12/10/16

Iyas, Superhero Wanna Be

Sewaktu masih kecil Iyas suka sekali dengan superhero dari negeri jiran yaitu si Boboiboy. Pasti sudah pada kenal ya sama superhero dari Malaysia ini. Bahkan kata yang lancar diucapkan saat umurnya 1 tahun adalah boboiboy, sedangkan panggil umi atau abi saja belum bisa. Ya saya kalah dari boboiboy saat itu. Kalau ada hadiah coki-coki kartunya juga selalu dikumpulin padahal belum ngerti maininnya. Tapi jangan ditanya kemana kartu-kartu boboiboynya beberapa sudah sobek enggak berbentuk. Saat ulang tahun pun ditanya kuenya mau bentuk apa, jawabnya boboiboy.


Baca juga : Ketika Anak Memilliki Kesukaan

Lain dulu lain sekarang, sejak dia mengenal superhero batman diapun mulai melupakan boboiboy, dan mulai suka sama batman. Awal dia suka batman karena saya membelikan dia lemari yang bergambar batman, lalu mulai deh dia suka sama batman dan kawan-kawan. Batman, spiderman, superman biasanya dia bilangnya bebet. Iron man dia bilangnya imen, nah kalau captain amerika karena kepanjangan dia cuma bilang kata belakangnya aja yaitu ika.

Iyas dan box makan spiderman kesayangannya

Kalau nonton youtube juga sukanya nonton lego superhero, sampai-sampai kalau ke toko mainan mintanya igo (lego). Memang sih lego karakter terhitung murah hanya 14rb tapi enggak satu belinya dan baru beli langsung pada hilang hikss nyesek juga sih. Tapi mau gimana lagi, Iyas memang belum menngerti. Jadi sekarang saya sudah enggak ajak dia ke toko mainan lagi. Kalaupun ingin membelikan mainan biasanya, suami yang membelikannya dan Iyas enggak ikut. Lebih aman begini, soalnya Iyas sedang memasuki masa dimana jika menginginkan sesuatu dia akan memaksa dan enggak segan keluarin jurusnya menangis sekejer-kejernya. Saya sih bisa untuk enggak luluh sama tangisannya, tapi suami enggak tega jadi dibelilah.

Beberapa waktu lalu saya pernah mengajak Iyas main ke Asia afrika Bandung, sengaja memang saya mengajaknya kesana untuk berfoto dengan karakter superhero kalau Iyas bilangnya badut. Iyas ini termasuk anak yang takut dengan badut, badut karakter apapun dia takut deketinnya. Tapi pas lihat karakter superhero, dia mau donk foto sendirian bareng superhero. Malah ketagihan pengen lagi, lah duit recehnya sudah terlanjur habis jadi stop deh sesi fotonya. Akhirnya sama saya diajak duduk dekat para karakter dan dia pandangin deh tuh para superhero dengan antengnya.


Bahaya enggak sih kalau anak suka dengan superhero?
Menurut saya bahaya jika si anak sampai fanatik dengan superhero. Bahaya jika meniru adegan action si superhero.

Koq sudah tau bahaya, Iyas masih dibolehkan suka sama super hero?
Iya mau bagaimana lagi namanya juga sudah suka, susah juga dilarangnya. Masih mending juga dia suka superhero kalau dia suka hello kitty saya juga yang bakal kebingungan.

Saya ada tipsnya jika anak sudah terlanjur suka dengan superhero.

Tegas ke anak
Jangan ragu untuk menegur dengan tegas jika si anak mempraktekkan action superhero seperti memukul dan menendang ke temannya. Tetapi bukan dimarahin ya mak, kasihan kalau dimarahin. Tegaskan kalau memukul dan menendang akan membuat temannya sakit. Alhamdulillah Iyas sih paham saya beri pengertian seperti itu, ya walaupun kadang suka lupa enggak apa namanya juga anak kecil. Kita jangan capek aja kasih taunya. Iyas lebih suka action superhero ke suami atau ke saya, lebih sering ke suami. Enggak apa deh kalau ke Abinya hehehe.

