8/4/17

Mau Sukses? Disiplin Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Dulu sebelum menikah hidup saya jauh dari kata disiplin. Yah namanya juga masih zaman labil jadi maunya bebas-bebas saja, belum merasakan manfaat dari disiplin. Jadi kalau apa-apa pasti bilangnya “Lihat saja besok”, enggak direncanakan mengalir saja seiring waktu.

Namun setelah menikah saya pun mulai terbuka pikiran tentang makna dari disiplin. Suatu hari saat saya sedang curhat dengan seseorang tentang usaha yang saya kerjakan selalu saja enggak ada yang bisa bertahan lama, lalu orang itu berkata kepada saya “Jika ingin sukses maka kamu harus disiplin dan fokus dengan apa yang kamu kerjakan.” Jlebb masuk banget ke hati saya. Mungkin orang itu melihat saya setiap melakukan apa-apa selalu suka-suka saya.


Jika mau usaha sendiri memang harus benar-benar disiplin, karena berbeda dengan kerja dikantor yang ada banyak peraturan yang harus dipatuhi sehingga karyawannya terdidik untuk disiplin mematuhi peraturan. Sedangkan kalau usaha sendiri, yang menjadi boss ya diri sendiri jika tidak membuat peraturan untuk diri sendiri, semua serba suka-suka ya hasilnya pun suka-suka suka kurang.

Alhamdulillah usaha saya membuka warung dirumah sudah bertahan dua tahun, dari sepi ke ramai lalu sepi lagi dan ramai lagi ya begitu lah terus. Yang membuat usaha kecil-kecilan saya ini bisa bertahan sampai saat ini adalah ya disiplin, jadi sebelum memulai usaha ini saya suggest diri saya sendiri untuk bisa lebih disiplin dalam menjalaninya.

Apa saja disiplin yang diperlukan dalam wira usaha?
Disiplin waktu. Memang usaha sendiri jadi bisa buka tutup kapanpun kita suka, tapi alangkah lebih baiknya usaha dibuka dan tutup setiap hari pada jam yang sama jadi pelanggan pun tahu kapan kita tutup dan kapan kita buka. Walau usaha lagi sepi tetap semangat buka, namanya juga usaha kan enggak selalu ramai kadang ada sepinya juga.

Disiplin uang. Nah biarpun usaha kecil-kecilan bagusnya ada pembukuannya juga, biar jelas keluar masuknya uang. Eh tapi saya udah jarang bikin pembukuan, saya biasanya hanya mencatat apa saja yang saya ambil diwarung dan kemudian saya bayar. Koq warung sendiri masih bayar? Ya iyalah, kalau enggak gitu nanti bisa boros ngambilan barang warung dan pas belanja bisa tekor banyak.

Mau jadi orang sukses ya disiplinin diri sendiri dulu donk *padahal yang nulis belum sukses masih ngarep*

Oh iya, tinggal sama mertua jadi bisa orang yang disiplin juga loh. Rutin bangun pagi biar enggak dibilang pemalas, rutin beberes rumah biar enggak diomelin, rutin masak biar dibilang pintar merawat suami dan anak. Nah disiplin juga bisa bikin kita sukses jadi menantu idaman hahaha.

Tulisan ini untuk #1Minggu1Cerita tema Disiplin Diri, mudah-mudahan setelah ini bisa lebih disiplin lagi setoran ke #1Minggu1Cerita *inget sering bolos*.




CatatanRia.com

7 comments:

  1. Aku juga parah banget nih mbak masalah disiplin. Maleees banget niih kalo masalah waktu. Kadang kalo weekend rencana awal mau bersih-bersih rumah lanjut nulis di blog, tapi realitanya malah tidur sampai siang. Hahaha 😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Pas banget sama kakak sy yg di Palembang buuu.. lagi baru buka warung jg. Bener itu, kudu nyatet2 cash flow. Klo ga dicatet suka keambil sendiri tau2 tekor... Hahaha. Luar biasa yg karakter disiplin ini. Sy jg msh hrs belajar bnyak

    ReplyDelete
  3. keren udah bis abikin usaha sendiri mba aku juga pengen banget bikin usaha dan fokus sementara ini aku masih kerja meski sambil usaha kadang usahanya ga membuahkan karena itu dia mba bener banget dengan kurangnya disiplin keuangan akhirnya gagal semua deh usahanya hehehe

    ReplyDelete
  4. iya mbak, harus dimulai dari diri sendiri dulu ya,

    ReplyDelete
  5. Disiplin memang langkah awal menuju ukses ya mba.

    Sya suka blog mba, udah saya follow.
    Pleas follow balik hehe Newbie

    ReplyDelete
  6. Aq tiap mertua datang ke rumah sllu bangung telat malah pas bangun mertua udah bikin teh sendiri huhuhuhu ... paling susah disiplin waktu suka telat jg klo dtg ke acara2 ;((
    Semoga bs berubah deh ya

    ReplyDelete
  7. Wah, kalau menikah seperti itu disiplinnya, apalagi yang masih belum ya. Berat-berat. Harus kuat!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V