7/11/11

Kerak Telor khas Betawi

Malam minggu kemarin aku kedatangan tamu yang tak diundang, bukan jelangkung ya hehehe. Jadi sore pas aku lagi asik males-malesan tidur, tiba-tiba mama ngetuk pintu kamar katanya ada temanku datang. Dan ternyata pas aku keluar kamar, wuaa ternyata chika. Chika itu temanku masa SMP, tapi kami dekat justru pas aku udah kuliah karena si Chika ini suka maen sama sahabatku Eswe.

Sudah 2 tahun lebih kami gak ketemu karena dia pindah ke Jakarta ikut suaminya, terakhir ketemu saat dia habis melahirkan anak pertamanya. Eh kemaren dia bilang kalau dia baru abis lahir anak kedua, adeuhh cepet banget ini anak kejar setoran kali ya hehehe. Tapi pas kemarin dia datang, dia bawa berita duka, Bapak dari temen SMP kami yang bernama Dwi meninggal dunia. Makanya Chika datang kerumahku mau mengajak aku dan Eswe melayat kerumah Dwi.

Sepulang dari rumah Dwi, kami gak langsung pulang kerumah, kumpul-kumpul dulu soalnya udah lama banget gak ketemu. Kebetulan si Chika kan lapar nah aku dan Eswe merayu Chika biar ditraktir hihihi. Eh akhirnya Chika terbujuk rayuan kami, dan kami memutuskan untk membeli kerak telor di Taman jajan.

Ada yang tau Taman Jajan? Sepertinya hanya anak Kunciran dan sekitarnya saja yang tahu Taman Jajan Regency hehehe. Jadi ini letaknya dekat sama komplekku. Kalau malam disini ramai sekali, banyak yang jualan aneka macam makanan, tempat wisata kuliner ini ditempatku.

Sambil menunggu si abang Kerak Telor masak, kami cerita-cerita deh selama 2 tahun gak bertemu. Aku sambil merhatiin abangnya masak juga. Ada yang unik ternyata pas masak kerak telor, jadi sama abangnya wajannya dibalik supaya telornya bisa berkerak nahh yang aneh itu koq gak jatoh ya telornya pas dibalik. Ini bukan pertama kalinya aku makan kerak telor, dulu pernah beli juga tapi nitip sama mama jadi gak liat abangnya masak, makanya pas liat gtu langsung takjub.
Si Abang kerak telor lagi serius masak

Di Taman Jajan juga banyak yang jualan Durian loh.
Salah satu penjual Durian pas disebelah abang kerak telor


Setelah kerak telornya matang, Chika langsung pamit pulang soalnya suaminya udah nelpon terus katanya anaknya nangis terus. Aku dan Eswe langsung pulang kerumahnya Eswe untuk menikmati Kerak Telornya. Enak loh kemarin kerak telornya, aku suka dengan bumbu serundeng yang diatasnya enak :P
Mari makan kerak telor
Kerak Telor ini termasuk makanan khas betawi, konon kalau mau makan ini mesti ker PRJ dulu. Soalnya dulu yang jual kerak telor cuma ada di PRJ. Lain dulu lain sekarang, karena ditempatku sekarang udah ada juga yang jualan kerak telor jadi gak perlu jauh-jauh ke PRJ untuk menikmati. Koq di Tangerang ada kerak telor?? Jadi suku di Tangerang itu kan Betawi sama seperti di Jakarta. Gak heran jadinya kalau di Tangerang bisa banyak yang jualan kerak telor karena memang banyak orang betawinya disini. Eh tapi Betawi Tangerang dan Betawi Jakarta itu berbeda loh, mau tau perbedaannya, yang berbeda itu logat bicaranya. Tapi itu menurut pendapatku aja ya, soalnya logat orang betawi Tangerang itu khas banget. Penasaran, coba kalian buktikan saja dengerin mereka bicara.

Baiklah waktunya istirahattt ^_____^ happy blogging ya semuanya.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

33 comments:

  1. kerak telor itu enak wanginya ya :D

    ReplyDelete
  2. ketika PKB yang lalu juga da dagang ini, harganya 15 ribu, ga jadi deh beli.. :(
    padahal pengen banget

    ReplyDelete
  3. @Fiction's World : enak wanginya, ada wangi kelapa dari serundengnya jg :D

    @TUKANG CoLoNG : sama disini juga 15rb tapi kenyang koq makan ini :D

    ReplyDelete
  4. sumpah, saya penasaran dengan rasanya, tapi masa ke betawi hanya untuk beli kerak telur he he

    ReplyDelete
  5. Kecoak, untung gua lagi diet. Coba kalo gua gak diet dan main ke taman jajan, bisa "munching" non stop gua disono lol

    ReplyDelete
  6. @joe : gak ada ya mas disana, kadang ada jg koq yang jualan ini di daerah2

    @cipu : wuaaa babi diet, bisa kurus gtu *thinking*

    ReplyDelete
  7. mmm... aku belum pernah makan makanan khas sana sama sekali mbak, tapi dapet cerita dari temen2 dan saudara yang pernah makan, katanya enak2..

    hmm, kapan ya bisa jalan2 kesana? hehe..