Selalu awasi anak
Awasi anak saat menonton film superhero, jika ada adegan yang dirasa berbahaya seperti menendang, memukul dan terbang beri pengertian kalau adegan itu berbahaya tidak boleh diikuti. Kalau saya biasanya jika Iyas sudah nonton superhero dan minta nonton lagi, saya alihkan dengan film lain atau saja ajak bermain. Enggak bagus juga berjam-jam nonton film yang ada adegan memukulnya.

Siapa tahu kelak dewasa Iyas bisa menjadi superhero untuk keluarga dan orang-orang yang dikasihinya, Aamiin. Eits superhero bukan hanya jagoan berantem saja, ada sifat superhero yang patut dicontoh yaitu "Melindungi". Jika Iyas ingin seperti superhero kalau saya ingin menjadi supermom aja deh *eh bisa gitu*.



CatatanRia.com

18 comments:

  1. Farah juga sekarang suka Spiderman Mbak, piderman Ma, katanya. Tontonannya Spiderman mulu yg versi nursery rhyme itu. Tp harus beneran diawasin karena YouTube sering ngaco juga. Masa Ada yg bareng Elsa nya trus aneh2 gitu modelnya, fufufuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo iyas suka yg play doh, iya suka ada pacaran elsa gitu

      Delete
  2. Wah keren bisa pose sama superhero

    Anak gua nanti bakal ngidolain bapaknya aja kayaknya (silahkan muntah weks) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan masa trimester 1 udah lewat deh, koq gw baca ini komen jd mual2 gini ya wekss wkwkwkwk
      pasti koq lo bakal jd idola anak lo, kayak anak gw skrg nempel bgt sama bapake

      Delete
  3. Wah Iyas bahagia banget pasti itu foto-foto sama karekter favorit superheronya ya maaaaak :D Hooh, jangan sampe fanatik banget, yang berlebihan emang nggak baik kan yaaaa

    ReplyDelete
  4. yah kadang2 bukan cuma anak2 juga sih, cowo yang udah tua2 juga banyak yang masih fanatik sama superhero, ngumpulin segala mainan sama komik dan nontonin film2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn2 mba mila jg ya kolek sepidermen hehehehe

      Delete
  5. Boboboooiiu #sambil nyanyi ahhaha
    Tapi bener juga sih, harus balance antara ngeiyain bole sama mewaspadai sampai tingkatan mana si anak suka dg tokoh idolanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eits ada yg suka boboiboy juga nih hihihi

      Delete
  6. Nah ini nih aku suka kebablasan ketiduran nenenin Ashika, si Kaina nonton ajaaaa superhero macem2 hihii. Sampe cita-cita mau jd superhero.
    Iyas lucu ya, udah gede ngga berasa euy Mirip umi ya kayanyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kaina suka jg superhero hihihi koq bukan suka elsanya ci :D

      Delete
  7. kalo ngumpulin kartu boboiboy dari coki2, saya juga suka. Ntar buat mainan si kecil, urusan gimana caranya saya aja belum nyoba. Yang penting dia hepi. Eh, klo anak cowok nanti mulai keliatan sukanya superhero mulu, en cewe princess-princessan. Jadi keingat saya sama adek waktu, saya maunya baju pengantin mulu, si adek (cowok) maunya baju kura2 ninja aja. Tinggalah ibu yang pening, karena bajunya harus dicuci. Yes, supermom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu jg cuma saya kumpulin kartunya tapi gak download aplikasi gamenya hehe

      Delete
  8. hihihihi, iya ya mba... kalo anak cowo suka ama kartun superhero ya biarin aja lah... ketimbang seleranya belok , malah gawat ;p.. anakku yg cewe malah yg tergila2 ama superhero... skr sih dia msih suka ama boboyboi... sampe tas2nya gbr itu semua -__-.. tomboy bener memang.. kalo adeknya krn msh 10 bulan blm ketahuan sih sukanya ama apaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi klo cewe yg tomboy suka superhero mah gpp mba kayaknya masih wajar, yg serem klo cowo suka koleksi elsa dan hello kitty :))

      Delete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V