8/30/16

Kiat Memilih Gaun Pesta Agar Tidak Salah Kostum

Jika ada undangan yang tiba-tiba datang ke saya, entah undangan pesta pernikahan atau undangan makan malam ataupun undangan yang lainnya, terkadang membuat saya bingung untuk memiliki pakaian yang pas untuk dikenakan. Hal tersebut dikarenakan saya hanya wanita biasa yang ingin tampil cantik dan sempurna untuk mendatangi sebuah pesta. Gaun pesta yang saya miliki terkadang membuat saya menjadi bingung untuk memilih gaun mana yang akan dikenakan, padahal gaunnya hanya itu-itu saja. Gimana dengan kalian maks para wanita, apa merasakan seperti yang saya rasakan?


Saya pun pernah kurus :))
Terdapat beberapa kiat nih yang dapat membantu kita untuk dapat memilih gaun yang pas sehingga kita tidak salah kostum. Pertama adalah perhatikan terlebih dahulu undangan yang kita peroleh. Apakah terdapat dress code atau tidak dan sesuaikan dengan tema yang ditetapkan. Jika terdapat dress code, kita tidak terlalu bingung untuk menentukan gaun warna apa atau bentuk yang mana yang akan dikenakan. Kita tinggal memilih pakaian yang menurut kita nyaman dan pantas untuk digunakan datang ke pesta tersebut. Jangan sampai salah dress code, bisa malu kita kalau hanya kita sendiri yang berbeda memakai gaunnya.

Kedua adalah dengan memperhatikan sifat atau karakteristik pesta, apakah pesta tersebut formal atau semi formal. Untuk pesta dengan karakteristik formal, kita dapat mengenakan jenis gaun pesta jenis cocktail dress, kebaya modern ataupun dengan busana two peace. Sedangkan untuk pesta semi formal, kita dapat mengenakan rok dengan paduan blazer agar terlihat lebih pantas. Walaupun acara tersebut semi formal, hindari penggunaan rok yang terbuat dari jins serta hindari t-shirt. 
source bukalapak.com

Ketiga adalah pilih gaun yang sesuai dengan bentuk dan tinggi tubuh kita. Tips untuk memilih seusai dengan bentuk postur tubuh yaitu:
  • Postur pendek: Sebaiknya gunakan mini dress agar kita terlihat lebih tinggi. jangan memilih dress yang terlalu longgar ataupun terlalu panjang. Jika kita memilih dress yang agak panjang, pilih yang panjangnya sebatas betis sehingga tetap membuat kita terlihat lebih tinggi.
  • Postur tinggi kurus dapat menggunakan mini dress ataupun jenis gaun panjang. Jika kita memiliki kaki yang pendek walaupun kita merupakan orang yang tinggi, sebaiknya gunakan dress yang menampilkan kaki kita atau menggunakan dress dengan potongan pinggang yang tinggi.
  • Tinggi langsing dapat mengenakan jenis gaun apa saja tergantung dari tingkat kepedean kita dan kenyamanan kita. Postur idaman saya sekali ini.
  • Postur pendek dan berbadan besar sebaiknya hindari menggunakan gaun backless dan hindari gaun dengan kerutan yang banyak. Pilih gaun yang memiliki aksen atau hiasan untuk membuat orang tidak terlalu fokus pada badan besar kita.

Keempat adalah dengan memperhatikan warna dress yang akan kita gunakan. Sebaiknya gunakan dress yang sesuai dengan warna kulit kita. Hal tersebut dapat membantu kita untuk tetap terlihat mempesona dan tampil lebih maksimal. Jika kita takut menggunakan gaun dengan warna yang cerah dan berani, pilih warna netral seperti coklat, krem atau dengan warna monokrom seperti hitam ataupun putih. Kulit saya termasuk enggak terang atau gelap, biasanya saya selalu memilih gaun yang warnanya netral.

Kelima adalah perhatikan mengenai tempat acara tersebut diadakan. Jangan sampai kita salah kostum mengenakan gaun tipe mermaid untuk acara di luar ruangan. Selain tidak hanya membuat pakaian kita menjadi kotor jika menggunakan gaun pesta panjang untuk acara luar ruangan namun juga dapat membuat kita menjadi kesulitan untuk berjalan. Jika acara tersebut berada di dalam ruangan dan merupakan suatu acara atau makan malam tertutup, kita dapat memilih gaun yang menjuntai namun jika hanya sekedar pesta seperti prom night, gunakan dress yang panjangnya tidak melebihi tinggi kita ketika kita mengenakan high heels sehingga gaun tersebut tidak terinjak.

Kira-kira itulah beberapa tips dalam memilih gaun pesta, semoga bermanfaat ya buat kalian yang lagi dilema memilih gaun pesta.




CatatanRia.com

8 comments:

  1. dan lucunya..wanita setiap ada undangan
    selalu bilang gak punya baju he2

    ReplyDelete
  2. Cantik banget mbak pake baju merah.. :D

    ReplyDelete
  3. jd inget, dari kecil ibu selalu ngingetin dan ngajarin saya soal 'jgn sampe salah kostum'. ga boleh asal2 an kalo datang ke acara2 tertentu. katanya bagian dari menghormati tuan rumah :)

    ReplyDelete
  4. bajuku semuanya gamis looks like gaun mbak jadi nggak pernah bingung pergi ke undangan haha

    ReplyDelete
  5. ini nih, penyakitku banget tiap mau ke nikahan ato pesta2 lain.. pasti lgs ngerasa jd org yg ga punya baju samasekali :D.. suami sampe kdg ngomel2 kalo udh mau acara begini... :D.. suka bingung sendiri mba mw pake baju apaan -_-

    ReplyDelete
  6. Emang paling bingung kalo mau kondangan yaaaa. Pake baju apa yaaaa. hihiii. Makasi sharingnya ya Maaaak

    ReplyDelete
  7. Soal warna saya menghindari warna kuning, krem, oranye, cokelat muda atau cokelat tua. Nggak cocok di kulit saya he he. Cuma kalau terpaksa pakai seragaman ya apa boleh buat walau sebenarnya nggak nyaman hi hi

    ReplyDelete
  8. Nice postingan nih mbak, semoga dengan membaca tips postingan diatas meminimalisir utkk tidak salah kostum lagi y'

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V