7/23/10

Sayangi Anak Indonesia


gambar dari sini

Beberapa saat yang lalu, aku menonton berita di salah satu stasiun TV Swasta *jarang-jarang nih aku nonton TV*. Aku jadi merinding menonton isi beritanya, tapi bukan berita horror yang aku tonton. Menurutku ini lebih seram dari horor. Jadi saat itu beritanya mengangkat tentang kekerasan pada anak. Beneran hatiku terenyuh melihat beritanya.

Yang aku perhatikan saat ini berita di koran, TV dan Internet banyak sekali berita tentang kekerasan pada anak. Sungguh sangat memprihatinkan sekali keadaan seperti itu..

Ada berita seorang anak dianiaya oleh ibunya, ada yang sampai meninggal dan ada yang terluka parah. Ada berita pelecehan seksual anak dibawah umur. Para pelakunya ada orang tuanya sendiri, keluarga terdekatnya dan orang lain. Bahkan sekarang juga marak berita seorang ibu membuang anaknya yang baru dilahirkan seperti membuang sampah.
Yang aku tidak habis pikir pelakunya orang tuanya sendiri. Dimana hati nurani mereka hingga mereka bisa tega melakukan hal tak terpuji seperti itu. Apapun alasan mereka melakukannya, mereka tak bisa berbuat seperti itu kepada buah hati mereka. Atau mereka hanya senang bikinnya saja setelah lahir hanya jadi luapan emosi mereka.

Semoga pemerintah bisa menindak tegas kepada setiap pelaku kekerasan pada anak. Jangan hanya memberikan mereka hukuman penjara 1, 2 tahun saja, berikanlah hukuman seberat-beratnya. Agar tak ada lagi anak-anak yang teraniaya dan nyawanya hilang sia-sia. Jika kalian melihat terjadi kekerasan pada anak-anak di lingkungan kalian cepat lindungi anak itu selamatkan dia jauhkan segera mereka dari pelaku kekerasan. Siapa lagi yang bisa membantu anak itu kalau bukan kita yang melihatnya.

Kalau aku sedang naek angkot, aku suka perhatikan ada banyak anak dijalanan mengamen, mengemis, mereka mencari uang. Padahal seharusnya anak seusia mereka sekolah belajar bukan dijalanan seperti itu. Yang lebih miris lagi aku melihat mereka ada yang bergaul dengan orang dewasa bahkan ada yang sambil merokok. Mungkin karena himpitan ekonomi yang menjadikan mereka harus seperti itu, tapi menurutku biarlah beban ekonomi orang tua yang menanggung jangan mengorbankan masa kecil seorang anak. Seharusnya mereka bisa sekolah dan bergaul dengan anak-anak seusianya, biarkanlah mereka ada di dunia anak-anak.

Karena himpitan ekonomi juga, masih ada anak yang kekurangan gizi. Ada yang sakit parah seperti tumor ganas dan sebagainya tapi tak ada biaya untuk berobat. Aku rasa sudah cukup banyak anak-anak yang meninggal karena permasalahan seperti ini.

Semoga pemerintah juga memiliki jalan keluar untuk semua ini, anak-anak harus sekolah karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Pasti mereka mempunyai cita-cita, kasihan mereka harus putus sekolah karena ekonomi yang buruk. Sepertinya aku pernah dengar tentang sekolah gratis mmmm tapi koq aku belum melihat hasilnya yah. Masih saja banyak anak yang putus sekolah. Pemerintah harus bisa memaksimalkan program ini demi anak bangsa.

Tapi gak ada salahnya jika kita memiliki rezeki lebih ikut membantu anak-anak yang putus sekolah, akan lebih indah jika kita membagi rezeki yang kita dapat dengan orang-orang yang membutuhkan. Kalau mungkin rezeki kita tidak cukup untuk membantu lebih, kita tetap bisa koq membantu. Salah satu caranya kita wajib membayar pajak. Karena dengan membayar pajak, kita ikut membantu pemerintah dalam hal ini. Mmmm semoga sih pemerintah juga bisa dengan bijak menggunakan uang pajak dari masyarakat agar bisa sampai ke anak-anak indonesia yang membutuhkan.

