3/24/17

Bayarlah Hutang Pada Waktunya

Zaman sekarang berhutang sudahlah menjadi hal yang biasa, di Indonesia enggak hanya warganya yang suka berhutang negaranya pun suka berhutang. Sekarang sudah marak dengan dunia perkreditan, segala-segala bisa dikredit sampai mau beli panci atau keripik singkong pun dikredit loh. Kredit kan sama saja dengan berhutang, karena saat kita membeli barang uang yang kita pakai bukanlah uang kita dan kita memiliki kewajiban membayar kepada pihak yang sudah membelikan kita barang.


Enggak ada yang salah dengan kredit, saya pun pernah melakukan pembelian barang dengan kredit. Waktu itu saya membeli showcase untuk diwarung, mau beli  cash sama aja nguras abis tabungan jadi akhirnya memilih untuk kredit aja biar tabungan aman. Kalau tabungan kekuras nanti kalau ada apa-apa bisa bingung sendiri sayanya. Itupun saya kreditnya ambil yang kurang dari setahun, enggak betah soalnya kalau kelamaan berhutang.

Sehari-hari hidup saya tidak jauh dari hutang. Membuka warung dirumah, ada saja konsumen yang membeli dan kasbon alias hutang. Memang enggak besar sih biasanya berhutangnya paling cuma seribu dua ribu, tapi enggak dibayar-bayar dan terus mengambil barang jadinya besar deh hutangnya. Kalau ditagih alasannya belum ada uang, tapi setiap hari jajannya ayam KeEfCe. Halah jadi curcol deh saya, gimana lagi sakitnya tuh disini hihihi.


Eh tapi saya juga sih jualan warung berhutang, tapi beda kasusnya. Diwarung beberapa orang ada yang menitip jualan sama saya mulai dari kerupuk, roti, mainan dan lain-lain. Jadi sistemnya saya hanya membayar yang lakunya saja, jadi kan sama saja saya berhutang dibayar kalau si penjual datang kewarung menukarkan dagangannya. Tapi saya selalu tertib donk membayarnya, enggak pernah telat ataupun kurang bayarnya.

Saya sih sebenarnya enggak masalah kalau ada yang berhutang diwarung, asal ya ada asalnya berhutangnya jangan banyak-banyak. Maklum saja keuntungan dari warung itu enggak seberapa banyak loh, tak jarang saya harus menutupi kekurangan uang belanja warung. Saya memberi hutang karena saya kasihan, tapi yang berhutang enggak kasihan sama saya hiks sedihnya. 

Dan ada nih pengalaman dari teman, untungnya bukan pengalaman dari saya. Jadi teman saya itu dihutangin sama temannya, dan kalau temannya ditagih selalu saja ada alasannya untuk menunda bayar. Yang paling bikin teman saya kesal lagi, yang ditagih lebih galak dari yang nagih. Belum lagi yang ditagih selalu update di sosial media foto-foto dia lagi jalan-jalan dan kulineran. Wah jangan sampai deh saya bertemu orang yang seperti itu, bisa kurus nanti saya makan hati.

Ealah masih keterusan curcolnya, mungkin efek mendekati HPL jadi bawaannya sensitif hehehe. Ya intinya sih berhutang boleh saja asal selalu ingat kapan waktu membayarnya, kalau enggak nanti rumahnya didatangi kolektor galak deh hiii serem kan.

Tulisan hutang ini untuk membayar hutang saya pada #1Minggu1Cerita minggu ini.




CatatanRia.com

10 comments:

  1. Saya kalau ngutang pun kadang lupa. Makanya selalu bilang sama orang itu, tolong diingatkan ya. Biasanya sih ngutang sama adik sepupu aja, kalau di rumah lagi nggak ada uang cash :D

    ReplyDelete
  2. aduh daku jadi ingat hutang hutang. kapan ya bisa dibayarnya

    ReplyDelete
  3. Hahaha hutang sudah membudaya ya mbak, sampai tulisan pun jadi hutang wkwkkw. Aku juga pernah lupa ga setor padahal udah nulis, soalnya kebiasaan setornya selalu hari minggu. Jadi pas padat aktfitas lupa deh. Btw buanyakkk mbak yang suka ninggalin utang tapi tetep pamer foto jjs nya. Idihhh ga malu gitu ya, yang ngutangin aja kesel

    ReplyDelete
  4. Jadi inget dengan kalimat, bayarlah hutangmu sebelum show off di socmed... hahaha

    ReplyDelete
  5. duh aku masih punya hutang tulisan juga :) makasih diingetin

    ReplyDelete
  6. "yang ditagih lebih galak dari yg nagih" betuuul.. kadang akhirnya yang nagih pun jadi takut untuk nagih hutangnya ke si yg berhutang.. dan yg berhutang pun pura-pura lupa
    saya pun sekarang mikir mikir lagi deh untuk dipinjam uangnya dan juga meminjam uang ke orang lain..

    ReplyDelete
  7. Ibu selalu ngajarin jangan berhutang...Mending ditabung dulu baru kita beli barang yg diinginkan :D mbaaa ... Ah udah lahiran legaaaa. Semangat yaa mbaaa

    ReplyDelete
  8. Hutang piutang memang bikin serba salah ya..
    Ngutang ke orang bikin kita resah, ngutangin orang kdg bikin kesel.

    ReplyDelete
  9. Inspirasinya dari hutang setoran ya? :D

    ReplyDelete
  10. iya mbakk duh nyebelin banget emang orang yang jajannya kfc tp gakbayar2 utang padahal gak banyak :/

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V