11/18/16

Ketika Anak Lebih Memilih Ayah Daripada Ibu

Semakin bertambahnya usia anak maka akan banyak sekali perkebangan dan perubahan dari seorang anak. Terkadang dalam waktu sebulan saja anak sudah bisa berubah, misalnya bulan kemarin belum bisa merangkak eh bulan berikutnya dia sudah merangkak keliling rumah. Makanya amazing banget melihat perkembangan anak setiap bulannya. Dan saya tidak pernah mau melewatkan setiap tumbuh kembang buah hati saya.

Iyas baru 5 bulan

Anak saya Iyas usianya sekarang 2,5 tahun, perkembangannya Alhamdulillah bagus hanya saja dia masih telat dalam berbicara. Tapi enggak masalah biar bahasanya masih agak-agak planet namun cerewet banget. Sebulan belakangan ini Iyas lagi dekat sekali dengan Abinya, saya sih enggak masalah untung dekat sama Abinya bukan sama orang lain. Saya juga kurang tau alasan kenapa dia menjadi dekat sekali dengan suami saya, karena sebelumnya Iyas itu dekat sekali dengan saya. Mungkin karena memang sehari-hari dia selalu bersama saya. Atau mungkin dia sudah jenuh setiap hari dengan saya lagi eh saya lagi. 
Love father and son

Setiap hari kalau Abinya pulang agak malam, pasti deh dia nyariin. Lagi asyik nonton kartun sama saya, eh keluar kamar sambil bilang "Abi Abi.." dan berdiri didepan jendela menatap keluar, mungkin dia menanti suami saya pulang. Melihat Iyas seperti itu kadang membuat saya sedih, jadi merasa dejavu. Dulu sewaktu kecil saya pun seperti itu, suka menengok ke jendela nunggu orang tua saya pulang kerja. Untunglah saya bekerja dirumah sehingga Iyas hanya menanti Abinya pulang. Salut deh sama Ibu pekerja, saya bisa merasakan dilemanya.
Superhero dan calon superhero

Tidak hanya itu jika suami saya sedang ada dirumah, semua-semua harus dengan Abinya. Minta bikinin susu sama abinya, ganti baju sama Abinya, mandi sama Abinya, bahkan sampai dicebokin pun maunya sama Abinya. Sudah beberapa malam ini juga Iyas memilih tidur dikelonin Abinya, karena Abinya jaga warung jadi Iyas hanya duduk dipangkuan suami dan ketiduran deh. Saya selalu ditolak Iyas kalau ada Abinya hiks terkadang disini sedih juga koq ya saya merasa enggak laku. Saya pribadi tidak memaksakan Iyas harus dengan saya, karena kalau suami saya kerja juga Iyas larinya ke saya.

Jika diingat-ingat beberapa bulan terakhir suami saya sering pulang malam, sampai dirumah Iyas sudah tidur. Kadang Iyas belum bangun tidur, suami saya sudah berangkat kerja. Di hari liburnya pun suami sering pergi karena memang ada urusan. Mungkin kerinduannya dengan Abinya sehingga membuat dia lebih memilih suami saya daripada saya. Setiap pagi juga biasanya Iyas cuek pas Abinya berangkat kerja hanya cium tangan dan dadah, eh sekarang sudah kayak buntutnya suami kemanapun suami jalan pasti ikut dibelakangnya dan pas suami akan berangkat kerja nangis deh dia minta ikut. Untung hanya sebentar nangisnya, pas suami sudah jalan baru deh diam.

Awalnya suami sih mengeluh karena selalu direpotkan Iyas, namun saya bilang ke dia "Abi diriweuhin Iyas cuma malam aja, coba bayangin Umi setiap hari dari pagi sampai malam." Dan setelah itu dia enggak pernah mengeluh lagi diriweuhin sama Iyas, tersadar mungkin dia repotnya saya setiap harinya.

Kedekatan Iyas dengan suami saya pun membuat suami saya tersadar, betapa ia dibutuhkan oleh anaknya dirumah. Dia sudah mulai jarang pulang malam, semua urusan diusahakan dikerjakan dirumah. Dua hari libur yang dimiliki suami pun, dia memilih untuk dirumah kalaupun ada urusan diusahakan diselesaikan memakai satu hari liburnya saja. Anak seusia Iyas memang masih unik sekali, dia masih belum bisa mengutarakan apa yang dia rasakan. Tingkah lakunya lah yang memperlihatkan apa yang dia rasakan, kita sebagai orang tua memang harus peka akan setiap perubahan yang dilalui anak. Mengkoreksi diri itu yang terpenting. Biarlah saya tidak laku sekarang mah, tapi kalau urusan makan Iyas tetap mencari saya hehehe.