Kami memang sangat kecil
Kami bukannlah apa-apa
Terima kasih sudah membawa kami ke dunia
Tolong jangan menakuti kami
Kami sayang kalian
Lindungilah kami
Berikanlah kami ilmu setinggi langit
Dirikanlah tiang-tiang keimanan pada kami
Karena
Kami juga ingin menjadi dewasa seperti kalian kelak
Ajari kami kebaikan
Kami hanya ingin seperti kalian


Penggalan puisi diatas aku buat mungkin bisa mewakili suara anak-anak indonesia. Marilah kita lindungin anak-anak, bersama-sama kita bantu mereka agar mereka dapat menuntut ilmu setinggi langit biarkanlah mereka berada dalam dunia anak-anak. Semoga tidak ada lagi kekerasan pada anak, anak-anak indonesia bisa tumbuh sehat dan kelak bisa meneruskan bangsa indonesia ini. Amin

Wah postingan hari ini panjang sekali dan tumben aku bisa menulis dengan kata-kata normal hihihi. Postingan kali ini untuk berpartisipasi dalam Postingan Kolaborasi dengan Tema Gerakan Indonesia Sayang Anak yang diadakan oleh Bang Iwan, sebagai tanda memperingati Hari Anak Nasional di Indonesia pada hari ini 23 Juli 2010.



Kebetulan aku kan juga masih anak-anak 2o tahun yang lalu hihihi *kumad nih errornya*.



Best Regards,
Corat-Coret [Ria Nugroho]

58 comments:

  1. saya juga sudah pasang banner itu dari Om Amri ^^

    ReplyDelete
  2. selamat hari ANAK NASIONAL....semoga kita selalu menyayangi adek-adek kecil dimanapun berada

    ReplyDelete
  3. selamat hari anak :D aku juga suka mbak liatin pengamen kecil. kadang pengen kenalan dan kenal seluk beluk mereka hehe

    ReplyDelete
  4. Selamat hari anak nasional.
    semoga anak-anak indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang membanggakan dan sukses... ammien

    ReplyDelete
  5. IYA TUH, JALANAN UDAH JADI T4 MAEN, BHKN MENCARI NAFKAH BAGI ANAK2 YANG HARUSNYA SEKOLAH....


    SELAMAT HARI ANAK..
    SEMOGA MASA DEPAN ANAK2 BANGSA KITA LEBIH CERAH...

    ReplyDelete
  6. Mari bersama kita berusaha memberikan sesuatu yang lebih bermakna dalam hidup anak-anak kita. Tidak hanya anak-anak kita sendiri, tapi juga anak-anak yang lain.

    ReplyDelete
  7. Mudah2han sumbang saran, opini, atau uneg-uneg yang kita tulis nantinya bisa menjadi sumber referensi dan instropeksi untuk lebih mendorong kepedulian kita terhadap Anak Indonesia sebagai pewaris dan penerus cita-cita bangsa.

    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  8. semoga mereka [anak-anak yang masih belum bisa menikmati masa kanak2nya segera terbebas dari belenggu itu] bisa ikut merasakan indahnya masa kanak-kanak

    selamat hari Anak, anak-anak Indonesia :)

    ReplyDelete
  9. selamat hari anak nasional, kyknya kasus kekerasan semakin menjadi2 saja, kyk di sinetron jaman dulu.. hhi... Stop violence against KID lah....... dosa.. anak titipan tuhan... :D

    ReplyDelete
  10. selamat hari anak nasional semoha kedepan anak-anak indonesia bisa lebih di perhatikan

    ReplyDelete
  11. begitulah manusia. sudah semakin kejam, bahkan terhadap anak sendiri. duuh..miris mendengarnya.

    ReplyDelete
  12. ternyata kita semua anak, dan menyedihkan. :D

    ReplyDelete
  13. wah.... hari ni saya posting tantang Hari anak nasional juga.. tapi gak tau ada posting kolaborasi,, huhuhu...

