2/28/12

Belajar Membatik

Mba Jessica make batik *pic nyulik dr blog Mba Monda

Batik saat ini sepertinya sudah menjadi trend fashion masa kini. Bisa dilihat dimana-mana banyak orang yang menggunakan batik untuk jalan-jalan, kuliah, kerja dan lain-lain sampai mau tidur juga pakai batik. Menurut saya ini merupakan kemajuan yang postif karena berarti masyarakat Indonesia sudah mulai mencintai batik. Akan lebih baik lagi kalau kita sebagai masyarakat Indonesia tidak hanya menggunakan batik saja tapi juga belajar untuk membuat batik juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan Indonesia. Kalau yang bikin batik hanya orang-orang tua saja terus nanti orang-orang tuan sudah meninggal siapa yang meneruskan membuat batiknya???


Saya tertarik membaca postingan Mba Monda tentang Belajar Membuat Batik Indonesia. Menurut Mba Monda di Jakarta ada loh tempat untuk belajar batik yaitu di Museum Tekstil tempatnya di Jl. KS Tubun Jakarta Pusat katanya sih dekat pasar tanah abang dan stasiun tanah abang. Hanya bermodalkan uang Rp. 35000,- kita akan mendapatkan canting, wajan kecil dan tungku. Kemudian nantinya kita akan diajari membatik, pola batiknya kita juga bisa memilih sendiri. Dan hasil karya kita nanti bisa dibawa pulang, wah asyik banget ya bisa belajar membatik eh dapat oleh-oleh hasil batik kita sendiri. Sayang Mba Monda gak kasih foto hasil akhir dari dia membatik kan saya penasaran mau lihat batik bikinan Mba Monda hihihi.

Jadi pengin deh kesana mau menguji kreatifitas saya sampai sejauh mana, maksudnya sampai sejauh mana merusak kain batiknya nanti hehehehe.

Saya tidak tahu menahu tentang jenis dari motif-motif batik kalau saya lihat bagus ya saya beli. Nah dari postingan tersebut juga saya jadi mengetahui lima motif batik yang terpopuler yaitu motif parang yang konon biasanya dipakai oleh para kaum ningrat bangsawan dan teu nyangka euy Mba Jessica Alba pernah loh memakai batik motif parang ini WOW membanggakan ^___^, motif kawung, motif sidomukti berupa burung garuda  *kayak lambang negara kita donk*, motif tambal unik motifnya saling menambal, motif megamendung berasal dari Cirebon. Beraneka ragam ternyata motif batik unik dan keren. Saya cinta batik, bagaimana dengan kalian? :P

Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakakin.




Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]
Follow me on Twitter @rianugros

18 comments:

  1. benara mbak , beajar gar tahu cara cprat coretnya ...

    ReplyDelete
  2. wow, kayaknya seru juga
    pengen belajar juga <3

    ReplyDelete
  3. Aku cinta gak yaaa... hihihi~
    Gatau. :D
    Sukses mbak kontesnya ^^

    ReplyDelete
  4. kira2 1 bulan lalu di salah satu event, Nai pernah ikut belajar membatik.. Cuma membatik selembar sapu tangan aja sih.. Itu pun polanya udah di gambar terlebih dahulu.. Tp memang membatik itu butuh kesabaran banget deh.. Salut bgt utk para pengrajin batik terutama batik tulis..

    ReplyDelete
  5. aku juga pengen mbak blajar mbatik, kayakny asik..tapi kayakny bakal sama mbak, bakal ngerusak kainny
    =P
    ngehehe

    ReplyDelete
  6. dari awal tulisannya, udah kuduga mbak ini pasti buat kontes.... hahaha

    ReplyDelete
  7. nyesel juga sejak kerja dulu gak ikutan temenku belajar batik disana skr agak susah untuk membagi waktunya :)
    ayo RIa ikutan

    ReplyDelete
  8. @blog kecil : hehe iya

    @Nurmayanti Zain : sok atuh kesana ^___^

    @Una : hayo cintanya ma siapa *lohh hehe

    @ke2nai : iyah mba salut sama pembatik yg sabar bgt membatik :D

    @-ka: hihihi ayo kita sama2 merusak kain *eh salah membatik

    @Nuel : hahahaha nah dia tau :D

    @Mba Lidya : mau sih mba tp nunggu ada temen yang nemenin :D

    ReplyDelete
  9. Wah bener banget tuh mbak! sekrang juga mulai banyak pembatik yang revolusioner. misalnya memproduksi batik dengan logo club sepak bola eropa. menurut saya itu pemasaran produk yang sangat briliant.

    salam kenal dan follow balik juga :)
    dimasgeel

    ReplyDelete
  10. Ahhh.. Udah nulis malah ilang :(

    Coba ri ikutan kelas membatiknya, kalo bagus aku mau ikut juga.. Ehehehehe

    ReplyDelete
  11. wah kaya duta budaya aja ya. . . ceprat ceprot kainnya. . .

    ReplyDelete
  12. batik di urmah cuma ada dua biji, kalo mba Ria punya lebih boleh lah sumbang ke Nay..#eehhh :D

    ReplyDelete
  13. wah mesti sabar itu belajar batik. soalnya susah lho.

    ReplyDelete
  14. saya juga pengen belajar membatik lohh.

    nanti kapan2 kita belajar bareng ya Mbak ;)
    *klo aku kesana lagi tapinya :D

    ReplyDelete
  15. @dimas : blum pernah liat motif batik logo klub bole :D unik atuh

    @ningnung : ahhh bareng aja yuks hihihi

    @Susu Segar : duta mah ponakanku hihihi *gak nyambung*

    @Naya : >.< jangan atuh masa naya make batik bekas aku :P

    @Mba Fanny : iyah ak jg yakin pasti susah hehe

    @Diah : ayo ayo diahhh mau biar aku ada temennya hehe

    ReplyDelete
  16. mbak Ria, terima kasih ya sudah ikut di GA Kisahku

    kalau pengen belajar batik, ada juga laternatif lain, belajar bersama ibu Indra Tjahyani, seringnya sih di Museum Mandiri Kota Tua, dengan jadwal tertentu

    aku catat sebagai peserta ya

    ReplyDelete
  17. Ibu juri datang... :D

    Jadi pengen juga rasanya belajar membatik. Penasaran sama sensasi saat megang canting :D

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V