12/20/16

Alasan Saya, Kenapa harus DotCom atau DotNet?

Sekarang sudah memasuki bulan desember yang artinya beberapa hari lagi blog catatan ria ini akan berulang tahun yang kesatu. Ibarat anak kecil ulang tahun yang kesatu, masih imut-imutnya dan lagi lucu-lucunya. Tidak ada perayaan khusus hanya doa dan syukur Alhamdulillah saja masih bertahan blog ini dan masih berlanjut. Sebenarnya untuk ngeblog sendiri saya sudah mulai dari tahun 2008, namun selama 7 tahun saya memakai domain gratisan.

Dulu sama sekali enggak kepikiran akan mengganti domain menjadi domain mandiri seperti DotCom dan DotNet. Karena memang dulu tidak terlalu serius dalam hal blogging, ngeblog untuk saya hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Namun seiring berjalannya waktu melihat teman-teman seangkatan ngeblog koq sudah pada pindah haluan memakai domain mandiri. Usut punya usut ternyata mereka memang mulai serius dalam hal blogging, karena dari blogging dapat mendapatkan keuntungan.

Yang awalnya enggak berminat pindah domain, akhirnya saya pun tergiur untuk pindah domain. Minta izin ke Suami, ya walau gimana pun juga kan dia yang menjadi sponsor keuangan untuk pindah blog. Enggak butuh bujuk rayu yang lama eh Suami langsung memberi izin. Alhamdulillah, mungkin memang sudah waktunya.

Apa saja yang menjadi alasan saya pindah doamain mandiri? Ini nih beberapa alasan yang menjadikan saya memakai Top Level Domain (TLD) seperti DotCom atau DotNet,

1. TLD membuat nama blog menjadi lebih simple
Kenapa saya bilang lebih simple, karena jika memakai domain gratisan nama blog jadi kepanjangan dan susah diingat kalau terlalu panjang. Misalkan www.catatanharianmimini.blablabla,com nah kan boros nama karena mengikut sertakan nama si domain gratisan, jadi susah diingat.  Kalau memakai TLD lebih simple berawalan www lalu nama blog lanjut DotCom atau DotNet misal www.catataharianmimini.com, lebih singkat dan mudah diingat kan.

2. TLD jadi penyemangat ngeblog
Setelah memakai TLD saya menjadi lebih rajin dan semangat dalam menulis blog, setidaknya sebulan ada yang saya update. Tidak seperti dulu update blog tergantung mood saja, pernah vakum berbulan-bulan bahkan setahunan. Secara kalau TLD enggak gratis donk, sayang sekali jika tidak diupdate blognya *emak enggak mau rugi*.

3. TLD bisa menambah isi saldo tabungan
Jujur saja salah satu motivasi utama saya memakai TLD karena ingin dapat job review yang hasilnya lumayan bisa buat belanja baju dan gincu *plakk emak matre*. Sempat galau juga waktu masih domain gratisan, kalau lihat syarat job review yang ditawarkan beberapa agency atau personal syaratnya blog harus TLD. Kalau sudah gitu cuma bisa galau sendiri saja, lihatin teman-teman lain daftarin blog TLD mereka. Setelah pindah TLD Alhamdulillah setiap bulannya, ada saja pemasukkan bisa untuk shopping pribadi jadi enggak dapat manyunan suami kalau izin mau shopping.

4. TLD ramah dengan Google
Bisa dicek di Google jika kita search sesuatu biasanya web yang keluar adalah web yang sudah TLD, jarang sekali domain gratisan bisa mendapat halaman pertama apalagi diposisi pertama. Enggak percaya? Sok mangga dibuka Google terus search yang dicari.

5. TLD terlihat kece dan profesional
Saya suka menulis nama blog saya di nickname BBM saya, dan ada teman saya komentar ke saya "Ria, keren ih punya website sendiri." dan saya pun ingin terbang mendengarnya. Sejak memakai TLD saya jadi lebih serius dalam menulis agar terlihat profesional, menulis tidak hanya curhatan pribadi saja tetapi juga berbagi tips agar lebih bermanfaat untuk yang membaca.

6. TLD sarana penjualan yang oke
Saya pernah memilih blog yang sudah saya buat menjadi TLD sebagai tempat update barang dagangan saya, bahkan saya memiliki dua blog TLD dengan nama toko yang berbeda. Dan sebagian besar pembeli saya adalah pengunjung dari blog TLD yang saya miliki, dibandingkan dari social media. Tentu saja hasilnya menjadi sangat menguntungkan saat itu.

Gimana dengan kalian? Setelah tahu apa saja keuntungan memakai TLD, apakah masih ragu untuk pindah dari domain gratisan kalian?

Menurut saya jangan ragu untuk pindah domain karena memang sangat menguntungkan sekali, itu yang saya rasakan. Enggak mahal koq untuk membeli domain DotCom ataupun DotNet, sekarang di Dotcomforme sedang ada promo untuk pembelian DotCom atau DotNet ada potongan Rp. 50rb saja. Murah kan? Enggak akan bikin kantong kita akan jebol, untuk keterangan lebih lanjut bisa cek langsung ke website Dotcomforme.

Namun jika nanti blog kalian sudah pindah TLD jangan kaget ya jika pagerank kalian menjadi 0 dan alexa menggendut. Karena setelah pindah otomatis kalian akan memulai ngeblog mulai dari nol lagi. Dan jangan langsung berharap akan ada yang langsung menawarkan job untuk blog kalian. Tentu saja semua itu butuh proses dan usaha. Kalau kata orang tua juga kan, jika ingin sukses mulailah dari nol "bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian".

