekstur lembut ini akan memudahkan saluran pencernaan bayi dalam melakukan proses absorpsi makanan. Selain itu kandungan nilai gizi yang ada pada bubur juga dapat digunakan sebagai asupan karbohidrat utama bagi bayi. 

Namun tahukah kalian Mom bahwa tidak semua bubur dapat diberikan kepada bayi, karena memang tidak terbuat dari bahan alami 100%. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi kalian nih para orang tua yang memiliki bayi dengan usia pemberian makanan pendamping ASI, untuk membuat sendiri bubur bayi sehat untuk anak-anak tersayang.

Untuk membuat bubur khusus untuk bayi usia diatas 6 bulan ke atas, ada baiknya jika membuat bubur dari berbagai bahan alami, tanpa menambahkan sedikit pun bahan-bahan yang memang mengandung bahan kimia didalamnya. Saya memang pro sekali dengan homemade namun saya juga tidak bilang juga bubur siap saji itu enggak baik dikonsumsi. Jika memang terpaksa tidak sempat membuat bubur bayi sendiri seperti saat traveling, tentu bubur siap saji diperbolehkan. Bubur siap saji ini biasanya disediakan dalam bentuk jadi, yang berupa sereal ataupun bubur biskuit, dimana dalam penyajiannya, kalian hanya perlu menambahkan sedikit air hangat. Bubur siap saji khusus untuk bayi ini, biasanya banyak disajikan oleh toko online perlengkapan bayi ataupun situs-situs belanja online yang ada. Tapi ingat bubur siap sajinya memang khusus untuk bayi sesuai usianya ya.

Meskipun bubur siap saji khusus untuk bayi sekarang sudah dapat diperoleh dengan mudah sekali, namun akan lebih disarankan jika kalian untuk dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang tentunya telah terjamin kealamiannya. Bagi kalian yang memang ingin membuat sendiri bubur bayi sendiri dengan menggunakan berbagai bahan alami, berikut ini beberapa varian bubur untuk bayi yang mungkin dapat kalian buat sendiri dirumah, yang antara lain adalah: 
  • Bubur biskuit dengan campuran buah alpukat, untuk dapat membuat varian bubur yang satu ini, kalian hanya perlu mempersiapkan 2 keping biskuit bayi (sesuai usia ya disarankan yang tanpa gula garam) dengan rasa tawar dan 75 gram daging buah alpukat. Menu bubur ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan bayi, karena kandungan vitamin A pada buah alpukat akan sangat membantu memberikan asupan gizi pada kesehatan mata dalam tumbuh kembang bayi. 
  • Bubur labu kuning dengan campuran bayam dan kaldu ayam. Untuk membuat bubur yang satu ini, kalian hanya perlu merebus potongan labu kuning dan bayam dengan menggunakan kaldu ayam alami, untuk menambah nilai protein pada bubur ini, kalian dapat menambahkan tahu pada rebusan tersebut. Tiriskan semua bahan, dan kemudian haluskan bahan bubur dengan menggunakan blender (textur sesuaikan dengan usia bayi). Menu bubur sehat ini juga dapat kalian jadikan untuk menu sarapan pagi bayi. 
  • Bubur beras merah yang dibuat dengan campuran tim ceker ayam ataupun hati ayam. Untuk membuat bubur bayi yang satu ini, kalian hanya perlu mempersiapkan beras merah, yang dimasak dengan menggunakan air kaldu ayam murni dan kemudian mencampurnya dengan menggunakan ceker ayam ataupun hati ayam yang telah di tim dan dihaluskan pada saat akan memberikannya pada bayi. Bubur dengan paduan ini banyak mengandung protein dan vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Tambahkan sayuran yang mengandung vitamin C akan lebih bagus karena dapat mempercepat penyerapan zat besi yang terkandung pada hati ayam.
Itulah beberapa varian bubur yang bisa kalian bikin dirumah, semoga bermanfaat ya. Semangat MPASI ya mom.

 

CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V