6/9/17

Olahraga Saat Puasa, Bikin Tubuh Menjadi Bugar

Siapa yang suka berolahraga sehari-harinya? Sayaa eh tapi olahraganya kalau lagi ingat saja sih *plakk*. Saya memang enggak rutin olahraga, lebih rutin lari ngejarin si Abang Iyas. Sejak kecil saya memang tidak suka berolahraga, namun sekarang sadar usia menjaga pola makan saja tidak cukup harus ditambah berolahraga juga.

Saya sih biasanya olahraga yang ringan saja, yang bisa dilakukan dirumah. Soalnya mana ada waktu buat olahraga diluar, nanti anak-anak sama siapa dirumah. Hari biasa saja enggak rutin berolahraga apalagi di bulan puasa kayak sekarang. Eits tetep donk saya berolahraga di bulan puasa tapi tetep enggak setiap hari cuma pas lagi inget saja.


Loh enggak takut jadi haus karena capek mengeluarkan keringat banyak? Apalagi cuaca lagi panas terik banget. Ya olahraganya kan enggak disiang hari bolong dan bukan olahraga yang berat juga. Saya hanya berolahraga ringan saja, yang penting tubuh bergerak.

Berikut beberapa hal yang harus ketika kalian ingin olahraga saat puasa :

Waktu berolahraga.
Sebaiknya berolahraga jangan pada saat kita sedang berpuasa karena nanti rentan dehidrasi. Olahraga bisa dilakukan saat setelah berbuka puasa atau saat menjelang waktu berbuka. Kalau saya suka menjelang berbuka, jadi selesai olahraga langsung buka puasa deh. Olahraga saat puasa ya hitung-hitung sembari ngabuburit sebelum berbuka puasa.

Olahraga Ringan. 
Sebaiknya jangan melakukan olahraga berat saat berpuasa karena nanti akan mengeluarkan banyak keringat nanti bisa dehidrasi. Pilihlah olahraga ringan dan santai seperti jalan santai, jogging, bersepeda dan berenang.

Makan Makanan yang Bergizi. 
Saat sahur dan berbuka puasa sebaiknya memakan makanan yang bergizi seimbang dan penting ada karbohidratnya, karena karbohidrat bisa menjadi sumber energi untuk kita. Tapi harus diimbangi juga dengan sayur, buah dan makanan berprotein.

Minum yang Banyak. 
Saat sahur dan berbuka juga sebaiknya minum yang banyak, agar saat melakukan olahraga saat puasa tetap kuat.

Olahraga saat puasa itu memiliki banyak manfaatnya loh untuk kita. Nah ini nih manfaat dari olahraga saat puasa :
  1. Badan menjadi sehat dan segar sepanjang hari.
  2. Bisa membakar lemak, jadi tubuh tetap langsing deh *penting banget nih*.
  3. Bisa sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa, enggak terasa berolahraga eh tau-tau sudah azan magrib.
  4. Mengajarkan anak akan pentingnya berolahraga.

Buat kalian yang ingin menurunkan berat badan saat puasa tapi tidak berolahraga ya susah donk turunnya. Apalagi kalau puasa itu menu buka puasanya selalu menggiurkan, susah untuk tidak tergoda memakannya. Kalau enggak nahan-nahan dan enggak olahraga saat puasa ya yang ada beli baju lebarannya harus size lebih besar dari biasanya *oh nooo*.

Selain berolahraga, tidur yang cukup juga penting loh untuk kebugaran tubuh kita selama menjalankan puasa bulan ramadhan. Tidur 8 jam sehari cukup untuk tubuh kita refresh kembali. Namun sayangnya untuk yang satu ini susah sekali bagi saya, bisa tidur 5 jam saja sudah bersyukur sekali saya. Tidur siang pun hanya bisa dalam khayalan saja. Si Abang Iyas jarang tidur siang sekarang jadi saya pun enggak bisa tidur siang. Si Adek Iyan juga jarang tidur pules kalau siang, pulesnya cuma dimalam hari. Malam hari pun biasanya saya mengerjakan pekerjaan rumah yang belum selesai. Tapi enggak apa lah sudah biasa kurang tidur mah.

Jangan jadikan puasa alasan untuk tidak berolahraga ya Mak :)



CatatanRia.com

2 comments:

  1. baru tahun ini anak-anak saya tetap latihan Taekwondo di saat puasa. Awalnya mereka protes tapi lama-lama terbiasa. alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  2. Saya paling demen olahraga naik sepeda, apapun situasinya selalu asik saja. pokoknya usahakan tiap hari olahraga selama 30 menit aja biar tubuh gak kaku.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V