Adapun tips dari saya, untuk meningkatkan kualitas blog TLD kalian,

1. Menulislah di blog seseuatu yang bermanfaat untuk yang membaca. Bisa berupa tips, review ataupun pengalaman pribadi yang dirasa berguna untuk pembaca. Jadi tidak hanya semata berisikan curhatan semata, apalagi sampai berisikan menyinyir orang lain.

2. Pakailah gaya bahasa kalian sendiri, jangan menjadi dia dan dia. Karena ini yang akan membuat blog kalian unik, memiliki karakter yang berbeda dari blog lainnya.

3. Menulislah dari hati, jangan hanya karena mengharap mendapatkan penawaran job review ataupun memenangkan suatu kompetisi. Sesuatu yang dimulai dari hati, hasilnya pun akan memuaskan hati. Masalah job ataupun menang sebuah kompetisi, itu hanyalah bonusnya saja.

4. Rajin blogwalking. Saya paling senang jika sedang blogwalking karena saya bisa membaca banyak artikel bermanfaat dari para blogger. Blogwalking juga membuat saya menambah pertemanan untuk saya, dari yang tidak kenal jadi kenal. Dengan blogwalking juga bisa meningkatkan visitor ke blog kita, melangsingkan alexa dan menaikkan DA blog kita.

5. Update postingan secara teratur. Minimal dalam sebulan harus ada yang diposting, lebih bagus lagi kalau bisa update postingan setiap harinya. Ini juga bisa melangsingkan alexa kita.

Bertahun-tahun saya ngeblog, saya mendapat banyak ilmu dari hasil blogwalking membaca postingan teman-teman blog, saya pun bisa menambah kawan kopdaran dengan teman-teman blogger, dan saya juga bisa berpenghasilan dari ngeblog. Walaupun pernah vakum tapi tetap saja balik lagi untuk login dan posting, hayuu ngaku kalian juga pasti gitu kan walau sudah vakum lama tapi tetap saja balik buka blog. Apalagi setelah pindah domain seperti sekarang, semangat menulis semakin membara. Yuks ah mak jangan ragu dan galau lagi mengganti domain menjadi DotCom atau DotNet.



Happy Blogging :)
#DotComForBlogging



CatatanRia.com

24 comments:

  1. Dia dia dia.. siapa dia hahaa.
    Bntar lg setahunan yaa mba. Kita ketemuan thn brp ya itu mba. Ngga brasa. Iyah klo ngeblog pake hati pasti awet ya mba insya Allah
    Moga mngalir terus jobnya mba Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas masih gadis kita dulu:D
      Aamiin makasij ci

      Delete
  2. Tfs mbak. . Banyak banget manfaat pake TLD yaa 😁😀 suksess juga lombanyaa mbak. Hehehe. .

    ReplyDelete
  3. Masih mikiiiir buat pindah dot com hahaha... Duh mupeng deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo donk nge pindah, apalagi skrg dirimu rajin update

      Delete
  4. Bener banget, Mbak.
    Ramah di gugel yak kalo udah pake TLD^^
    Saya baru pindahan ke dotcom juga nih hehhee. Mampir yak^^

    ReplyDelete
  5. Mbak udah bertahun2 yaa...hebat! rajin nulis walau pernah vakum...aku dl banget thn 2011 itupun hanya photo2 waktu kuliah di Swedia..habis itu nggak pernah update pas balik ke Indo..ini buat web tadinya buat photography..terus aku pikir mau share ttg kehidupan di kutub dl..sayang banget nggak di share ya kan...nggak ngerti kian tdnya beda dotcom dll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bertahun-tahun tapi tetep kalah ah sama mba dewi yg baru mulai ngeblog

      Delete
  6. Hidup TLD #eh

    Alhamdulillah ya Mbak, setelah TLD rejeki makin lancar. Moga seterusnya gtu ya Mbak. Ayo semangat :D

    ReplyDelete
  7. Setuju banget kalau TLD bisa menambah isi kantong :)

    ReplyDelete
  8. Aku baru juga ini pake TLD, belom ada 1 tahun.

    Awalnya niat pake TLD karena..........ingin dapet duit tambahan *JUJUR SEKALI*

    Tapi sampe sekarang belum pernah ada tawaran review apapun T_T *SAD*

    Btw, boleh minta kontaknya, Teh? Mau ngobrol-ngobrol soal pengalaman lahirannya dulu boleh, Teh? Hihi. Makasih loh sebelumnya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya hihihi masuk grup job aja byk tawaran disana
      udah aku kirim no.wa aku via DM IG ya ;)

      Delete
  9. Memang ya ngarh banget ganti TLD, job makin ngalir hehehe

    ReplyDelete
  10. Saya baru beberapa bulan pakai dot com dan sudah merasakan berbagai manfaat serta keuntungan

    ReplyDelete
  11. aku tuh dulu pindah pake domain dan hosting sendiri krn sebel ditolak masuk komunitas traveling mbak ;p.. dibilang blogku yg gratisan terlalu cupu dan blm memenuhi syarat ;p.. hihihihi sejak itu aku lgs bertekad mau bikin blog dgn domain dan hosting sendiri... tp stlah punya, aku g pengen lg gabung ama itu komunitas ;p.. telanjur patah hati ceritanya hihihihi ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh mba itu komunitas pasti nyesel udah nolak mba fanny. blog mba kece banget gitu loh :D

      Delete
  12. Migrasi ke domain berbayar memang salah satu penyemangat ngeblog 😁 iya yang penting buat having fun yang bermanfaat dulu.Jadi kalau belum dapat job review dan kalah lomba, nyantai aja 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah yg penting have fun, masalah dapet job mah urusan belakangan

      Delete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V