    ReplyDelete
  14. Selamat hari anak nasionaaaaaaaaaaaal.. semoga lebih baik lagi.. amin :D

    ReplyDelete
  15. Selamat hari anak Nasional. Semoga anak-anak kita ke depannya menjadi generasi yg membawa angin perubahan positif bagi Indonesia tercinta.

    Salam persahabatan:)

    ReplyDelete
  16. aku ga pernah bisa bicara banyak kalo dah bahas soal anak-anak...

    ReplyDelete
  17. Orang yang melakukan kekerasan terhadap anak mungkin saja juga korban kekerasan. Menurut saya, dia menderita, mungkin juga sakit. Perlu langkah-langkah persuasif untuk memutus mata rantai kekerasan tersebut.

    Salam

    ReplyDelete
  18. hmmm.......yak setuju mungkin dulu mereka juga menjadi korban makanya sekarang balas dendam..semoga mata rantainya segera terputus... sedih dengarnya....

    ReplyDelete
  19. Memang mantab blognya.. selamat berkreasi..

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Anak kecil memang kecil. Tapi Anak kecil adalah sebuah anugerah dengan keunikannya masing-masing... Dan keunikan itulah yang membuat dia besar.

    Selamat Hari Anak Nasional

    ReplyDelete
  22. Met Hari Anak Nasional Ria qe3 Beruntunglah kita melewati masa kecil tak kurang sesuatu :)

    ReplyDelete
  23. Ayoo kita slamatkan dunia anak-anak dari kekerasan...

    mereka tidak pantas jadi korban dari ego orang dewasa...

    nice post mbakk..

    selamat hari anak nasional.. :D

    ReplyDelete
  24. Iyaaa miris banget emang kak... aku juga sering ngeliat anak kecil ngamen gituu padahal cewek dan cantik pulaa.. sayang sekaliiii yah..

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum Wr.Wb
    Salam nge-Blog

    Bener kakak..
    Miris sekali melihat dunia anak-anak sekarang..hak meraka seolah terenggut...
    dan yang lebih kasihan adalah ada anak yg terpaksa menjadi tulang punggung keluarga dengan menanggalkan baju sekolah mereka... alasannya hanya satu: mereka butuh uang untuk makan hari ini,,dan cari uang lagi buat makan esok hari...



    Oh ya,
    Perkenalkan, saya bloger dari catatanbumi.co.cc
    Lama saya melirik duni perblogeran.
    S/d akhirnya saya membuat catatanbumi.co.cc
    Panggi saja saya Bumi Al Fattah.
    Silahkan datang, dan ambil hadiah spesial khusus untuk bloger spesial dan senior seperti kakak.
    Saya mohon bimbingannya....
    dan saya tunggu kunjungan perdananya
    Silahkan....

    ReplyDelete
  26. Selamat hari anak, semoga semakin banyak orang tua yang sadar bahwa tak ada orang tua yang tak bermula dari anak-anak. Apa yang anak-anak harapkan sekarang adalah sama seperti yang kita harapkan dahulu, perhatian dan kasih sayang. tunaikan kewajiban orang tua kepada anak, berikan hak anak dengan bijak, itu semestinya.

    ReplyDelete
  27. selamat hari anak Indonesia hihiii aku juga masih anak-anak loh :3 *sokimut* semoga ga ada lagi deh kekerasan untuk anak. sebel juga liatnya huhu.

    ReplyDelete
  28. Selamat hari anak nasional... :-)

    ReplyDelete
  29. Selamat hari Anak nasoinal dan Generasi Bangsa
    Maju Indonesia

    ReplyDelete
  30. selamat hari anak nasional juga mbak
    aku bangga jadi anak indonesia

    ReplyDelete
  31. Puisinya bagus Ria... selamat hari anak..!
    Semoga postingan kolaborasi ini memberikan manfaat dan inspirasi bagi banyak pihak...

    ReplyDelete
  32. Semoga anak2 Indonesia dapat menikmati hari depan yang lebih baik dalam limpahan kasih dan cinta dari orang2 disekitanya.

