6/11/17

Bulan Ramadhan Waktunya Berbelanja

Memasuki bulan ramadhan biasanya nih, orang menjadi semakin rajin beribadah. Mulai dari rajin shalat 5 waktu, rajin ke masjid untuk teraweh dan rajin bersedekah. Bagus donk ya kalau jadi tambah positif, semoga sampai ramadhan berlalu ibadahnya enggak menjadi kendor.

Selain orang-orang berubah menjadi lebih baik, ada juga yang kebiasaan lain dalam bulan ramadhan yaitu orang-orang menjadi konsumtif sekali. Bisa dilihat saat sore hari dijalanan penuh dengan orang berjualan dan yang membelinya pun banyak.

Teringat dulu sewaktu masih tinggal di Tangerang suka lapar mata kalau lagi puasa ramadhan. Pergi ke pasar ramadhan membeli cemilan untuk berbuka dalam jumlah banyak, mulai dari lontong, bermacam gorengan, kue-kuean dan sop buah. Alhasil setelah berbuka puasa perut malah jadi kekenyangan, begah enggak enak saat dibawa shalat teraweh. Berbeda setelah menikah sudah jarang beli cemilan berbuka puasa, karena biar irit bikin sendiri aja dirumah atau minum teh manis dan sirup juga sudah nikmat.

Selain lapar mata dalam membeli menu berbuka puasa, saat THR sudah turun orang-orang pun banyak yang berbondong-bondong pergi ke pasar ramandhan, pasar, dan mall untuk membeli pakaian baru. Tahun lalu saya pergi ke pasar yang kebetulan banyak menjual baju murah, tapi duh enggak kuat euy panas dan sesak disana karena banyak sekali orang. Kasihan si Abang Iyas juga, untung dia enggak rewel. Padahal kalau sebelum ramadhan enggak seramai itu, masih leluasa dalam memilih baju juga. Setelah ramadhan luar biasa banyak orang yang berbelanja baju.

Saya dan suami memiliki pemikiran yang sama lebaran enggak harus membeli baju baru, kadang kami enggak beli baju baru dan memilih pakai baju lama untuk shalat Ied dan silaturahmi. Tapi setelah memiliki anak semua jadi berbeda, saya pun menjadi ikut konsumtif berbelanja baju lebaran. Ya habis gimana, saya mah hanya ingin bikin senang anak saja memakai baju baru seperti teman-temannya. Nah karena membeli baju untuk anak ke pasar, eh liat gamis lucu dikit langsung deh beli hehehe saya hanya wanita biasa lah yang enggak bisa lihat yang unyu-unyu dikit teh.

Budaya konsumtif saat bulan ramadhan ini positifnya bisa membuat para pedagang mendapatkan untung besar. Saya pun pernah berjualan baju saat ramadhan, beneran untungnya besar lumayan bisa buat beli HP baru. Namun menurut saya enggak baik juga terlalu konsumtif lapar mata dalam berbelanja, alangkah lebih baik jika berbelanja yang dirasa perlu saja tidak perlu berlebihan. Sesuatu yang berlebih itu enggak baik loh. Mumpung THR belum turun yuk mari kita list belanjaan yang kita perlu, biar nanti pas terjun ke lapangan tidak lapar mata dalam berbelanja. Oh iya hati-hati dengan angka persen yang tertera di aplikasi berbelanja loh.

#1Minggu1Cerita Tema Budaya Konsumtif

 



CatatanRia.com

1 comment:

  1. iya sih, yang paling gak bisa ngerem tuh beli makanan di saat ngabuburit lihat makana dijual bgt banyak jd kalap

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V