5/20/15

Apa sih MPASI


MPASI singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Namanya juga pendamping jadi bukan pengganti ASI ya, MPASI dimulai saat bayi berusia 180 hari atau 6 bulan, tidak dan tidak lebih. Kenapa 6 bulan? Karena pencernaan bayi baru siap menerima makanan pada usia 6 bulan. Dan mulai usia 6 bulan keatas bayi juga membutuhkan nutrisi lebih banyak, kalau dari ASI saja sudah tidak mencukupi. Karena mulai usia 6 bulan bayi kan sudah mulai banyak beraktifitas, mulai belajar merangkak, duduk, jalan, bicara, dll. Kalau kurang dari ^ bulan berarti sama saja MPASI dini, banyak loh bahaya dari MPASI dini bisa search di google.

Ada dua metode MPASI yang saya ketahui, metode FC dan WHO. Kalau FC biasa MPASI dimulai dari pemberian buah-buahan. Kalau WHO dimulai dari karbohidrat, Saya sendiri memilih metode WHO karena saya ingin memulai MPASI dengan menu yang cenderung hambar. Asumsi saya kalau dikasih yang enak-enak seperti buah diawal takutnya dikasih yang hambar jadi menolak. Lagipula karbohidrat juga kan menu yang akan sehari-hari dimakan iyas nantinya.

Untuk textur pure atau bubur yang diberikan kepada bayi sebaiknya tidak terlalu encer, textur yang baik itu jika sendoknya dibalik pure atau bubur tidak tumpah. Kalau encer bisa memanjakan bayi, jadinya nanti akan susah naik textur. Dulu saya memakai saringan kawat jadi texturnya tidak encer (untuk lihat perlengkapan MPASI bisa cek disini).

Porsi awal MPASI tidak perlu terlalu banyak. Cukup 2-3 sdm ini setelah disaring ya. Kalau iyas porsi mulai ditambah saat usia 6,5 bulan. Porsi bisa ditambah seiiring bertambahnya usia bayi. Tapi jika bayi tidak mengjabiskan buburnya jangan dipaksa ya harus makan porsi 3 sdm, mungkin si bayi sudah kenyang. Setiap bayi berbeda-beda porsi makannya, seperti iyas awal MPASI banyak porsinya eh makin gede malah makin kecil porsinya. Enggak apa yang penting anaknya sehat selalu, lagipula saya tidak mewajibkan iyas harus endut dengan makan banyak.
nom nom sarapan sambil berjemur

Menu awal MPASI sebaiknya dimulai dengan menu tunggal 2-3 hari dengan menu yang sama untuk tes alergi. Kebetulan iyas tidak ada riwayat alergi dari keluarga saya ataupun keluarga suami, jadi setiap hari ganti menu agar bisa icip banyak menu. Awal MPASI iyas sekali makan dipagi hari, dimulai menu karbo bubur beras merah+asip, oat+asip, kentang+asip dll. Minggu kedua MPASI iyas sudah mulai makan 2 kali sehari pagi dan sore. Pagi hari makan buah, sore hari makan karbo+sayur, tapi karbo dan sayur saya masak terpisah. Misal bubur beras merah + labu siam, buburnya saya masak dengan takahi, labu siamnya saya kukus, disaringnya juga terpisah. Kalau saya biasa setiap hari coba satu bahan baru untuk dicampur dengan bahan yang sebelumnya sudah lulus alergi. Minggu ketiga iyas sudah makan bubur saring semua dicemplung ke takahi. Iyas juga sudah dikenalkan dengan kaldu protein hewani. Minggu keempat iyas sudah menu lengkap termasuk protein hewani.

Jangan kaget atau panik jika pertama kali diberi makan, bayi menolak dimuntahkan, disembur. Itu hal biasa karena bayi baru belajar makan, tapi nanti berjalannya usia semakin pinter koq makannya. Iyas Alhamdulillah umur 7 bulan sudah textur utuh seperti sayur dimasak empuk jadi iyas bisa mengunyah. Usia 8 bulan sudah nasi lembek. Usia 9 bulan sudah nasi utuh tapi masih pakai takahi. Usia 11 bulan sudah nasi dari magicom sampai sekarang usia 13 bulan. Sejak kenal dengan nasi magicom iyas jadi enggak mau makan bubur lagi.

Warning jangan MPASI Instan ya, kenapa? karena biasa MPASI Instan memakai GulGar ya walaupun rendah tapi ada. Sebaiknya dibawah satu tahun jangan menggunakan Gula dan Garam. Jangan takut bayi jadi tidak suka, karena pada dasarnya bayi tidak kenal rasa koq. Sabar yaa nanti satu tahun juga sudah bisa makan pakai garam koq. Iyas sudah terbiasa makan enggak pakai gula garam, pas satu tahun kadang saya kasih makanan yang hambar dia tetap suka aja. Pernah saya tidak sengaja masukin garam agak banyak, kalau buat saya sih enggak asin banget tapi buat iyas asin banget dia enggak mau makan. Ada lagi keuntungan dari MPASI Homemade iyas jadi suka sama semua jenis makanan sayuran dan daging2an, oyong dan terong yang saya tidak suka eh dia doyan banget, masak satu oyong kurang kalau buat iyas.

Saya mendukung MPASI Homemade, No Gul Gar ^____^

Cek menu MPASI iyas di IG saya @rianugros



Corat - Coret [Ria]

8 comments:

  1. Iyas pinter makan sayurnya yaaa^^
    1 Oyong abis..eh..malah kurang ya?

    Salam kenal mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba, klo sama oyong suka bgt dia. kalau saya yg disuruh makan pasti udah angkat bendera putih :)) salam kenal jg ^_^

      Delete
  2. iya untuk perkenalan gak usah banyak-banyak ya MPASI, yang banyak buat ibunya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, saya kadang gak makan dulu.Nanti klo ada sisa dari iyas baru deh makan :D

      Delete
  3. terimakasih mba atas sharingnya, menambah pengetahuan saya nih

    ReplyDelete
  4. Info yang bermanfaay mba untuk yg mau punya anak hehe :D

    ReplyDelete
  5. yang banyak yah de makan ya biar cepet gede :)

    ReplyDelete
  6. Mpasi no gulgar s.d 1 thn jg kaina, lewat 12 bulan bebas deh yah ngasi segala rasa..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V