2/21/15

Herpes Saat Hamil


pic from google
Herpes kalau mama saya bilang cacar ular, ini saya alami saat usia kandungan memasuki usia 2 bulan. Masih sangat muda sekali usia kandungan saya saat itu. Kebetulan pada masa itu saya memang lagi susah-susahnya makan dan lagi lemas-lemasnya.

Berawal dari tangan saya yang tiba-tiba suka ngilu tapi ini ngilunya enggak enak. Lalu tiba-tiba keluar seperti bentol-bentol kecil merah dilengan saya. Saat itu saya pikir biang keringat, sama suami dibeliin bedak gatal cair untuk dioleskan. Rasanya itu gatal dan semakin lama rasa ngilu berubah menjadi pegal panas rasanya dibagian bentolnya. Dan bentol kecilnya juga seperti ada air didalamnya.

Saya jadi gelisah akhirnya saya telpon mama dan menjelaskan gejala yang saya alami, saya kirim juga foto bentol-bentol kecil merahnya via bbm. Dan kata mama saya itu herpes dan mama menyarankan saya untuk segera ke dokter. Berhubung hari sudah sore saya akhirnya memutuskan untuk ke bidan saja. Dan bidan menyatakan saya positif terkena herpes atau cacar ular, saya dirujuk ke dokter umum yang kebetulan sebelahan dengan tempat bidan. Tapi dokternya enggak berani kasih apa-apa soalnya posisi saya yang sedang mengandung jadi enggak sembarangan obat bisa saya konsumsi. Saya pun disarankan untuk ke dokter kandungan, karena pasti spog lebih tau obat yang tepat untuk saya.

Esok harinya saya pun ke dokter kandungan untuk cek, perasaannya saat itu kwatir banget takut penyakit herpes ini berefek ke janin yang saya kandung. Ada yang bilang katanya kalau terkena herpes saat hamil nanti bisa cacat kelak sidebay, aduh jangan sampai deh. Di USG Alhamdulillah debaynya sehat, dan dokter bilang herpes ini tidak mempengaruhi janin jadi tidak perlu kwatir. Dan saya pun diresepin obat untuk saya minum dan katanya juga obat itu aman untuk ibu hamil tidak berefek pada janin. Lumayan mahal obatnya huhuhu enggak apa lah yang penting bisa cepat sehat. Beberapa hari kemudian bentol-bentol kecilnya menghilang dan Alhamdulillah sembuh deh. Oh iya waktu itu herpes saya ada dilengan bagian kanan dan menyebar ke ketiak dan pinggir dari PD lumayan banyak saat itu, tapi Alhamdulillah semua sudah berlalu dan iyas juga bisa lahir sehat.

Herpes itu penularannya bisa dari udara, katanya juga ini masih turunan dari cacar air. Kebetulan memang saat itu sebelah rumah saya anaknya lagi terkena cacar, berhubung saya sudah pernah cacar mungkin jadinya herpes deh. Saat hamil memang rentan terkena berbagai penyakit apalagi diawal kehamilan karena daya tahan tubuh berkurang akibat morning sickness. Saran saya selama hamil daya tahan tubuh harus tetap terjaga, intinya makannnn terus walau mual dan dimuntahin ya makan lagi biar daya tahan tubuh kuat. Cari aja makanan yang bisa masuk, kalau cuma masuknya jus buah ya udah minum jus buah aja terus hihihi kembung ya. Jaga kesehatan ya untuk bunda-bunda yang sedang hamil.


Corat - Coret [Ria]

5 comments:

  1. waktu aku kena cacar air, adikku ketularan herpes zoster ini nih

    ReplyDelete
  2. wah agak waspada juga ya mbak kl begitu kejadiannya. mudah2an selalu sehat yaa...

    ReplyDelete
  3. Ngeri juga kalo penyakitnya bisa berdampak pada dede bayinya... untung langsung diperiksa ke dokter. Mudah mudahan cepet sembuh mba...

    ReplyDelete
  4. saya mampir ya, makasih info nya

    ReplyDelete
  5. semoga selalu sehat ya bumiil :) semoga debaynya baikbaik ajaa .. amiiin

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V