2/20/15

Pendarahan Saat Kehamilan

Pengalaman yang paling menakutkan saat masa kehamilan saya tahun lalu adalah saat saya mengalami pendarahan. Sepertinya saya pernah post tentang ini sebelumnya. Ini terjadi saat usia kandungan saya memasuki usia 3 bulan. 

Semua berawal karena saya yang kelelahan setelah sehari sebelumnya habis jalan-jalan sama suami cari si andromax c. Tadinya mau beli langsung di gallery yang tidak terlalu jauh dari rumah eh ternyata lagi kosong. Alhasil ke tempat yang lebih jauh lagi. Udah gitu saya terlalu semangat jalan-jalan kesana dan kemari. Pulang langsung tepar dan saat itu tidak ada pertanda apa-apa.

Saat pagi hari saat saya sedang ke belakang saya menemukan bercak darah, kaget tapi berusaha tenang. Karena yang saya baca-baca kalau keluar flek saat hamil itu wajar. Tapi enggak berapa lama bukan lagi flek tapi darah yang mengalir. Ya panik lah saya, tidak rasa sakit sama sekali diperut saya. Sama suami saya langsung dibawa ke rumah sakit. Berhubung hari minggu jadi poli kandungan tutup jadi langsung ke UGD untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Kurang beruntungnya saya dokter jaga saat itu lagi ada operasi alhasil saya harus menunggu agak lama. Haduh saya ingat saat itu perasaan saya campur aduk takut, cemas, gelisah. Saya takut sekali kenapa-kenapa dengan debay diperut. Alhamdulillah kabar baik untuk saya, setelah di USG debaynya sehat dan letak plasenta juga normal. Saya hanya disuruh bedrest total dan diberi obat penguat kandungan dan Alhamdulillah sekarang debay yang diperut yang sempat bikin panik sudah lahir dan sekarang umurnya sudah 10 bulan.

Pendarahan saat awal kehamilan itu wajar biasa terjadi di minggu-minggu pertama itupun hanya berupa flek saja biasanya. Yang berbahaya itu kalau selama masa kehamilan selalu keluar darah ada beberapa kemungkinan, bisa saja kehamilan BO, letak plasenta dibawah atau karena kelelahan.

Yang harus dilakukan saat terjadi pendarahan saat kehamilan
  1. Jangan panik usahakan tetap relax
  2. Segera ke rumah sakit atau minimal ke bidan. Kalau saya sih lebih prefer ke rumah sakit karena bisa di USG jadi bisa tahu kondisi janin.
  3. Bedrest total, stop aktifitas dulu tidur-tiduran dulu dikasur. Saya dulu keluar kamar cuma kalau mau ke toilet saja. Makan dan lain-lain saya lakukan dikasur, dan itu berlangsung selama seminggu.
  4. Diminum obat penguat dari dokter, menjaga lebih baik kan.
  5. Jangan stress selalu positif thinking
Sekian sharing dari saya hihihi semoga bisa bermanfaat ^___^ sekarang mau bobo lagi saya kasihan dd iyas bobo sendirian dikamar belum lagi besok pagi-pagi harus tempur lagi didapur nyiapin MPASI iyas. Selamat malam.


Corat - Coret [Ria]

Yang

1 comment:

  1. Duh, ane sering banget nih ngedenger temen yang udah pada melahirkan ngalamin hal ini. Thx ya sist infonya ^^

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V