6/3/15

Cara Mengatasi GTM pada Anak


pic random from google
GTM atau Gerakan Tutup Mulut biasa melanda anak-anak yang sudah mulai makan, Nah GTM ini selalu bikin galau dan pusing pala barbie para ibu-ibu. Melihat anak enggak mau makan itu rasanya kwatir, takut nanti jadi lemas, kurus, sakit, dll. Saya pun pernah merasakannya. Iyas walau semua makanan doyan tapi juga pernah mengalami fase GTM ini. 

Kalau iyas mengalami GTM saat memasukin usia 8 bulan. Kadang pagi makan, siang enggak makan, sore makan. Tapi untungnya selama GTM iyas masih mau makan cemilan dan buah-buahan. Untungnya memasukin usia 10 bulan setelah gigi pertama tumbuh, si GTM ini mulai hilang, iyas sudah jarang menolak makanan.

Saya akan berbagi tips cara mengatasi GTM pada anak, tapi ini berdasarkan pengalaman pribadi aja ya.
  1. Periksa mulut si baby, apakan ada gigi yang tumbuh, sariawan atau jamur. Hal-hal ini biasa jadi faktor penyebab anak GTM.
  2. Turun atau naikkan textur makanan si bayi. Kadang anak bosan dengan textur yang biasanya.
  3. Buat menu yang bervariasi, kalau perlu yang sedikit aneh. Pengalaman iyas dikasih makanan yang aneh eh dia malah jadi lahap makannya.
  4. Ganti peralatan makan. Baby itu unik kadang sulit dimengerti hihihi, iyas pernah susah enggak mau makan saya ganti piring dan sendoknya eh dia jadi mau makan,
  5. Ganti tempat makan, iyas kadang mau makan diteras, kadang didepan TV. Bayi kadang bosan dengan suasana makan yang itu lagi itu lagi.
  6. Jika cemilan tidak ditolak, cobalah bikin cemilan yang mengandung karbo, sayuran dan protein. Misal bola kentang yg isinya sayuran dan daging, atau cemilan lainnya. Jadi bayi makan sedikit tapi sering.
  7. Jangan pernah memaksa anak untuk makan, misal memaksa sendok masuk mulut nanti yang ada anak akan semakin tidak mau makan, bahkan bisa trauma. Kalau saya jika iyas dikasih makanan enggak mau ya sudah saya stop dulu makannya.Nanti coba tawarin lagi. 
Pokoknya jangan menyerah ya kasih MPASI Homemade hanya gara-gara anak enggak mau makan. Emang sih sedih sakitnya tuh disini *nunjuk dada* udah capek-capek masak eh enggak dimakan. GTM pasti berlalu koq, anak enggak akan selamanya GTM. Ada masanya dia menolak makanan dan ada masanya dia akan makan dengan lahap. Jadinya kita sebagai harus sabar. Semangatttt MPASI Homemade untuk anak tercinta.

Follow IG saya @rianugros untuk melihat menu mpasi iyas.



Corat - Coret [Ria Nugroho]

3 comments:

  1. biasanya kalau bayi gamau makan .. giginya lagi tumbuh :) itu hal biasa sih

    ReplyDelete
  2. pasti mengalami GTM ya anak-anak

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V