2/4/15

Ngidam dan Morning Sickness

Wah telat amat ya anak udah 9 bulan baru ngebahas seputar kehamilan. Hihihi ya baru ada mood sekarang jadi baru ditulis sekarang. Kemarin saya menulis tentang program hamil yang saya lakukan dan sepertinya ada yang salah paham, dikiranya saya lagi program hamil hehehe. Postingan kemarin hanya pengalaman tahun lalu saja yang saya share.
pic from google

Nah kalau postingan sekarang saya membahas yang selalu dialami wanita hamil muda yaitu ngidam dan morning sickness. Kayaknya hampir semua wanita hamil merasakannya, tapi ada juga loh yang tidak mengalaminya. Seperti kehamilan pertama saya, memang saya merasakan ngidam dan morning sickness juga tapi tidak terlalu, tidak sampai muntah2 makanan apa saja juga masuk cuma makanan wajib pas hamil muda waktu itu harus makan mie ayam. Berbeda saat kehamilan kedua, saat hamil si iyas lebih heboh ngidam dan morning sicknessnya.

Morning sickness baru saya rasakan saat kandungan memasuki usia 8 minggu kalau tidak salah. Rasa pusing, mual dan enggak nafsu makan. Kalau ingat masa-masa itu sebenernya jadi agak trauma hamil lagi soalnya enggak nyaman banget, makan ini salah itu salah. Makanan yang bisa masuk saat itu cuma roti, keju, susu, sama es krim. Sayuran dan buahnya? sedikit yang masuk. Tapi untungnya hanya berlangsung sebentar saja, memasuki usia 11 minggu saya sudah mulai mau makan nasi kembali dan lauk pauk lainnya.

Tipsnya sih menghadapi morning sickness makan saja yang memang yang mau dimakan jangan kwatir debaynya kurang vitamin atau gizi karena kan minum vitamin juga dari dokter. Konsultasikan ke dokter kalau misal enggak bisa masuk apapun, nanti dokter pasti akan memberi vitamin tambahan. Makannya juga dalam porsi kecil tetapi sering, selalu sedia cemilan seperti biskuit atau roti.

Lalu bagaimana dengan ngidam saya sudah agak lupa sih kemarin ngidamnya apa aja hehehe. Yang saya ingat saya pernah minta suami saya main playstation terus saya nonton deh, eh saya cuma sebentar aja donk nontonnya karena langsung ngantuk jadi tidur deh. Hihihi ngerjain suami itu sih namanya, eits tapi itu kemauan si utun. Kebanyakan sih saya ngidam makanan yang ada ditangerang kayak nasi uduk betawi, bubur ayam yang deket rumah, ketoprak, burger blenger, dan cheese cake. Ya enggak kesampean lah, kesampeannya pas saya kemarin mudik aja langsung kalap deh hehe. Oh iya saya juga pernah ngerepotin orang tua saya ditangerang, tiba-tiba pengen kue lapis legit yang ditangerang. Dikirimin deh sama mama ke Bandung dan habis donk satu dus sama saya hhihihi ini ngidam atau doyan yaa. Jangan percaya ya sama mitos ngidam enggak diturutin nanti anaknya ileran, itu tidak terbukti koq. Hayu ada yang punya cerita juga ngidam teranehnya?

Walaupun saat hamil muda terasa enggak nyaman tapiiii bikin kangen juga sih. Eitsss tapi jangan beranggapan saya mau hamil lagi ya dalam waktu dekat ini. Masih rempong ngurus iyas yang lagi aktif-aktifnya sampe badan kurus gini hiks enggak apa lah yang penting anaknya endut hehe.


Corat - Coret [Ria Nugroho]


2 comments:

  1. baca postingan yang ini, jadi flashback mba' sama kehamilan dulu
    hiyuuuuh, itu morning sickness-nya parah banget sampai hampir 9 bulan, walaupun pas udah bulan ke 8 - 9 udah rada enakan...
    dari 6 minggu sampai 7 bulan gak bisa masuk makanan apa2, langsung dimuntahin lagi :( sampai dokternya ikutan pusing :D
    mungkin bawaan maag sebelum hamil, jadi pas hamil jadinya kena hyperemesis grandivarum :D
    so sad lho mba, berat badan turun drastis...
    tapi ya itu semua tergantung usaha kita, kalau kemauan kita masih keras, insya Allah ada jalan :D
    dan Alhamdulillah, sekarang semua udah terlewati dengan baik-baik saja :D

    ReplyDelete
  2. yang penting anak dan ibunya sehat :).

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V