8/23/16

Toddler Activity : Mengenal Warna dan Textur

Permainan ini sebenarnya sudah lama dimainkan sama iyas, kira-kira sudah 2 minggu yang lalu. Seperti biasa karena alasan malas transfer foto ke komputer. Rasanya sudah lama sekali enggak dokumentasikan permainan Iyas, lagi enggak mood potret-potret soalnya. Alasan klasik wanita ya "enggak mood".

Nah permainan kali ini saya memakai bahan dasar oat, tidak banyak oat yang saya pakai sayang kalau terbuang banyak. Senang kalau memakai bahan oat ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Jadi waktu itu saya tidak fokus pada satu permainan saja.


Alat dan Bahan 
- Oat secukupnya
- 4 warna pewarna makanan
- loyang cupcake
- wadah/mangkuk
- sendok

Ada 3 permainan yang dilakukan sama iyas

Ini sudah pernah sayat tulis dulu, sewaktu Iyas masih berusia 1 tahun. Caranya tinggal menaruh oat dalam mangkuk lalu meminta iyas untuk memindahkannya ke loyang cupcake menggunakan sendok. Ya seperti biasa enggak bertahan lama sendok disingkirkan, lalu bergaya bebas dengan menggunakan tangan.

2. Mengenal Textur
Saat iyas bermain bebas menggunakan tangannya, disaat itulah dia belajar mengenal textur. Untuk mengenal textur bisa dengan bahan lainnya seperti mie, slime, play dough, jelly dan lainnya.

3. Mengenal Warna

Untuk permainan ini oat diberi warna sesuai dengan pewarna yang tersedia, kemudian taruh diloyang cupcake sejajar. Tugas iyas mencocokan warna dengan cara menaruh pewarna makan diatas oat yang berwarna. Awalnya salah terus dia mencocokan warnanya tapi lama-lama dia bisa juga mencocokan warna yang sesuai. Pas permainan ini juga lumayan bertahan lama, setiap selesai mencocokan Iyas bilang "agi mi". 


Selesai permainan Iyas selalu saya libatkan untuk ikut membereskan, maksudnya sih supaya kelak besar terbiasa membereskan mainannya sendiri setelah selesai bermain. Lalu apakah saya buang oatnya? Tidak saya buang untuk beberapa hari, karena Iyas besoknya iyas minta permainan ini lagi. Sampai pada akhirnya oatnya bercampur sudah enggak jelas warnanya baru saya buang.

Paling senang saat bermain bersama Iyas, saat itu lah saya bisa lebih dekat lagi dengan Iyas.



CatatanRia.com

8 comments:

  1. mba permainannya bisa diikutkan di www.bekalmasadepan.com hadiahnya asuransi pendidikan dari morinaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh aku baru tau nt coba maen ke webnya :D makasih mba udah dikasih tau

      Delete
  2. Faraz belum belajar main ini, kemarin sempat main beras Mbak. yg beras warna warni itu, diacak2 ama Faraz, hihihih. nanti deh mau buatin beras warna warni lagi terus main transfer beras sesuai warna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain diah, iya pakai beras juga bisa

      Delete
  3. hai kak, lama gamain kesini
    anaknya udah gedee ajaa
    lucuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih waktu berlalu cepat, udah gede aja ini anak :D

      Delete
  4. Ziandra Zianka dulu pernah main ini, tapi gak bertahan lama... Emaknya males beresin hahaha.. Dulu pake beras sih...

    ReplyDelete
  5. Dulu anakku prnh aku bikinin gini, dan dia kesenengN ampe rumah jd kayak kapal pecah krn dia berantakin kemana2 :D.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V