10/24/16

Aturan dalam Sewa Menyewa apatemen

Menyewa sebuah sewa apartemen bukan merupakan suatu perkaran yang simpel. Walupun dalam menyewa apartemen di indonesia sangat mudah, kita juga harus mengetahui aturan – aturan yang terdapat dalam urusan sewa menyewa apartemen. Kalau saya pribadi lebih menyukai tinggal dirumah biasa, daripada tinggal di Apartemen. Namun tidak bisa dipungkiri zaman sekarang orang banyak yang lebih memilih tinggal di Apartemen, karena di Apartemen semua hampir serba praktis. Di Bandung saja mulai banyak didirikan apartemen dan rata-rata semua unitnya sold out, berarti memang peminat apartemen saat ini sudah banyak.

Pic from urbanindo.com

Terdapat beberapa hal penting yang bisa kita ketahui sebagai calon penyewa bahkan calon yang menyewakan apartemen. Berikut ini, saya akan menuliskan aturan-aturan yang terdapat dalam sewa menyewa apartemen. Inilah beberapa aturan yang harus anda ketahui. 

Hak semetara milik penyewa 
Dalam hal sewa apartemen, pemilik dari apartemen akan menyerahkan hak-haknya dalam menggunakan barang, bagian, tanah dan lain sebgainya kepada pihak penyewa. Dengan ini pihak pemilik akan menyerahkan hak sementara kepada penyewa sesuai jangka waktu yang ditentukan. Pihak penyewa boleh ikut menggunakn bagian atau hal lain sebagainya bila terdapat perjanjian atau kesepatan yang disetujui kedua belah pihak.

Mengisi Form Pengalihan Hak dan Kewajiban 
Bila seseorang hendak menyewa sebuah apartemem orang itu harus mengisi form atau surat perjanjian yang berisi syarat – syarat serta hak dan kewajiban yang di dapatkan oleh penyewa. Mengisi form ini juga harus dalam kedaan sadar dan disetujui kedua belah pihak. Form ini juga termasuk dalam proses pengalihan hak dan kewajiabn pemilik kepada sang penyewa. 

Menyiapkan Kontrak 
Biasanya, Badan Pengelola sewa apartemen akan memebrikan kontrak sewa artemen yang digunakn untuk melindungi hal – hak apartemen yang dimiliki pemilik unit.

Menggunakan Jasa
Rata – rata orang yang akan membuka usaha bisnis properti penyewaan apartemen, akan mengunakan jasa dari bandan pengelola untuk memasarkan setiap unit apartemennya. Hal ini berguna agar apartemen yant disewakan bisa cepat laku dan segera memiliki penyewa.

Harus Lapor Bagian Pengelola
Bila kalian menggunakan jasa pengelola aparemen, kalian harus menyerahkan setiap perjanjian antara penyewa dan pemilik kepada badan pengelola. Hal ini agar badan pengelola mengatahui apa saja hal-hal yang telah disepakati

Demikian aturan-aturan dalam sewa menyewa sebuah apartemen. Semoga apa yang saya tuliskan di artikel ini dapat mudah dimengerti oleh kalian ya. Memang agak sedikit ribet ya kelihatannya, tapi dalam hal sewa menyewa memang harus lebih hati-hati dan teliti agar bisa nyaman kedepannya.



CatatanRia.com

1 comment:

  1. dipikir2 sudah lama pengin apartemen mbak :D

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V