    ReplyDelete
  8. aku ga suka kerak telor,jadi buat Ria aja deh smuanya :)

    ReplyDelete
  9. Wah,satu hal yang bikin penasaran dari jakarta salah satunya adalah kerak telor, bisa nitip gak?khan dekat tempat ria..hehe..

    Wah,temannya udah punya anak 2,ria kapan nih nikahnya?^_^

    ReplyDelete
  10. kerak telor pa yang bisa lompat hayoo?
    ada yang tau jawabannya.

    ReplyDelete
  11. kerak telor ada yah yg jual di regency mba, aku br tau..
    emang logatnya beda yah?? heuehehe

    ReplyDelete
  12. kerak telor,, salah satu makan favorite saya,,kalo lagi pulang kampung pasti nyari tukang kerak telor di sekitar rumah nyai saya,soalnya di manado gak ada,, waduh tiba2 jadi ngidam makan kerak telor nih,....

    ReplyDelete
  13. eh nama temennya sama chika juga ekekee

    belom pernah makan kerak telor betawi :(

    ReplyDelete
  14. baru dua kali saya makan kerak telor. saya belum mendapati kenikmatan dari kedua kerak telor itu. gue salah beli kali ya? :D

    ReplyDelete
  15. @Umy Diary : enak gratis hehe

    @Adryan Nurdien : ayuk dunk maen2 ke jakarta ;D

    @Lidya : eh gak suka ya mba

    @I-one : boleh2 transfer aja 15rb sini nt kubeliin hehe aku kapan ya nikahnyaaa -____-"

    @Said Arsyad : lompat??? apa itu ??

    @uci cigrey : ada dunk ci, iya ci agak beda.. tapi ini betawi yg deket rumahku yg beda gak tau kalo tempat laen hehe

    @Afrilita Pandan Dici : ayuk pulang kampung lagi biar makan kerak telor hehe

    @♥chika_rei♥ : eh iya sama ya namanya ma kamu ^^ klo ke jakarta jangan lupa nyobain ya chik

    @ReBorn : hehe gak jg kan tergantung lidah ja :D

    ReplyDelete
  16. mau donkkerak telornya.......

    ReplyDelete
  17. pernah dengar namanya tapi rasanya bagaimana ya, tentu enak bikin menelan air liur nih membayangkan

    ReplyDelete
  18. seumur-umur di betawi saya belum pernah ngerasain seara langung yg asli :(

    ReplyDelete
  19. wah, Bang Pendi malah ude bosen tuh. bosen beli, maksudnye! klo ada yang traktir sih, langsung Bang Pendi sikat abiiis....hehe

    ReplyDelete
  20. saya pernah makan kerak telor sekali, ini juga dibeliin waktu bantuin bikin stan pameran di kota tua. nggak ada kesannya tuh!

    ReplyDelete
  21. Saya orang betawi, tapi belum pernah makan kerak telor..
    Soalnya kelamaan tinggal di Bogor :p
    Hmm, jadi penasaran euy >.<

    ReplyDelete
  22. Mbak Ria, sampe sekrang saya penasaran banget ma yg namanya kerak telor -__-
    kemarin blom sempat nyoba jajanan yg satu ini :(

    ReplyDelete
  23. baru sekali diriku menikmati kerak telur, waktu maen2 ke PRJ kemaren, hehe..
    enak juga ternyata..tapi mahal juga, untuk anak kos seperti saya..hehe..

    ReplyDelete
  24. Ko' aku belum tau ya,,.. padahal aku di Jakarta lho,,.. hehhehe..

    ReplyDelete
  25. yok kita makan kerak telor nyok...

    :D

    ReplyDelete
  26. di bandung skr juga udah banyak pedagang kerak telor .. emang enak kok, tapi makannya pas baru mateng, masih anget2 gitu ..

    ReplyDelete
  27. kerak telor kini sudah ada dimana2 ya :D berarti memang banyak penyukanya :D

    ReplyDelete
  28. yah tapi PKB udah selesai. ga bisa deh nikmatin.. :(

    ReplyDelete
  29. banyak yang bilang enak
    tapi suer belom pernah nyoba...
    hiks..

    ReplyDelete
  30. penasaran..gimana sih rasanya kerak telor itu???

    ReplyDelete
  31. lapeeeeeeeeerrrrrrrrrr........


    ngeliat abang tukang kerak telor nya :D

    ReplyDelete
  32. Pingin cobain, jd penasaran nich :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V