10/26/16

Resep Pizza Tanpa Topping Mozarella

Makanan pizza sudah menjadi favorite saya sejak jaman masih single, namun sejak menikah jujur saja saya menjadi jarang makan makanan lezat satu ini. Kenapa? Mahal donk, kalau masih single saya hanya membeli untuk diri sendiri, kalau sekarang untuk suami dan anak jadi lebih banyak pengeluaran *emak irit*. Emak-emak banget ya selalu memikirkan pengeluaran, namun sekali-kali enggak apa lah beli kalau pas gajian suami *gajian istri buat beli gincu aja*.

Untunglah jaman sekarang sudah memasuki era internet, di internet banyak sekali yang share resep cara membuat pizza. Saya pun bisa mempraktekannya didapur. Ternyata lumayan jatuhnya lebih irit kalau bikin sendiri, dengan bahan terigu 250 gr bisa jadi 2 loyang pizza. Untuk topping pun bisa sesuai selera isi dan banyaknya. Saya lebih suka memakai keju quick melt daripada mozarella, karena harganya lebih murah. Tapi sekarang di IG banyak juga yang menjual mozarella dengan harga murah, saya sendiri belum pernah mencobanya. Menurut teman saya yang sudah mencoba, lumayan juga koq enggak beda jauh sama mozarella yang dijual di supermarket.

Namun kali ini saya ingin membuat topping pizza tanpa menggunakan keju sama sekali, baik itu keju cheddar, quick melt ataupun mozarella. Karena suami saya ini kalau dikasih makanan yang ada kejunya suka eneg, dia terbiasa makanan sunda. Jadi saya coba searching resep pizza tanpa topping mozarella, dan saya menemukannya di blog Amal's kitchen.  Sebagai pengganti mozarella adalah saus putih yang biasa dipakai saat membuat lasagna. Dulu pernah bikin si saus putih ini tapi enggak pernah kepikiran untuk dijadikan topping pizza. Lanjutlah saya eksekusi karena sudah mupeng banget makan pizza, bisi si utun ngacai ceunah kalau kata orang sunda mah.

Untuk adonan roti saya pakai resep roti yang pernah kekinian yaitu killer soft bread. Resep ini dijadiin roti pernah, donat pernah dan sekarang pizza, tetep menjadi favorit saya dan suami.
Resep pizza

Bahan
260 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
160-180 gr (1 butir telur + susu cair)
30 gr butter/margarine
Sejumput garam

Bahan saus putih

200 ml susu cair
1 sdm terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdm margarine
Sejumput lada

Cara membuat saus

Panaskan margarine, masukkan terigu. Aduk cepat kemudian tuang susu. Beri garam dan lada bubuk. Masak hingga mendidih, matikan. Sisihkan

Cara membuat pizza
1. Campur terigu, gula, dan ragi.
2. Tuang campuran telur dan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis. Hentikan pemberian cairan jika adonan sudah kalis.
3. Masukkan butter dan garam. Uleni kembali adonan sampai kalis elastis.
4. Bagi adonan sesuai selera. Bulatkan kemudian pipihkan sesuai ketebalan yg diinginkan. Diamkan adonan hingga mengembang 2x.
5. Tusuk adonan dgn garpu. Olesi saus tomat, beri topping sesuai selera. Terakhir tuang saus putihnya. Panggang hingga matang. Saya pakai otang sekitar 30 menit.

Setelah pizza matang semua suka termasuk Iyas Alhamdulillah, enggak percuma tangan berotot habis ngulenin terbayar dengan semua suka. Kalau untuk suami request tanpa jagung, dia enggak suka jagung. Dan dia bilang pizzanya enak rasanya pas enggak bikin eneg, kalau Iyas mah asal ada sosis pasti suka. Toppingnya saya hanya memakai saus tomat (bisa diganti saus bolognese), sosis, bawang bombay, jagung manis, semuanya menyesuaikan isi kulkas saja.

Satu resep saus putihnya lumayan jadi banyak. Sisanya saya taruh kulkas buat dimakan sama roti tawar. Kalau saus putihnya mau ditambah keju parut juga bisa, enak juga jadi ngeju tapi karena suami enggak terlalu suka jadi saya skip untuk keju.

Selamat mencoba ya.




CatatanRia.com

9 comments:

  1. aku juga suka bikin pizza sendiri mbak :D enak dan dapat banyak

    ReplyDelete
  2. Makasih resepnya mak­čśŐ nyoba bikin aah.....

    ReplyDelete
  3. Makasih resepnya mba. Kalau keju mozarella di tempatku susah, maklum ndeso. Kayaknya gampang ya.

    ReplyDelete

  4. Wahhh saus putih toh gantinya, penasaran td bacanya.

    Hihihi. Saya penggemar keu mozararella, endes mak =}

    ReplyDelete
  5. Toppingnya dikasih rendang enak kali, ya? :)

    ReplyDelete
  6. Waaaah enaaak kliatannyaa ^o^. Aku justru kalo kejunya banyak melimpah makin seneng mba :D. Jd mungkin ini resep bakal aku tambàhin keju biar makin afdolll :D

    ReplyDelete
  7. Saya juga kalau bikin pizza nggak pakai mozarella.
    Habis gak ada yang jual si di toko dekat rumah.
    Tanpa mozarella anak-anak tetep suka kok

    ReplyDelete
  8. Wah.. Ada alternatif pengganti keju. Thanks resepnya, Mbak. Saya juga doyan sama pizza apalagi kalau topping-nya melimpah ruah. Hehehe...

    ReplyDelete
  9. Aku kangen bikin pizza mbaa, tapi rencana gagal terus nih... Teteup enak ya, aku belum pernah tanpa si moza :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V