3/8/17

Dibalik Sebuah Nama Mengandung Doa dan Harapan

Gajah mati meninggalkan gading, manusia meninggal meninggalkan nama.

Ada yang pernah bilang ke saya, kalau nama adalah doa. Jadi alangkah baiknya jika memberikan nama harus yang bermakna baik. Mau nama jadul, modern, atau etnik asalkan bermakna baik untuk anak tidak masalah. Tapi kalau saya lebih memilih nama yang simpel tapi bermakna baik.

Seberapa penting sih nama dalam kehidupan, tentunya penting banget. Bikin akta lahir harus ada nama, masa iya sampai besar hidup tanpa nama atau unnamed. Dan paling bete juga kan kalau ada tepon masuk dengan tulisan no number (enggak ada nama ataupun nomor), langsung reject ajah deh.


Lalu bagaimana dengan nama saya? Nama saya ini nama yang simpel dan mudah diingat, kalau kata orang tua saya arti nama saya membawa keceriann untuk kedua orang tua saya, Alhamdulillah. Saya pribadi sih menyukai nama saya, tapi.. Eh ada tapinya. Didalam nama saya terselip nama lelaki yaitu Agus, nah ini yang bikin saya agak bete juga. Soalnya beberapa teman sekolah saya dulu, memanggil saya dengan Agus. Haduh nama saya Ria donk bukan Agus. Bahkan sampai saya punya anakpun, mereka masih memanggil saya dengan nama Agus. Bagaimana kalau anak-anak saya dengar, koq Uminya namanya cowo? Nah loh.

Berbeda cerita dengan suami saya, Almarhum bapaknya memberikan nama belakangnya Nugroho padahal dia orang sunda tulen. Kenapa bukan Nugraha (nama khas sunda) saja? Menurut beliau nama Nugroho seperti nama pejabat, dan berharap kelak suami saya bisa menjadi pejabat. Alhamdulillah keinginan beliau tercapai, suami saya tumbuh menjadi Pejabat (alias PEmuda JAwa BArat) hehehe.

Bagaimana dengan nama anak-anak saya? Anak saya yang pertama saya memberikan nama yang cantik, secantik wajahnya. Namun sayang saya hanya bisa menatapi nama cantiknya di batu nisan, dan memanggilnya dalam hati saja. Oke lanjut ke anak kedua terlalu sedih kalau mengingat putri pertama saya. Anak kedua saya namanya memakai nama Nabi, dengan harapan kelak anak saya memiliki sifat-sifat dari Nabi Aamiin. 

Bagaimana dengan nama calon anak ketiga saya? Entahlah saya masih belum menemukan nama yang klik dihati, kemarin sih pas bikin BPJS calon bayi sudah dikasih nama tapi hanya nama sementara sebagai syarat mendaftar saja. Nama yang saya sukai nama yang mengandung makna baik, doa dan harapan, lalu nama yang udah diucapkan tidak perlu senam lidah untuk mengucapkannya, nama yang tidak panjang (kasihan kalau namanya kepanjangan nanti susah kalau isi form kotaknya enggak muat).

Kalau kalian sukanya memberikan nama anak yang bagaimana? Apapun namanya yang terpenting terselip doa dan harapan orang tua ya mak.


Tulisan ini untuk meramaikan Minggu Tema Arti sebuah nama di #1Minggu1Cerita.



CatatanRia.com

24 comments:

  1. Dulu bagian kasih nama aku sih, dan nama anak-anak ini pernah aku pake dibeberapa cerpen. Jadi udah suka dari awal dan alhamdulillah mengandung makna yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cucok serasi nama anak2mu say, ziandra dan zianka bagus :D

      Delete
  2. Setuju banget mba, nama mengandung doa :) ...saya sendiri memberikan nama anak agar kelak dia bisa seperti arti namanya :)

    ReplyDelete
  3. Setuju mbaaaa, terpenting terselip doa dan harapan orang tua. :)

    ReplyDelete
  4. Iyaa selalu ada makna dalam nama. Harapannya tiap kali kita memanggil dan menyebut namanya, ada doa baik yang dipanjatkan :)

    ReplyDelete
  5. Aiihh jangan gitu atuh Mbak, kali nanti Abi beneran jadi Pejabat dalam arti sebenarnya spt harapan Alm. Bapaknya.

    Jadi penasaran nama dedek Utun nanti siapa nih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin hihihi. belum tau nih diah dadakan aja nanti kasih namanya kalau udah lahir hehe

      Delete
  6. Hai mba salam kenal ya. Aku biasanya kasih nama anak dua kata saja dan artinya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg mba ;) sama Mba nama anakku juga cuma 2 kata ajah

      Delete
  7. Namaku DIJA tante
    dari Khadijah, istri Nabi muhammad
    yang kasih nama itu adalah Ibuku

    bagus juga kan?

    ReplyDelete
  8. Turut berduka cita ya mbak hikshiks, semoga nama baik itu akan menanti orangtuanya untuk bersama di pintu syurga kelak. Aamiin.

    btw setuju banget kalau memberikan nama itu harus simple dan mudah diucapkan biar ga belibet kalau ngomong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mba febri :* hehe iya kadang kan ada nama anak yg huruf konsonannya byk kadang bingung manggilnya :D

      Delete
  9. Pentinggg nama itu :D. Aku siang malem cari nama yg bgs, unik dan panjang buat anakku demi supaya dia bisa menjadi sebaik namanya :D. Sengaja dibikin unik supaya g ada yg nyamain.. :D. Aku msh termasuk orang yg percaya nama itu doa. Jd wajib diksh dengan nama2 yg baik artinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sampai semedi siang malem tp kan ya mba hihihi. iya sih klo nama anak byk yang samain kasian jg nanti dibilang pasaran hehe

      Delete
  10. Aku yg ngasih semua nama anakku mba haha... Tapi dengan approval pak suami. Klo anak laki, baru deh dia yg kasih nama. Perjanjiannya bgitu 😂😂

    Itu cerita nama nugroho, kocak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa banget ci, aku jg kalau anak cewe sepenuhnya aku yg tentuin kalo anak cowo suami :D

      Delete
  11. Kalu nama anak saya atas campur tangan saya, istri dan mertua. Biar semua adem ikutan ngasih nama

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo aku mah gak sampe ke mertua hehehe :D

      Delete
  12. Aku kasi nama anak tiga kata, tapi yg banyak disebut dua kata yg mengandung doa, kata terakhir itu singkatan nama kakek2nya hehe

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V