2/13/12

Dosen Go Green

Semasa kuliah dulu eits jangan tanya dulunya kapan karena sudah lama jadi saya lupa, saya memiliki seorang dosen yang unik. Bukan.. bukan.. fisiknya yang unik, cara dia menjelaskan mata kuliah juga biasa saja seprti dosen lainnya. Terus apa donk keunikan dari dia ???? eits tenang saja nanti saya kasih tau.
Pic from http://ecofuture.net


Dia dosen untuk mata kuliah Komputer dan Masyarakat. Dia seorang lelaki yang sudah cukup berumur duh sayangnya saya lupa siapa nama dari dosen saya itu. Keunikan dari dosen saya satu ini adalah setiap akhir mengajar dia selalu memberikan tugas sebuah pertanyaan, dan kemudian dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. Terus dimana keunikannya, kan sudah biasa dosen kasih tugas??? Hehehe jadi pada saat mengumpulkannya yang unik, si pak dosen maunya tugas dikumpulkan dengan menggunakan kertas bekas dan kertas bekasnya kalau bisa dipotong jadi hanya seukuran isi dari tugas saja kecil gak masalah. Dia gak akan menerima tugas yang menggunakan kertas yang masih baru.dan masih menyisakan banyak sisa.

Menurut pak dosen sayang kalau harus buang-buang kertas hanya untuk mengumpulkan tugas. Wah salut deh saya sama dosen saya itu, jadinya saya bisa mengirit kertas file saya. Seandainya saja semua dosen di kampus saya seperti dia tapi sayangnya hanya si pak dosen itu satu-satunya yang menerapkan go green dalam mata kuliahnya. Apa yang dilakukan dosen saya itu kan bisa mengurangi sampah kertas. Biasanya satu kertas bekas bisa saya pakai untuk mengerjakan tugas selama 3 pertemuan.

Semoga apa yang dilakukan pak dosen saya ini bisa menginspirasi kalian yang juga berprofesi sebagai pengajar untuk menerapkan Go Green juga pada anak didik kalian. Dengan kita mengurangi sampah kertas setidaknya mengurangi konsumsi kertas juga sehingga semakin sedikit pohon-pohon yang ditebang untuk dijadikan kertas ^_____^ Siapa tahu langkah kecil bisa menjadi besar kelak....



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

16 comments:

  1. weew salut ma dosennya Mbak.
    iyaahh nih harus dimulai dari hal2 kecil dan dari diri sendiri juga.
    saya juga sekarang kertas bekas gak langsung dibuang gitu aja tapi dikumpul dan dijadikan tempel2n buat nota2 :D

    ReplyDelete
  2. yay!

    di kampus aku malah dosennya nyuruh tukang2 buat nebang2 pohon di pinggir jalan utama (dari gerbang menuju kelas). katanya sih, udah terlalu rimbun, jadi agak ngeganggu.

    payah

    jadinya sekarang kalo pulang kuliah Puanasss buangett...

    -_-

    *suram

    *curcol

    ReplyDelete
  3. nah saya jg punya dosen kayak gini. biasanya yg jurusan lingkungan2 gt paling peduli sama masalah go green. kurangi kertas, kurangi sampah dan penebangan pohon :)

    ReplyDelete
  4. oh iya ada award. jangan lupa diambil yah :D

    ReplyDelete
  5. ria aja lupa kapan kuliah gimana aku yg udah tua hehehe

    ReplyDelete
  6. payah, nama dosennya sendiri gak tau

    ReplyDelete
  7. Waaah dosennya bener-bener peduli lingkungan. Kalo saya jadi dosen, mau ikut menerapkan yang seperti ini juga deh hehehe

    ReplyDelete
  8. aku kalo di rumah & di kantor sayang kertas juga mba, nah mending banget yah skrg bnyk gadget gitu :D, ngga perlu open notes dari kertas, hahaa, enaknya jaman skarang.

    Keren dosennya nge go green

    ReplyDelete
  9. wah salutto..
    ntar praktikan saya suruh kumpul tugas pakai kertas bekas juga deh.
    jadi jatuh cinta sama dosennya :D

    ReplyDelete
  10. katanya unik dan berkesan tapi nama saja sampe lupa
    heheh keren ah ria ini...

    ReplyDelete
  11. itulah hal sederhana yg berdampak positif bagi bumi ini

    ReplyDelete
  12. dosen dhe kok gk ada yang kayak gitu yaa mbak?? hehe :D

    ReplyDelete
  13. wah, terkesan pelit apa irit yah. hehehe
    g pernah ketemu yg kayak bgituan tuh aku. :D

    ReplyDelete
  14. ayo go green...
    dan novel pun berubah jadi pdf gratis yg beredar di internet...
    :P

    ReplyDelete
  15. ya, aku juga suka gunakan kertas bekas utk coret2 cerpen.

    ReplyDelete
  16. Good.. 'trebiang'... hehehe.. (lupa tulisan aslinya) Salut banget sama dosen kakak ^^
    Tindakan kecil yg bila dilakukan trs menerus, oleh banyak orang akan membantu membuat bumi hijau kembali..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V