    ReplyDelete
  33. tulisan yg menarik....smoga potret buram anak Indonesia tdk trus brtmbh...slamat hari anak nasional...

    ReplyDelete
  34. selamat hari anak nasional! ^^
    stop perdagangan anak dan mempekerjakan anak di bawah umur. kan kasian, usia anak2 itu usia untuk bermain dan belajar :D

    ReplyDelete
  35. semoga kedepannya generasi penerus bangsa ini jadi lebih baik....
    baca post gw jg dunk sobt.. :D

    ReplyDelete
  36. sebuah ironis kehidupan anak-anak.
    seLamat hari anak nasionaL, semoga keLak dapat menjadi generasi penerus bangsa yang kompeten dan Lebih baik Lagi dari generasi sebeLumnya.
    terima kasih atas sharenya.

    ReplyDelete
  37. selamat hari anak nasional
    semoga kedepan anak2 indonesia mendapatkan apa yang selayaknya mereka dapatkan, agar mereka tumbuh menjadi generasi yang kelak membangun negeri ini
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  38. selamat hari anak nasional. Mungkin kalau para orangtua belum mau punya anak ya pakai KB. jangan terus anaknya di buang setelah dilahirkan. Hiks, jaman sudah aneh

    ReplyDelete
  39. Selamat Hari Anak Nasional ... :P
    semoga anak2 Indonesia semakin cerah nasibnya,
    kalau kita lihat berita di tv masih banyak yg bernasib 'malang ... :(

    ReplyDelete
  40. HAri yang indah buat anak2 indonesia, berharap tidak hanya jadi satu hari yang indah

    ReplyDelete
  41. bagus deh artikelnya.. aku juga suka miris kalau liat para pengamen anak-anak di jalanan,, kebanyakan orang tuanya malah yang jadi mandor lapangan, ngawasin dari jauh apakah anaknya beneran ngamen atau engga T.T

    ReplyDelete
  42. Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu
    dipaksa pecahkan karang, lemah jarimu terkepal

    ReplyDelete
  43. doa untuk seluruh anak Indonesia :)

    nice post :)

    ReplyDelete
  44. Kami memang sangat kecil
    Kami bukannlah apa-apa
    Terima kasih sudah membawa kami ke dunia

    ReplyDelete
  45. Jadi iri gag bisa ikutann..:(
    gag tau kalo ada acara kayak gini..:(

    ReplyDelete
  46. Anak2 tidak seharusnya mendapat perlakuan seperti itu,,,
    btw Kunjungan perdana mbak, lam kenal dan ijin jadi followers, ditunggu kunjungan+follow balikna...

    ReplyDelete
  47. berjuang demi hidup

    tetapi ada yang leha2 dan berfoya2 tampa memikirkan masa depan

    ReplyDelete
  48. Selamat hari anak nasional...

    Puisinya mengena banget...
    alhamdulillah sbg anak, saya dibesarkan dengan baik oleh orang tua saya.
    tidak sedikit ortu yang cuek pada anaknya, melakukan penganiayaan sampai disuruh mengemis..ckkckck.
    ngelus dada lihatnya..
    gak habis pikir dah. ngapain bikin anak(maaf) bila males ngurusnya.
    Semoga negara bisa lebih mengurusi anak2 terlantar.
    amin...

    ReplyDelete
  49. wah msh anak2 yah..*20thm yg lalu..^_"

    ReplyDelete
  50. Selamat hari ank nasional bwt ank2 indonesia gapai lah cita2 mu setinggi langit !!
    Kunjungan perdana mbk skalian follow niih
    Bila berkenan di tunggu follow blknya ?

    ReplyDelete
  51. Selamat hari ank nasional bwt ank2 indonesia gapai lah cita2 mu setinggi langit !!
    Kunjungan perdana mbk skalian follow niih
    Bila berkenan di tunggu follow blknya ?

    ReplyDelete
  52. tul setuju!!!
    anak adalah penerus bangsa!!
    met hari anak.. (maap telat)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V