5/10/17

Jangan Panik, Kenali Tanda Awal akan Melahirkan

Siapa yang lagi hamil? Sayaa eh enggak deh saya mah udah lahir bayinya akhir maret kemarin. Walaupun saya sudah tiga kali melahirkan namun masih saja panik dan bingung menghadapi persalinan. Melahirkan Iyas sudah 3 tahun yang lalu, dan saya juga agak-agak lupa mules akan melahirkan seperti apa. Jadi tiap mules bawaanya deg-degan.

Di minggu terakhir kehamilan sebelum saya melahirkan, saya sempat diajarkan bidan bagaimana mules tanda melahirkan. Soalnya saat itu saya sudah mulai suka mules-mules, namun masih kontraksi palsu. Jadi kata bidan mules akan melahirkan itu rutin dan jika tali pusat dipegang keras seperti tembok. 

Memasuki usia kehamilan 38 minggu, jam setengah 3 pagi saya terbangun dari tidur. Perut saya rasanya mules saat itu, dan mulesnya enggak hilang-hilang. Hanya hilang sebentar kemudian mules lagi. Akhirnya jam 6 pagi saya dan suami ke bidan dekat rumah, menurut bidan saya sudah pembukaan 3. Saya dan suami pun segera beberes lalu pergi ke puskesmas tempat saya bersalin. 

Sesampainya disana saya langsung diobservasi bidan dan bidan bilang saya baru pembukaan 2,5. Nah loh bisa beda ya hasilnya sama bidan dekat rumah. Akhirnya bidan menyarankan saya untuk pulang kerumah terlebih dahulu karena kemungkinan masih lama bersalinnya. Bidan kwatir kalau saya menunggu disana nanti saya malah akan stress. Lumayan mak jauh jaraknya dari puskesmas kerumah saya, sepanjang jalan menahan mules. Yang saya takutkan saat itu lahiran dijalan hahahaha enggak mungkin banget tapi dasar orang hamil jadi mikirnya aneh-aneh aja.

baca juga : Melahirkan Normal Menggunakan BPJS


Selain disarankan pulang kerumah, bidan juga menjelaskan lebih detail tanda akan melahirkan. Ini dia apa aja sih tanda-tanda mendekati persalinan :

1. Keluar flek atau lendir (seperti ingus). Seminggu sebelum melahirkan saya sempat keluar lendir bening seperti keputihan namun bukan, sehari hanya keluar sekali. Seminggu kemudian keluar lah flek dan besoknya saya melahirkan.

2. Kontraksi/Perut mules. Kalau mules ini saya sudah rasakan sejak masuk minggu ke 37 kehamilan. Namun frekuensinya masih jarang. Untuk mengetahui mules akan melahirkan adalah frekuesinya ya sering, setiap 10 menit sekali dan saat sedang mulas hitung berapa detik mules berlangsung jika sudah 30 detik dan rutin maka segera ke tempat bersalin.

3. Keluar darah dari jalan lahir. Kalau sudah darah yang keluar maka segera ke tempat bersalin, biasanya sudah dekat waktu bersalin. Saya keluar darah sekitar jam 6 sore, setelah shalat magrib langsung ke puskesmas dan melahirkan jam 9 malam. 

4. Keluar air ketuban. Jika ada cairan yang keluar dari jalan lahir segera juga ke tempat bersalin, bahaya soalnya kalau menunggu lama. Alhamdulillah saya setiap melahirkan air ketuban pecah saat pembukaan lengkap, air ketuban pecah lahirlah si dedek.

Tanda-tanda melahirkan setiap wanita bisa berbeda-beda loh, ada yang tidak mengalami keluar flek langsung pembukaan. Kalau waktu hamil Abang Iyas beda-beda tipis dengan hamil adeknya, dulu setelah flek saya butuh seminggu untuk merasakan kontraksi, tapi sama-sama mules dari awal minggu ke 37.

Pernah ada yang bilang, katanya jika kehamilan sebelumnya bayi lahir prematur maka akan terjadi juga dikehamilan berikutnya, tapi jangan kwatir ini hanya mitos ya mak. Anak pertama saya lahir prematur tetapi anak kedua dan ketiga Alhamdulillah cukup bulan walau lahirnya selalu jauh lebih awal dari HPL. Pokoknya saat menjelang persalinan jangan panik tetap tenang, insyaAllah indah pada waktunya.


CatatanRia.com

5 comments:

  1. Saya malah nggak ada mules bun pas lahiran. Padhal udah keluar darah dari jalan lahir n pecah ketuban. Las periksa cma baru pmbukaan 1 trus akhirnya diinduksi. Jadi sakitnya sakit di induksi. Terus sesar deh. Smga lahiran k 2 ada mulesnya ya bun n nggak disesar lg 😃

    ReplyDelete
  2. Aku kemarin pas lahiran keluar fleknya 2 hari sebelum lahiran. Kirain bakal lama. Hihi

    ReplyDelete
  3. Nanti saya kasih tau istri. Kalau sudah punya :D

    ReplyDelete
  4. Wah kalau tempat melahirkan jauh dari rumah, iya cukup bikin panik juga ya. Apalagi kalau udah sampai ada flek ya. Moga semua ibu hamil dimudahkan proses melahirkannya. :)

    ReplyDelete
  5. Kalau saya pas lahiran kemarin ngalamin yang nomor 2 dan 4 Teh hehe tfs ya

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V