3/10/17

Mengenal Pola Makan yang Tepat untuk Pengidap Diabetes

Beberapa tahun belakangan ini, jumlah penderita diabetes semakin meningkat. Pola hidup yang kurang sehat tentunya turut menjadi pemicu yang mencetuskan penyakit ini. Tidak mengherankan, kalau permintaan akan obat diabetes semakin tinggi dari tahun ke tahun. Padahal, diabetes sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan pola makan yang tepat.
 
Jajanan diluar sangatlah menggoda iman, mulai dari tampilan dan rasa membuat yang melihatnya ingin mencicipi. Saat sudah mencicipi ternyata enak dan membuat ketagihan untuk membelinya lagi dan lagi. Nah itu yang kurang kita sadari, karena mengkonsumsi makanan lezat namun tidak sehat menjadi pemicu dari penyakit diabetes. Memang sih kegiatan membeli jajanan diluar jauh lebih praktis daripada memasak sendiri yang membutuhkan waktu dan tenaga. Tapi memasak sendiri kita dapat memilih bahan dan cara memasak yang higienis, tentunya akan menghasilkan makanan yang jauh lebih sehat.


Janganlah ragu untuk menjalani pola makan sehat secara disiplin supaya kondisi diabetes kalian semakin membaik. Selain itu, terdapat juga beragam makanan yang baik untuk obat diabetes alami yang harus dikombinasikan dengan pola makan sehat untuk penderita diabetes. Yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

Jenis Makanan Pokok yang Tepat
Makanan pokok untuk pengidap diabetes sebaiknya tidak memiliki indeks glikemik yang tinggi. Daripada mengonsumsi nasi putih atau roti dari tepung, alangkah lebih baik bila penderita diabetes menyantap nasi merah atau olahan gandum sebagai makanan pokok. Jenis makanan yang indeks glikemiknya rendah tidak akan menyebabkan kadar gula darah naik secara signifikan. Sehingga, kondisi diabetes pun tidak memburuk akibat kadar gula darah yang terus-menerus tinggi.

Porsi Makan yang Tidak Berlebihan
Walaupun sudah mengonsumsi makanan sehat, para penderita diabetes tetap bisa mengalami kenaikan kadar gula darah bila porsi makannya berlebihan. Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah untuk menetapkan porsi makan yang kecil namun lebih sering. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi rasa lapar sekaligus membuat gula darah senantiasa stabil setiap hari.

Camilan untuk Pengidap Diabetes
Para pengidap diabetes tentunya tetap boleh mengonsumsi camilan, meskipun sebaiknya sangat membatasi camilan bercita rasa manis. Sebagai gantinya, camilan yang bercita rasa tawar atau gurih alami seperti kacang rebus, telur, dan pop corn tawar bisa menjadi pilihan. Pastikan bahwa kita tidak mengonsumsi camilan secara berlebihan agar asupan kalori bagi tubuh tetap seimbang.

Jadwal Makan Secara Teratur
Sebaiknya para pengidap diabetes memiliki jadwal makan yang teratur. Sebab, jadwal makan yang tidak teratur bisa mengakibatkan perubahan kadar gula darah secara signifikan. Jadi, jadwal makan dan ngemil pengidap diabetes mesti diatur sedemikian rupa agar tidak mudah lapar dan tetap berenergi sewaktu beraktivitas.

Vonis penyakit diabetes tidak akan membuat kita jadi lemah asalkan kita disiplin menjalani pola makan sehat. Kini, saatnya mengatur kembali pola makan kita sehingga diabetes tidak semakin parah dan tidak mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya.

Saya pun sudah sejak lama ingin sekali bisa mengganti beras putih dengan beras merah, namun suami masih belum bisa suka dengan beras merah. Mudah-mudahan seiring berjalannya waktu suami bisa membiasakan diri untuk memakan beras merah yang jauh lebih sehat. Soalnya kwatir juga lihat perkembangan badan suami yang semakin hari semakin gembil. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati.

Kalau kalian bagaimana mak, sudahkah menjalankan hidup sehat? Sudah bisakan tutup mata dari jajanan tidak sehat? Pasti susah ya hihihi.




CatatanRia.com

9 comments:

  1. Hiiii emang terkadang pola makan dan asupan yang masuk ke dalam tubuh ga sadar malah membuat penyakit ya mbak, apalagi diabetes kan juga karena faktor keturunan juga. Meski harus waspada nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada jg yg faktor keturunan, jgn sampe ya mba kita warisin penyakit satu ini

      Delete
  2. Wah kasian juga yah kalau pengidap diabetes karena harus kontrol full makanan yang harus dimakan.

    Meskipun tidak mengidap diabetes, saya juga selalu menjaga pola makan utamanya untuk yang manis-manis dan asin-asin agar tak berlebih

    ReplyDelete
  3. memang ya ujung2 nya ke urusan mulut dan perut harus dijaga
    hehe
    kalo aku masih susah jaga pola makan >.<
    tapi takut banget deh kalo sampe kena dibates

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi klo hamil ya cik segala pengen dimakan :D

      Delete
  4. Eyangku kena diabetes, mba. Jadi aku harus jaga kesehatan bener :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mba, lebih menjaga daripada mengobati

      Delete
  5. Ibu Mertua diabet mba..Nah aku siap2 Pak suami sama anak2 nih. Kan persilangan ya katanya..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V