1/14/16

Sarapan Buah di Pagi Hari

Sejak kecil saya terbiasa dengan yang namanya sarapan pagi. Dulu mama kalau masak dari sebelum shalat subuh karena mama harus kerja paginya dan harus membawakan bekal untuk suami dan anak - anaknya. Jadi sarapan saya lebih sering menu yang sama dengan makan siang dan makan malam. Untungnya saya bukan anak yang rewel enggak masalah dengan menu yang sama dari pagi sampai sore, paling kalau enggak suka ya enggak makan *nah loh*. Berbeda dengan suami saya, kalau dia sejak kecil enggak terbiasa sarapan. Katanya makan lontong plus gorengan itu sudah dinamakan sarapan *glekk* kalau saya mah bilangnya itu cemilan hahahaha. 

pic from google

Nah untuk iyas sejak dari bayi saya sudah membiasakan iyas untuk sarapan buah, enggak setiap hari sih tapi dalam seminggu pasti ada waktu sarapan buah. Buah yang biasa iyas makan setiap pagi macam - macam tergantung stok yang ada dirumah, paling sering pisang dan pepaya. Biasanya untuk menemani makan buahnya saya tambahkan yogurt dan ditaburi chia seeds biar lebih bergizi, kadang sih pakai oatmeal tapi semakin besar iyas jadi susah makan oatmeal.

Alhamdulillah kalau dikasih sarapannya buah pasti selalu lahap dan habis makannya. Makan siang pun lebih lahap dibanding kalau sarapan makanan berat seperti nasi goreng kalau makan siang jadi kurang banyak, mungkin karena masih kenyang sudah sarapan makanan berat. 

Sarapan buah di pagi hari kalau ditempat saya termasuk hal yang aneh. Kalau iyas lagi sarapan buah, ada beberapa orang yang suka nyeletuk "pagi - pagi udah makan buah, nanti sakit perut loh" ada juga yang bilang "koq sarapan buah, sarapan mah harusnya nasi atau bubur" nah yang ngomongnya sendiri sarapannya gorengan hihihi. Saya sih hanya senyum saja dan menjawab "Sarapan buah di pagi hari itu bagus loh, apalagi kalau perut kosong sehingga mudah diserap tubuh". 

Eh beberapa waktu lalu salah satu orang yang memandang aneh iyas sarapan buah, bilang ke saya kalau dia mau mencoba menerapkan Food Combining yang berarti sarapannya buah. Pas denger dia bilang gitu saya rasanya pengen loncat kegirangan, entahlah koq saya merasa menang ya hihihi. Sebenarnya istilah sarapan buah nanti bikin sakit perut itu mitos saja, bukan jadi sakit perut tapi memang bagus jadi lancar BAB dipagi hari.

Saya juga jadinya mulai mengikuti iyas suka sarapan buah ya walaupun habis makan buah nyari nasi *nepok jidad*. Bagaimana dengan kalian sarapan apa nih biasanya?



CatatanRia,com

4 comments:

  1. Aku ndak bisa nyarap buah mba riaa, kalah deh sama iyas heehe, pasti nasi deh. Tapi emang waktu Kaina mpasi juga buah sama oat klo sarapan

    ReplyDelete
  2. Toosss dooong Aa Iyas, Faraz juga suka buah.. sarapanny jg lbh sering buah *klo lagi gak GTM :D

    ReplyDelete
  3. halo mbak Ria..
    Iya, saya entah mengapa suka sakit perut kalau abis makan buah pagi. Padahal sebagian teman-teman saya tidak. Mungkin karena sugesti, hihi karena sering diberitahu ketika kecil.

    ReplyDelete
  4. yeyyy samaan mba, ku juga lagi nerapin sarapan buah di pagi hari ni buat keluargaku supaya lancar pencernaannya. Heheh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V