9/9/17

Serba-Serbi Arisan

Siapa yang suka ikutan arisan? Saya? Ah saya mah jarang ikutan yang namanya arisan, kalau pengen saja baru ikutan. Ingat sewaktu masih kecil paling seneng sama yang namanya arisan. Bukan karena saya ikutan arisan, tapi saya ikut Mama pergi arisan dan ditempat arisan saya bisa bermain sama teman-teman dan pastinya bisa makan enak. Kegiatan ikut si Mama arisan hanya sampai SD saja sih, selanjutnya malu akh ikutan ibu-ibu arisan.

Eh iya, sewaktu SD kalau enggak salah saya juga pernah arisan bareng teman-teman, bukan arisan dengan uang besar hanya arisan uang receh saja. Ya namanya juga anak-anak mana pernah megang uang gedean kalau bukan lebaran. Jadi waktu itu hanya untuk seru-seruan aja.

Ngomong-ngomong arisan itu apa sih? Kayaknya enggak perlu dijelasin udah pada tau donk apa itu arisan. Biasanya yang namanya arisan itu, ada beberapa orang yang mengikuti, kemudian orang itu akan membayarkan sejumlah uang sebesar ketentuan setiap bulannya, dan setiap bulannya akan dikocok untuk mendapatkan nama yang akan mendapatkan uang yang sudah dikumpulkan. Terkadang ada juga yang dari awal dimulai arisan sudah dikocok, jadi dari awal sudah ditentukan setiap bulannya siapa saja yang dapat. 


Arisan Bukan Hanya untuk Emak-Emak
Kalau dulu arisan identik dengan ibu-ibu, sekarang bapak-bapak juga banyak yang ikut arisan. Seperti contohnya, suami saya yang rajin ikut arisan ditempat kerjanya. Kalau kata dia sih lumayan lah buat tabungan, daripada dipakai jajan terus. Namun kenyataannya arisan ikut, eh jajan juga masih terus lanjut hmmmm. Anak sekolahan juga sekarang banyak yang mengadakan arisan, kecil-kecil sudah pada pintar ya mengatur keuangan.

Arisan ajang Kumpul-Kumpul
Arisan juga bisa menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga, tetangga dan teman-teman. Ada juga yang menjadikan arisan menjadi ajang pamer, hayu siapa nih yang suka pamer kalau sedang arisan? Ya namanya juga ibu-ibu, baru beli emas 24 karat plus berlian kinclong bawaannya pengen semua pada tau kalau dia punya hahaha. Eits saya enggak termasuk ya, dah saya mah apa atuh cuma remahan rengginang apa atuh yang mau dipamerkan selain pamer perkembangan anak.

Arisan Tidak Selalu Dapat Uang
Nah di zaman yang kekinian ini arisan bukan cuma untuk mendapatkan uang aja loh, tapi yang didapat berupa barang ataupun makanan. Seperti sekarang lagi ramai di online shop arisan buku anak atau arisan gendongan bayi atau arisan lain-lainnya. Ini menjadi trik marketing para penjual, karena dengan arisan orang jadi tidak merasa berat membelinya. Jadi seperti kredit barang, cuma bedanya setiap bulannya sudah ditentukan siapa saja yang berhak mendapatkannya. 

Arisan Tidak Hanya Pakai Uang
Kalau tadi saya menulis arisan tidak selalu mendapatkan uang, nah ada juga loh arisan tidak pakai uang sepeser pun. Terus bayarnya pakai apa toh kalau tidak pakai uang? Yups, ini mah arisan link yang diadakan KEB, jadi kita mah hanya memberi backlink dan yang kita dapat ya backlink. Ini lumayan banget untuk menambah kualitas blog. Tapi saya sendiri absen sih enggak ikutan.


Biasanya orang-orang yang ikut arisan selalu enggak mau namanya keluar dikocokan pertama, karena bulan berikutnya bete juga cuma ngebayaran aja. Dapat yang paling terakhir juga bete, bikin baper setiap bulannya. Yang enak mah dapatnya ditengah-tengah, kalau dapat diawal atau diakhir ya sudah nasib deh.

Saya sendiri saat ini hanya mengikuti satu arisan saja, arisan sama mamah-mamah kober tempat sekolah si Babang. Banyak sih tetangga sama keluarga ngajakin tapi saya senyumin saja deh hehehe entahlah belum tertarik lagipula masih ada cicilan yang harus dilunasi, kalau ikut banyak arisan nanti kreditan enggak lunas-lunas donk.

Siapa nih yang ikutan arisan lebih dari satu?



CatatanRia.com

4 comments:

  1. Aku ikut arisan uang kalo pas dapet biar bisa beli barang-barang yang diinginkan. Dan itu efektif banget lho. Jadi kayak nabung gitu. Hehehe

    ReplyDelete
  2. di sekolah ikut arisan 2 nomor
    sengaja mau nomer akhir, buat jalan2, hehe

    ReplyDelete
  3. Aku juga sering dateng ke arisan keluarga besar
    Tapi gak ikut iuran, cuma ikut makan-makannya hahahaha

    ReplyDelete
  4. Saya cuman beberapa kali ikut arisan tapi terus nggak lanjut lagi, soalnya pas acara bawaannya orang orang pada ngerumpi dan ngegosip..huhu..
    khawatir saya nya jadi ikut ngegosip juga jadi mundur deh..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V