 CatatanRia.com

32 comments:

  1. Aduh! Lucunya si Iyas. Pengen cubitin pipinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg pipinya udah gak setembem dulu hihihi

      Delete
  2. Hahahaha .... Anakku juga kadang gitu, Mbak. Mungkin memang kangen.

    ReplyDelete
  3. Itu yang foto sama superhero pas di mana? :o

    ReplyDelete
  4. Aku bangeeeetttt ini :D. Anakku yg pertama paling deket ama papinya mbak. Pokoknya segala macem papilah.. Papi yg terbaik, superhero, dan cm punya dia :D. Tapi jujurnya aku g cemburu sih, mungkin krn aku sadar juga srg ninggalin dia krn traveling.. Jd kalo dia lbh deket k papinya ya ga masalah.. Drpd ntr rewel tiap kali aku pergi2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo aku pergi2 mah tetep aja mba diintilin sama Iyas :D ke warung aja ngintil :))

      Delete
  5. Gpp mba, Iyas deket sama abinya biar akrab. Saya dulu nggak dekat sama bapak, karena bapak saya nggak suka anak kecil. Hmm, sudah besar pun saya tidak terlalu dekat, hanya sekedarnya saja.Hmm, sampai beliau meninggal, sekarang saya nyesal nggak bisa dekat sama bapak saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kadang penyesalan selalu terlambat, sabar ya mba :)

      Delete
  6. Klo pas nggak laku..dipke buat me time aja mbak. Anakku klo ayahnya libur..juga lengket sama ayahnya. Soalnya ayah kan selalu dekat dengan hal2 yang menyenangkan..diantar beli es krim.. Klo sama ibu, di samping durasinya sudah panjang...ibu kan identik...bagian maem/nyuapin...bagian mandi...bagian belajar..☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba jd bisa maenan blog klo si iyas lg nempel sama abinya :D

      Delete
  7. Walaupun agak sedikit iri, tapi pasti sebagai ibu ikut happy bgt ya mak liat anaknya deket sama papanyaaaa :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu happy bisa me time, happy anak akrab sama bapake :P

      Delete
  8. Ini yg bikin kita kaum cewe jeles ya mb hihi
    Mungkin karena pesona bapak di mata anak bgitu memancar jd kadang pas ada bapake nempel trus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin karena para bapak selalu memanjakan anak jg jd anak lebih nempel hehe kalo emak kan cenderung cerewet :p

      Delete
  9. anak2 saya juga sangat dekat sama ayahnya. Tapi lebih segan sama ayahnya daripada saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anakku jg segan sama abinya padahal hari udah kayak buntut abinya ngikut terus :D

      Delete
  10. AAAKKKK IYASSSS KIYUT BANGET GEMESS :3

    ReplyDelete
  11. lucu tapi sambil ada jealous2nya ya mbak hihi
    anak manja sama bapak mungkin karena jarang ketemunya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin nin kangen jd maunya deket pas ketemu :D

      Delete
  12. akan ada saatnya saya akan digituin anak saya nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya mas klo anak udah mulai gede pasti mulai deh ngikutin ayahnya

      Delete
  13. Mungkin boleh mulai google bunda, bagaimana membangun hubungan dekat dengan buah hati. Nanti boleh deh di share lagi. Aku yakin pasti menginspirasi! :).

    ReplyDelete
  14. saya dari kecil selalu ngikutin bapak saya, sampe bapak saya sebel sendiri karena ngga bisa mandi hahaha

    ibu saya mah seneng, bisa me time selagi saya ngintilin bapak hahaha.

    ReplyDelete
  15. Nda papa, sepanjang anak tetap menunjukkan rasa sayang sama kedua orang tuanya. Yang bahaya itu kalau pihak orang tua yang merasa tersisih lalu menampakkan sikap cemburu yg berlebihan. Apalagi kalau sudah mengeluarkan kata2 ancaman. Nah, itu bisa memicu penolakan keras dari anak.
    Tapi mba Ria sabar dan bijak banget dalam menyikapinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba karena saya merasa memang lg masanya anak yg masih suka berubah-ubah, asal jgn jadi deket sama orang lain yang enggak dikenal aja hehe

      Delete
  16. Hihii iyaah dilemanya ya mba. Aku cuma tahan 3 bln.
    Kaina sama aku mlulu mbaa, smenjak ada adik, nempel terus hahaa..
    Iyas pinter yaaa.. iyas ngga usa nempel umi dulu yaa hihi. Umi smangat ya, jaga kesehatan ya

    ReplyDelete
  17. Uminya udh mulai gak laku ya Mbak? Hehehh. Mungkin Iyas udh merasa besar Mbak, apalagi ntar lagi statusnya akan naik jd kayak. Dan nanti Mbak bakalan berbagi perhatian antara dedek bayi Dan Abang Iyas, jd ingin berbagi deh ke Abinya. Biar Abinya jg jd betah di rumah ya Mbak ya 😁

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V