10/2/17

Air Conditioner Cepat Rusak? Cara ini Dapat Dilakukan Untuk Menghindari Hal Tersebut

Tinggal di kota besar itu ada enak dan enggak enaknya. Kalau enaknya semua serba mudah dan serba ada di kota besar mah. Nah kalau enggak enaknya, biasanya kota besar cenderung hawanya panas. Apalagi jika musim kemarau tiba, wah semakin panas saja rasanya sampai-sampai pakai kipas angin juga enggak mempan. Kalau sudah begitu memasang AC dirumah adalah solusi tepatnya, karena AC dijamin bikin sejuk. 


Memiliki AC dirumah tentu harus bisa juga merawatnya. Menjaga Agar AC tetap dalam kondisi optimal sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, AC merupakan salah satu perangkat elektronika yang sangat butuh maintenance secara berkala. Perawatan AC rumah sangat penting, setidaknya dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali. Selain itu, hal lain yang harus dilakukan diantaranya :

1. Lakukan Service Cuci AC secara Berkala
Pembersihan atau cuci AC secara berkala merupakan salah satu cara untuk merawat AC agar tetap awet. Dalam hal ini, pencucian dilakukan untuk menjaga agar filter tetap bersih. Ketika filter bersih, maka udara yang dihasilkan pun lebih dingin.

Selain itu, perawatan AC rumah ini akan menjaga suhu AC tetap dingin saat bekerja. Apabila AC tidak dicuci maka debu akan menutup filter saat mengeluarkan udara dingin. Dampaknya AC tidak bekerja secara optimal, panas, dan dapat memperpendek usia AC Anda. Waktu yang paling optimal untuk mencuci AC adalah minimal 3 bulan sekali. Tidak sulit donk kalau hanya 3 bulan sekali membersihkan AC.

2. Jangan Pernah Merokok di Ruangan Saat AC dinyalakan
Apabila kalian sedang ada di lingkungan umum dan ber AC, maka kalian pasti deh menemukan peringatan, “Ruangan ber AC, Dilarang Merokok”.Mengapa demikian? Hal ini tentu dikarenakan dapat memperpendek usia AC kalian nantinya.  Rokok mengandung zat nikotin yang dapat menempel pada benda dan merubah warna aslinya menjadi kuning.

Tak hanya merubah warna saja, tetapi juga akan menutup saringan pada filter. Hal ini akan membuat AC kaliana bekerja tidak optimal dan cepat panas. Ketika hal ini sudah terjadi, maka dibutuhkan perawatan AC rumah yang lebih itensif. Sehingga baiknya, jangan pernah merokok di ruangan ber AC. Akan lebih baik lagi kalau jangan merokok selamanya *uhuk*.

3. Gunakan Temperatur Suhu di Bawah 22 dan diatas 19 derajat
Suhu paling optimal adalah antara 22 dan 19 derajat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan AC yang dinyalakan pada kondisi suhu 24 derajat, akan mengalami masa stand by yang terlalu cepat. Dampaknya, AC mengalami kondisi hidup mati yang berpengaruh pada tagihan listrik kalian. Lalu bagaimana jika AC di set pada kondisi dibawah 19 derajat? Suhu ini pun tidak optimal, mengapa AC yang di set pada suhu 19 derajat akan mengalami masa stand by yang lebih lama dan pendinginan ruangan menjadi lebih lama. Sehingga yang paling ideal adalah set suhu dibawah 22 dan diatas 19 derajat. 
4. Tutup Pintu dan Jendela Pada Saat AC Dinyalakan
Saat AC dinyalakan, alangkah baiknya menutup pintu, jendela maupun lubang udara. Hal ini merupakan salah satu cara perawatan yang paling sederhana. Dengan menutup pintu dan jendela, maka sirkulasi udara akan berputar dan tertutup di ruangan tersebut sehingga proses pendinginan ruangan dapat lebih cepat dan waktu stand by AC dapat lebih optimal.

5. Menggunakan Stabilizer
Perawatan AC rumah tidak hanya berhubungan dengan hal hal teknis saja, memasang stabilizer pada AC juga dapat menjadi solusi agar AC lebih awet dan tahan lama. Pemasangan stabilizer pada AC akan membuat tegangan yang masuk stabil 220V. Cara ini cukup efektif untuk menghindari lonjakan listrik yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan merusak komponen elektronika.


Gimana mudahkan membuat AC kalian tetap terawat dengan baik, memang butuh usaha tapi kan hasilnya memuaskan AC menjadi dingin dan hawa panas pun menghilang.  




CatatanRia.com

5 comments:

  1. Penting banget nih buat yang punya AC. Kalau di rumahku nggak ada AC sih. :'D

    ReplyDelete
  2. Halo mbak Ria..
    Lamaaaaaaa banget ngga kesini. Masih ingat bintangair.blogspot.com. sekarang bertranformasi jadi wina azam

    ReplyDelete
  3. ouhh pakai stabilizer juga bs beriin efek ya ke barang elektronik..

    ReplyDelete
  4. Saya selalu antara 26-27 suhunya. Itu aja kadang masih pakai baju tangan panjang dna celana panjang. Kadnag malah selimutan :)

    ReplyDelete
  5. utung belum punya AC
    Salah satu pertimbangannya ya itu tuh, liat AC di berbagai tempat kok sering rusak dan sering diperbaiki

    akhirnya lebih milih punya kipas gede aja hihihi

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V