1/14/17

3 Hal yang Harus dilakukan Saat Makan di Kondangan

Sudah weekend lagi aja nih ya, biasanya kalau weekend gini suka banyak kondangan. Ngomongin kondangan ada enaknya juga, kalau sudah ada jadwal kondangan berarti saya libur masak *yeayy*. Pergi kondangannya pas jam makan siang, jadi makan siang gratis deh. Lalu makan malamnya? Bikin telor dadar aja atau bikin nasi goreng, simple dan praktis. Beruntung saya memiliki anak dan suami yang enggak pernah pilah-pillih makanan, jadi dibikinin apa aja juga dimakan sama mereka.



Yang saya bahas disini bukan makan gratisnya sih hehehe. Setiap kali saya pergi kondangan baik digedung ataupun dirumah, saya selalu miris melihat sisa makanan yang terbuang dengan percuma. Entahlah dalam hati saya, koq merasa sayang ya makanan dibuang-buang seperti itu. Jika diingat lagi masih banyak saudara-saudara kita yang kelaparan karena sulit mencari makan, lah ini makanan dihambur-hambur dibuang percuma.

Inilah 3 hal yang bisa kalian lakukan saat akan makan di kondangan

Ambilah makanan secara bijak
Yang saya maksud disini, jika kalian pergi kondangan saat akan mengambil makanan ambilah sesuai kebutuhan kalian. Jangan kalap karena melihat hidangan yang banyak dan lezat lalu semua diambil, padahal perut masih kenyang. Kan nanti hasilnya malah jadi mubazir makanannya bersisa dan terbuang. Saya suka miris sekali melihat banyak sekali piring yang masih penuh makanan tergeletak dilantai ditinggal yang makan, kalau memang tidak mau memakannya kan tidak usah diambil sebanyak itu.

Sharing makanan dengan partner
Jika datang ke sebuah acara kondangan, dan tersedia begitu banyak makanan lezat lalu kalian tergiur untuk mencicipinya. Coba deh makannya sharing sama partner kondangan kita, jadi makan sepiring berdua gitu. Saya dan mama saya sering melakukannya, kami kadang makan sepiring berdua biar enggak terlalu kenyang dan bisa mencicipi semua makanan yang tersedia.

Tentukan jam datang kondangan
Jika ingin mencicipi banyak makanan saat akan kondangan, kalau bisa tentukan waktu datang ke kondangan saat jam-jam makan, misal saat jam makan siang jadi kan perut dalam keadaan lapar dan bisa menyantap makanan yang tersedia. Tapi ingat tetap sesuai kebutuhan jangan lapar mata.



Saya pun mengajarkan Iyas untuk selalu menghabiskan setiap makanan yang dimakan, kalaupun tidak habis ya saya yang makan sehingga tidak ada makanan yang tersisa. Tapi kalau pergi kondangan percaya tidak percaya nasi 4 centong itu kurang dimakan berdua saya dan Iyas, entahlah ini anak kalau makan ditempat seperti kondangan banyak banget walau kadang cuma makan sayur dan sop aja karena makanan lainnya pedas.

Hayu siapa nih yang suka menyisakan makanan kalau lagi pergi kondangan? Jangan diulangi ya, lebih baik ambil sedikit tetapi habis, sehingga tidak ada makanan yang mubazir terbuang. Makanan itu rezeki dari Allah jadi kalau kita membuang makanan sama saja kita mem rezeki. Saya pernah mendengar ceramah katanya "bilang makanan yang kita makan enggak enak" saja tidak boleh karena berarti tidak menghargai rezeki dari Allah, apalagi ini membuang makanan. Yuks ah mak mulai sekarang kita lebih bijak lagi dalam mengambil makanan.




CatatanRia.com

6 comments:

  1. Alhamdulillah, setiap kondangan saya selalu mengambil makanan secukupnya, karena memang sayang kalau banyak makanan yg terbuang

    ReplyDelete
  2. Sekarang ini, kalo kondanganyang pertama dicari tempat duduk. Karena Ziandra udah nggak mau makan sambil berdiri, sudah tau hadistnya dia hahaha. Menghabiskan makanan itu mah harus, jadi ambil ya semampunya ntar ngabisin... Hahaha

    ReplyDelete
  3. Judulnya kocak banget dan saya kira isinya konyol, eh ternyata bijak banget kak. Hehe. Saya setuju tuh, kak. Seperti saran kakak juga, saya pun di setiap kondangan dan mengambil makanan pasti dibuat berdua dengan partner. Kadang ada sebersit pikiran buat ngambil banyak makanan di acara kondangan gedung karena diprediksi akan sisa banyak dan penginnya saya bagikan ke tukang becak atau orang jalanan. Tapi ya, masa diterapkan begitu aja.. :D

    ReplyDelete
  4. loh, saya baru aja pulang dari kondangan :D

    ReplyDelete
  5. Untuk yang gampang kenyang, memang makanan setelah makan utama, sharing aja. Biasanya kayak buah atau pudding, saya milih sepiring berdua juga kalau perginya berdua :D Kalau sendirian ya ambil dikit aja lah.

    ReplyDelete
  6. saya menghindari jam sibuk seperti setelah maghrib
    tapi biasanya sih udah di shify mbak undangannya
    iya benar saya sering liat tamu gak ngabisin makanan padahal enak2 makannya, duh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V